Moneyfazz
Home » Ekonomi » Mengenal Apa Itu OPEC dan APEC Serta Negara Anggotanya

Mengenal Apa Itu OPEC dan APEC Serta Negara Anggotanya

Pernahkah Anda mendengar mengenai organisasi OPEC dan APEC? Mungkin untuk Anda yang bergelut dalam bidang ekonomi tentu sudah paham apa itu OPEC dan APEC serta negara anggotanya.

OPEC dan APEC ini merupakan organisasi dunia yang berhubungan dengan ekonomi global. Untuk Anda yang belum mengetahui apa tujuan dan fungsi dari kedua organisasi ini harus simak penjelasan disini.

Mengenal OPEC : Sejarah, Tujuan, dan Anggotanya

OPEC adalah sebuah organisasi yang berhubungan dengan ekspor minyak bumi secara global. Jika dibahasa Indonesiakan OPEC merupakan organisasi yang terdiri dari negara-negara pengekspor minyak terbesar di dunia.

Indonesia pernah menjadi anggota OPEC kemudian terkena suspend lalu masuk kembali dan memutuskan keluar pada tahun 2014. Organisasi ini ada untuk mengontrol harga minyak yang diekspor oleh negara-negara penghasil minyak bumi.

Bagaimana sejarah dan apa sebenarnya tujuan didirikannya OPEC ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam penjelasan berikut.

 

  • Sejarah Berdirinya OPEC

 

OPEC resmi berdiri pada tahun 1960 tepatnya pada tanggal 14 bulan September. Awal berdirinya organisasi ini diprakarsai oleh Venezuela yang merupakan salah satu negara pengekspor terbesar minyak bumi.

Sebelum OPEC berdiri pasar dagang minyak bumi dikuasai oleh satu perusahaan Amerika yaitu The Seven Sister. Perusahaan inilah yang berkuasa untuk menetapkan harga pasar minyak bumi secara global.

Monopoli harga ini berlangsung mulai dari tahun 1959 sampai dengan tahun 1960 atau sebelum berdirinya OPEC. OPEC sendiri diusulkan oleh Venezuela dalam konferensi internasional yang diadakan di Baghdad.

Venezuela mencoba untuk mendekati negara-negara penghasil minyak bumi terbesar untuk mendirikan sebuah organisasi. Pada tahun 1961 terbentuklah OPEC yang dianggotai oleh 5 negara. Kelima negara tersebut adalah Venezuela, Arab Saudi, Irak, Kuwait, dan Iran.

Negara-negara inilah yang mendirikan OPEC dan menjadi anggota tetap dari organisasi ini. Sampai sekarang OPEC masih ada dan terus melakukan kontrol terhadap harga minyak bumi secara global.

 

  • Tujuan Berdirinya OPEC

 

Awal tujuan OPEC didirikan adalah untuk melindungi harga minyak mentah global yang pada saat itu dimonopoli oleh The Seven Sister. Pencetus OPEC yaitu Venezuela merasa penting adanya beraliansi untuk membangun dan menstabilkan harga dari minyak mentah.

OPEC didirikan tidak hanya untuk menstabilkan harga minyak mentah saja tapi juga untuk melindungi negara yang menjadi anggotanya. Seperti yang diketahui bahwa negara penghasil minyak mentah terbanyak adalah negara-negara timur tengah.

OPEC juga mempunyai tujuan untuk bersama-sama dalam membangun ekonomi dan tetap menstabilkan produksi dan harga dari minyak mentah. Secara umum berikut ini adalah tujuan didirikannya OPEC:

  1. Menggabungkan atau membuat kebijakan yang berhubungan dengan perminyakan atas kawasan negara yang menjadi anggotanya
  2. Menolak penurunan harga minyak mentah yang dilakukan para perusahaan besar dunia yang dampaknya sangat merugikan negara anggota
  3. Membuat kebijakan yang akan melindungi semua anggotanya
  4. Menjaga agar harga minyak mentah di dunia tetap stabil dan tidak terlalu turun atau mengalami kenaikan yang signifikan
  5. Mengatur arus keluar atau penjualan minyak mentah secara global agar cukup dinikmati oleh semua pihak
  6. Melindungi dan memastikan kepentingan negara anggota yang menghasilkan minyak bumi terpenuhi secara efisien.

Dapat disimpulkan bahwa tujuan utama didirikannya OPEC adalah untuk menjaga harga minyak bumi secara keseluruhan. Dengan adanya OPEC diharapkan tidak ada monopoli harga yang bisa merugikan banyak pihak.

 

  • Negara Anggota OPEC

 

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa awal terbentuknya OPEC hanya terdiri dari 5 negara saja. Seiring berkembangnya organisasi ini negara penghasil minyak bumi lainnya juga ikut bergabung. Berikut ini adalah daftar negara yang tergabung dalam OPEC :

  1. Arab Saudi sejak berdiri tahun 1960
  2. Irak sejak berdiri tahun 1960
  3. Iran sejak berdiri tahun 1960
  4. Venezuela sejak berdiri tahun 1960
  5. Kuwait sejak berdiri tahun 1960
  6. Libya bergabung pada tahun 1962
  7. Qatar bergabung pada tahun 1961 dan resmi keluar pada tahun 2019
  8. Aljazair bergabung pada tahun 1969
  9. Uni Emirat Arab bergabung pada tahun 1967
  10. NIgeria bergabung pada tahun 1971
  11. Ekuador bergabung pada tahun 1973 sempat keluar pada tahun 1993 dan kembali menjadi anggota pada 2007
  12. Angola baru bergabung pada tahun 2007

Mengenal APEC : Sejarah Tujuan, dan Anggotanya

Banyak orang yang menyamakan antara OPEC dan APEC, padahal keduanya adalah organisasi yang berbeda. APEC adalah sebuah organisasi kerjasama ekonomi antara negara yang ada di daerah Asia Pasifik.

Dilihat dari namanya sudah jelas bukan bahwa APEC ini merupakan organisasi ekonomi yang ada di Asia Pasifik. Untuk lebih mengenal apa sebenarnya APEC Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini.

 

  • Sejarah Berdirinya APEC

 

APEC berdiri pada tahun 1989 di Canberra, Australia, negara yang mengusulkan berdirinya organisasi ini adalah Australia. Di tahun 1989 terjadi pergolakan ekonomi dan terjadi banyak perubahan terutama di negara-negara Eropa.

Pada saat itu masih ada perundingan Uruguay yang membahas mengenai ekonomi global di Eropa. Negara-negara yang ada di kawasan Asia merasa jika perundingan ini gagal bisa berakibat yang sangat buruk untuk perekonomiannya.

Di tahun itu juga diadakanlah konferensi setingkat menteri yang dilakukan di Australia. Dalam konferensi tersebut datang 21 negara yang sepakat untuk membuat organisasi non politis untuk meningkatkan perekonomian di Asia Pasifik.

Berdasarkan konferensi tersebut disepakati juga bahwa APEC bekerja berdasarkan 4 prinsip kerja, yaitu :

  1. Different Time Frame yang artinya setiap ekonomi yang maju nantinya harus melakukan liberalisasi.
  2. Concerted unilateralism yang artinya keputusan yang diambil dan disepakati harus dilakukan secara bersama-sama.
  3. Voluntari and non building yang artinya semua keputusan dari APEC tidak mengikat dan harus dilaksanakan secara sukarela.
  4. Consensus yang artinya keputusan yang akan diambil harus disepakati oleh semua anggota APEC.

 

  • Tujuan APEC

 

Tujuan utama didirikannya APEC adalah untuk menjalin kerjasama negara di kawasan Asia Pasifik. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini antar negara bisa saling membantu dalam meningkatkan perekonomiannya.

APEC juga bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Asia Pasifik terutama pada bidang investasi dan perdagangan yang bebas. Kerjasama ini diharapkan bisa membangun Asia Pasifik menjadi lebih maju dalam bidang ekonomi.

Organisasi ini adalah organisasi non politis, dibentuknya juga karena ingin memajukan perekonomian semua negara yang ada di Asia Pasifik. Untuk mencapai tujuan ini APEC mengadakan pertemuan dua kali setiap tahunnya.

APEC juga sudah mengeluarkan ketetapan yang disebut dengan The Bogor Goals. Kesepakatan ini sudah ada sejak tahun 1994 merupakan komitmen seluruh anggota APEC.

Dalam kesepakatan tersebut setiap anggota APEC akan membuka seluruh investasi antar negara tanpa surat mulai dari tahun 2010. Di tahun 2020 semua anggota APEC akan mengembangkan perekonomian tanpa surat. Dengan kata lain semua arus investasi dan perekonomian antar anggota APEC tidak akan ada batasnya.

 

  • Pilar Kerjasama yang Dibangun APEC

 

Berdasarkan konferensi yang sudah dilakukan selama ini, APEC mempunyai tiga pilar kerjasama. Ketiga pilar tersebut adalah :

  1. Fasilitas perdagangan yang difokuskan untuk mengurangi biaya transaksi dengan memberikan kemudahan kepada semua negara anggota APEC.
  2. Investasi dan perdagangan yang terbuka untuk memudahkan para anggota APEC untuk mengembangkan perekonomian negaranya.
  3. Kerjasama dalam hal teknik dan ekonomi yang menyediakan berbagai pelatihan perdagangan dan investasi.

3 pilar ini adalah yang dikembangkan oleh APEC sampai sekarang, dengan pilar ini sudah jelas apa tujuan dan fungsi dari APEC.

 

  • Negara Anggota dari APEC

 

Negara anggota APEC dari awal berdiri sampai sekarang masih tetap yaitu 21 negara. Berikut ini adalah daftar nama negara yang merupakan anggota APEC:

  1. Australia
  2. Kanada
  3. China
  4. Jepang
  5. Indonesia
  6. Korea Selatan
  7. Malaysia
  8. Brunei Darussalam
  9. New Zealand
  10. Hongkong
  11. Rusia
  12. Vietnam
  13. Amerika Serikat
  14. Peru
  15. Filipina
  16. Singapura
  17. Thailand
  18. Teipe
  19. Rusia
  20. PNG
  21. Mexico

Perbedaan OPEC dan APEC

Dari penjelasan mengenai OPEC dan APEC diatas sudah jelas bukan apa perbedaan dari kedua organisasi ini? OPEC dan APEC adalah organisasi ekonomi yang mempunyai fokus berbeda. Negara yang bergabung didalamnya juga berbeda sehingga mempunyai visi dan misi yang berbeda.

OPEC merupakan organisasi ekonomi yang khusus untuk menstabilkan harga dari minyak mentah. Sedangkan APEC juga merupakan organisasi ekonomi tapi bersifat lebih global dan terdiri dari negara Asia Pasifik. Keduanya mempunyai tujuan utama meningkatkan perekonomian dunia.

Sudah terjawab bukan apa itu OPEC dan APEC serta negara anggotanya yang masih aktif sampai sekarang? OPEC dan APEC ini adalah dua organisasi dunia yang sangat berperan penting dalam kemajuan perekonomian dunia.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com