Moneyfazz
Home » Tips » Kuliah Gratis? Inilah List Beasiswa S1 dalam Negeri Lengkap

Kuliah Gratis? Inilah List Beasiswa S1 dalam Negeri Lengkap

Pendidikan yang tinggi merupakan salah satu dasar untuk bersaing dalam dunia kerja. Tak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1. Berikut list beasiswa S1 dalam negeri lengkap yang bisa membantu Anda dalam mewujudkan cita-cita masa depan.

Program Beasiswa Bidikmisi

Salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah dengan mendaftarkan diri melalui Program Beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini diperuntukan kepada calon mahasiswa S1 dengan latar belakang ekonomi rendah.

Beasiswa ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh pemerintah sebagai wujud bantuan dana di bidang pendidikan. Setidaknya ada 60.000 mahasiswa penerima beasiswa setiap tahunnya dan jumlah ini sangat mungkin untuk terus bertambah.

Program Beasiswa Bidikmisi terdiri atas pembiayaan kuliah, kebutuhan hidup, dan kebutuhan kuliah lainnya. Timeline dari program beasiswa ini biasanya dilakukan di awal tahun perkuliahan.

Agar beasiswa ini tepat sasaran, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon pendaftar. Salah satu yang paling umum adalah siswa yang memegang KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Jika tidak ada maka diperlukan bukti bahwa Anda terlahir dari keluarga kurang mampu. Yaitu dengan memenuhi kriteria pendapatan gabungan orangtua tidak lebih dari Rp4.000.000,- /bulan. Atau jika pendapatan tersebut dibagi seluruh anggota keluarga masing-masing mendapatkan nominal kurang dari Rp750.000,- /bulan.

Program Beasiswa PPA – BPP PPA

Jika Anda merupakan mahasiswa aktif, Beasiswa PPA dan Beasiswa BPP PPA bisa menjadi pilihan yang tepat. Beasiswa ini rutin ada tiap tahunnya dengan menyasar mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan, baik D3 maupun S1 di perguruan tinggi yang terdaftar di Indonesia.

Jika dibandingkan jumlah penerima Beasiswa Bidikmisi, kuota beasiswa ini jauh lebih banyak yaitu menyentuh angka 130.000 beasiswa. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan dana pendidikan dengan nominal Rp400.000,- setiap bulannya. Beasiswa ini bisa didapatkan minimal setelah 6 bulan tahun anggaran berjalan.

Penyelenggara beasiswa ini adalah Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) Indonesia. Metode pendaftaran beasiswa ini biasanya dikelola langsung oleh pihak rektorat kampus dan disesuaikan dengan kebijakan yang ada.

Program Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa S1 2020 dalam negeri salah satunya yang terkenal adalah Beasiswa Tanoto Foundation. Beasiswa ini rutin ditawarkan setiap tahunnya kepada berbagai perguruan tinggi yang tergabung sebagai mitra Foundation.

Selain mendapatkan uang yang ditransfer ke rekening, penerima beasiswa juga mendapatkan keuntungan lainnya. Tanoto Foundation juga memberikan pelatihan kepemimpinan dan pengembangan soft skill dan juga program pengabdian masyarakat. Tak hanya itu, penerima beasiswa juga bisa memperluas jejaring dan pengalaman lewat Tanoto Scholars Gathering.

Penerima beasiswa juga memiliki kesempatan untuk bergabung magang di perusahaan besar yang bernaung di dalam grup RGE (Royal Golden Eagle). Jika Anda tertarik, Tanoto Foundation biasa diselenggarakan mulai awal November setiap tahunnya.

Program Beasiswa Paragon

Program Beasiswa Paragon juga bisa menjadi jujukan beasiswa jika Anda merupakan mahasiswa S1 tahun kedua atau tahun ketiga. Beasiswa bermitra dengan 7 universitas ternama di Indonesia, yaitu UI, UGM, ITB, Undip, IPB, UB, dan juga Unpad.

PT Paragon Technology and Innovation melalui Paragon Scholarship memiliki 2 program beasiswa, yaitu Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Pemberdayaan. Untuk mengajukan Beasiswa Prestasi, Anda harus memiliki IPK minimal 3.3. Dana pendidikan yang diperoleh dari beasiswa ini juga relatif tinggi, yaitu Rp1.000.000,- setiap bulannya selama 1 tahun.

Sedangkan untuk Beasiswa Pemberdayaan akan mendapatkan uang sebesar Rp850.000,- setiap bulannya selama 1 tahun. Beasiswa ini bisa diajukan untuk mahasiswa yang memiliki IPK minimal 2.8. Beasiswa ini menyasar mahasiswa dengan latar belakang ekonomi rendah dan belum mendapatkan beasiswa apapun.

Program Beasiswa Mizan

Jika Anda salah satu mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, Program Beasiswa Mizan bisa menjadi pilihan yang tepat. Beasiswa yang rutin dibuka setiap tahun ini umumnya di buka pada pertengahan tahun, yaitu di bulan Mei hingga Juni.

Yang membuat beasiswa ini menarik adalah peluang diterbitkannya hasil penelitian Anda di Penerbit Mizan. Pada dasarnya Mizan mengincar tulisan berbobot, khususnya di bidang studi keislaman. Keilmuan ini bisa ditinjau dari berbagai aspek, diantaranya menggunakan pendekatan filsafat, sosial, ajaran murni, politik, ekonomi, budaya, teknologi, dan lainnya.

Tentunya Anda harus melampirkan proposal tugas akhir Anda jika ingin mendapatkan bantuan dana dari Beasiswa Mizan. Naskah yang Anda kirimkan akan dikoreksi dan dipilih langsung oleh dewan juri yang kompeten di bidangnya. Tak heran jika yang lolos beasiswa ini tugas akhirnya juga akan mendapat nilai sangat baik.

Program Beasiswa Etos ID

Program Beasiswa Etos ID menyasar lulusan SMA atau sederajat yang berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Program ini bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari 3 jalur masuk perguruan tinggi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan juga Jalur Reguler.

Program beasiswa ini menjanjikan beasiswa selama 4 tahun atau 8 semester, yaitu masa kuliah normal S1 dan D4. Beasiswa ini diurus oleh Dompet Dhuafa dengan memberikan banyak manfaat, seperti biaya pendidikan, biaya hidup berupa uang saku, tempat tinggal atau asrama mahasiswa, pembinaan, dan juga biaya penelitian skripsi.

Jika Anda tertarik mengikuti Program Beasiswa Etos ID ini, siapkan diri Anda dengan aktif berorganisasi. Beasiswa ini mengutamakan calon mahasiswa dari latar belakang ekonomi yang kurang mampu. Jadwal beasiswa ini biasa dibuka di awal tahun, yaitu di bulan Januari.

Program Beasiswa Sea

Program Beasiswa Sea bisa diikuti oleh mahasiswa yang baru saja lolos seleksi masuk perguruan tinggi di dalam negeri. Jika Anda salah satunya, Anda bisa mendaftarkan diri dan berkesempatan mendapatkan beasiswa penuh selama 8 semester.

Beasiswa ini merupakan bentuk komitmen dan dedikasi Sea di bidang pendidikan. Penerima beasiswa akan memperoleh banyak manfaat, yaitu biaya pendidikan, biaya hidup, hingga kesempatan magang di unit bisnis Sea. Unit bisnis Sea ada 3, yaitu Garena yang bergerak di bidang hiburan digital, Shopee sebagai e-commerce, dan Airpay sebagai jasa keuangan.

Selain itu ada juga Beasiswa Sea yang diperuntukan untuk mahasiswa di tahun terakhir dengan keuntungan yang sama. Beasiswa ini ditujukan untuk beberapa jurusan yang berkaitan dengan Sea sendiri, yaitu teknik, akuntansi, kewirausahaan, bisnis, keuangan, hukum, dan tentunya ilmu komputer.

Program Beasiswa Mahaghora

Program Beasiswa Mahaghora ditujukan kepada lulusan SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 atau D4 namun terhalang faktor biaya. Beasiswa ini menawarkan bantuan dana pendidikan selama 4 tahun penuh atau 8 semester.

Jadi, jika Anda termasuk kriteria di atas tak ada salahnya mencoba mendaftarkan diri. Biasanya permohonan dari Program Beasiswa Mahaghora ini dibuka di akhir tahun, yaitu bulan Oktober hingga November.

Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk masa depan sehingga Anda wajib memperjuangkannya. Semoga list beasiswa S1 dalam negeri lengkap tersebut bisa membantu rencana pembiayaan Anda dalam menuntut ilmu.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com