Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Definisi Neraca, Manfaat dan Komponen-komponennya

ISTILAH FINANSIAL NERACA

Arsip penting yang harus ada dalam perusahaan adalah laporan neraca. Jika Anda ingin membuat contoh neraca seorang pejabat keuangan atau akuntan harus memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Neraca

Neraca adalah dokumen penting perusahaan yang berisi sebuah informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dalam masa periode tertentu. Neraca biasanya dibuat dalam kurun waktu setahun. Kemudian akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk evaluasi di tahun berikutnya.

Meskipun dibuat dalam waktu satu tahun tapi setiap bulan juga ada pelaporan. Hal ini untuk mengetahui kondisi keuangan dalam waktu yang pendek. Biasanya di akhir bulan dilaporkan kepada petugas yang berkepentingan untuk bisa ditindak lanjuti atau dievaluasi jika masih ada kekurangan.

Manfaat Laporan Neraca

Laporan ini menjadi sangat penting bagi perusahaan karena memang banyak manfaatnya. Dokumen ini penting untuk melihat kondisi sebenarnya keuangan perusahaan. Jika tidak ada pelaporan maka segala pencatatan tidak tersusun dengan rapi. Kredit, debet, untung atau rugi tidak diketahui dengan pasti. Dengan adanya neraca akan memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Digunakan sebagai alat yang memudahkan dalam menganalisis finansial terutama saat ada perubahan.
  • Untuk menganalisis likuiditas sehingga perusahaan memiliki gambaran kewajiban yang berhubungan langsung dengan aset likuid.
  • Bisa dimanfaatkan sebagai tolak ukur sebuah perusahaan dalam melunasi hutang terutama dalam jangka waktu yang singkat.

Sebuah neraca sangat penting bagi perusahaan dan merupakan dokumen yang bersifat rahasia. Untuk itu seorang akuntan yang di pekerjaan dalam membuat laporan ini haruslah yang jujur dan ahli di bidangnya. Jika terjadi kesalahan maka dampaknya akan langsung dirasakan perusahaan.

Komponen-komponen Laporan Neraca

Komponen yang ada dalam pembuatan sebuah neraca menurut ahli ada tiga yaitu modal, pasiva dan aktiva. Berdasarkan ketiga komponen tersebut nanti akan dipetakan kembali dengan komponen lainnya. Penjelasan lengkap komponen tersebut ada di bawah ini.

Aktiva

Aktiva merupakan aset perusahaan atau kekayaan yang dimiliki perusahaan yang sejauh ini berhasil dikumpulkan. Aset ini yang digunakan oleh perusahaan dalam membiayai semua kebutuhan untuk waktu berikutnya. Komponen aktiva masih digolongkan lagi menjadi  Aktiva tetap dan aktiva lancar.

Pasiva

Pasiva merupakan kewajiban perusahaan. Kewajiban yang dimaksud mencakup tanggungan pembayaran yang wajib dibayarkan dengan pihak lain. Golongan pasiva termasuk didalamnya adalah hutang yang dimiliki perusahaan. Baik hutang itu dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Modal

Komponen selanjutnya yang harus ada adalah modal. Modal ini bisa dari  produk yang menjadi dasar operasi bisnis atau aset perusahaan. Semua pencatatan terkait modal ini harus relevan pada akhir periode. Dan wajib dilaporkan pada akhir bulan dan akhir tahun. Neraca sangat penting dan harus dibuat oleh seorang yang ahli agar format laporan neraca bisa sesuai dan mudah dipahami. Terutama saat dibaca oleh yang berkepentingan jadi tidak membingungkan.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi