Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Definisi Merger, Contoh dan Jenis-Jenisnya

ISTILAH FINANSIAL merger

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan istilah merger? Dalam dunia ekonomi, merger adalah penggabungan dua perusahaan atau perseroan, dengan kondisi satu perseroan tetap berdiri menggunakan namanya, dan perseroan satunya dianggap tergabung di dalamnya. Jadi, semua kekayaan perseroan kedua masuk ke dalam perseroan yang tetap berdiri. 

Dengan kata lain, ada proses pengambilalihan aset dan kewajiban dari perseroan satu ke yang lainnya. Intinya, merger sebenarnya adalah sebuah bentuk ekspansi yang umum terjadi.  Kali ini, Anda akan menyimak contoh kasus merger dan juga jenis-jenisnya. 

Contoh Merger

Salah satu contoh merger dapat digambarkan dalam ilustrasi ini. Bank A dan Bank B telah lama mendiskusikan tentang kemungkinan untuk melakukan merger, dengan tujuan agar pertumbuhan semakin cepat. Bank B sepakat di-merger oleh Bank A, dengan berbagai syarat yang diajukan.

Setelah semua proses merger dilalui, maka sebagian besar karyawan Bank B bekerja di Bank A. Nama bank B tidak ada lagi, dan nama Bank A tetap ada. Seluruh aset bank B dan kewajibannya pada nasabah diambil alih oleh Bank A. 

Jenis-Jenis Merger

Ada beberapa jenis merger yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Merger Horizontal

Proses ini menggabungkan dua perseroan yang memiliki jenis usaha yang sama. Contohnya adalah merger dari dua perusahaan tekstil, atau merger dua perusahaan distribusi. 

2. Merger Vertikal

Jenis ini adalah menggabungkan beberapa perseroan yang bidang kerjanya memiliki hubungan. Misalnya perusahaan tepung dan perusahaan pengolahan susu melakukan penggabungan dengan perusahaan roti. 

3. Konglomerat

Proses ini menggabungkan antara perseroan-perseroan yang tidak berkaitan satu sama lain. Contohnya adalah penggabungan antara perusahaan sepatu dengan perusahaan minuman. Meskipun bagi masyarakat umum merger semacam ini tergolong unik, tapi ternyata tujuannya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan usaha lewat pertukaran saham. 

4. Merger Kon Generik

Pada jenis ini, yang dilibatkan adalah dua  perseroan yang bentuk usahanya berhubungan tapi memiliki produk berbeda. Contohnya adalah perusahaan pembiayaan yang melakukan penggabungan dengan bank.

Upaya Merger Untuk Penyelamatan dan Pengembangan 

Dari penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa merger adalah sebuah upaya yang jenis dan tujuannya bermacam-macam. Ada yang melakukan penggabungan untuk melakukan penyelamatan terhadap aset-aset tertentu. Ada pula yang melakukannya untuk pengembangan atau percepatan pertumbuhan. 

Saat ini, dunia perekonomian terutama terkait perbankan memang sangat menarik untuk disimak. Dengan mengetahuinya, Anda akan lebih tahu seluk beluk keuangan dan bisnis, yang akan bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga. Siapa tahu, selanjutnya Anda tertarik untuk bergerak di bidang ekonomi juga. Itulah beberapa informasi dan penjelasan tentang merger dalam perekonomian. Jika merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan tulisan ini di akun media sosial Anda.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi