Moneyfazz
Cara Pengajuan Pinjaman Tunai Kilat Akulaku
Home » Pajak » Begini Cara Mendaftar NPWP Online secara mudah!

Begini Cara Mendaftar NPWP Online secara mudah!

Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang disingkat NPWP merupakan serangkaian nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap warga negara yang telah memiliki penghasilan wajib pajak. Warga negara dengan penghasilan yang terkena pajak disebut Wajib Pajak. Wajib Pajak dapat memperoleh pendapatannya dari bekerja pada suatu perusahaan atau usaha sendiri (bisnis).

Risiko yang paling krusial jika seorang Wajib Pajak tidak memiliki NPWP adalah harus membayar potongan Pajak Penghasilan (PPh) lebih tinggi 20% dari yang telah mempunyai NPWP. Hanya karena tidak memiliki NPWP maka gajimu pun akan cukup banyak berkurang. Beberapa keperluan registrasi juga menjadikan NPWP sebagai salah satu syarat dokumen wajibnya, misalkan ketika kamu ingin mengajukan KPR atau membuka rekening. Bayangkan kalau kamu tidak punya NPWP, maka keperluanmu tadi akan terganggu.

Nah, kini setelah kamu mengetahui hal tersebut, tidak ada alasan lagi untuk menolak membuat NPWP. Mungkin dulu kamu salah satu dari banyak orang yang berpikir bahwa membuat NPWP itu rumit dan memakan waktu lama. Jawabannya tentu tidak. Apalagi di jaman serba digital ini, NPWP bisa dibuat secara online. Pendaftaran NPWP secara online ini tentunya akan menghemat waktumu. Kamu nggak perlu lagi mengajukan izin ke kantor hanya untuk mendatangi kantor pajak. Cukup mengkases website https://ereg.pajak.go.id untuk mendaftarkan diri memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Untuk langkah daftar NPWP online yang lebih detail, ikuti 3 cara di bawah ini:

Buat akun terlebih dahulu melalui ereg pajak

Pertama-tama siapkan gadget, pastikan telah tersambung dengan koneksi internet yang stabil guna menghindari gangguan saat melakukan pendafataran. Buka laman https://ereg.pajak.go.id, kemudian buatlah akun ereg pajak. Ereg adalah singkatan dari elektronik registrasi. Website di atas adalah laman resmi untuk melakukan pendaftaran NPWP secara online. Setelah kamu berhasil masuk, isilah kolom-kolom yang ada sesuai dengan masing-masing petunjuknya.

Pada laman pilihan kategori wajib pajak, beri centang pada status “pusat” jika kamu masih lajang. Sedangkan jika kamu seorang wanita yang telah menikah, bisa digabung NPWP suamimu, dengan memilih status “cabang”.

Setelah berhasil terdaftar, cek email-mu untuk mendapatkan tautan aktivasi agar kamu dapat lanjut ke tahap yang kedua.

Unggah dokumen persyaratannya

Jika kamu sudah melengkapi semua kolom identitas, berikutnya unggah dokumen persyaratan yang diminta. Dokumen dapat kamu foto atau scan. Dokumen akan menyesuaikan masing-masing kategori wajib pajak. Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (Pekerjaan Bebas atau Tidak Menjalankan Usaha) persyaratannya adalah:

  • Kartu identitas atau KTP bagi WNI
  • Paspor serta KITAS atau KITAP bagi WNA

Sedangkan bai Wajib Pajak Orang Pribadi (Pekerjaan Bebas atau Menjalankan Usaha), maka persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas atau KTP bagi WNI
  • Paspor serta KITAS atau KITAP bagi WNA
  • Surat keterangan pekerjaan bebas yang diterbitkan oleh pejabat pemerintah daerah atau sekurang-kurangnya oleh Kepala Desa atau Lurah. Bagi yang menjalankan usaha, mengunggah dokumen izin usaha yang didapatkan dari instansi yang berwenang.

Wajib Pajak Orang Pribadi (Wanita Menikah yang Terkena Pajak Terpisah Dari Suaminya)

  • Kartu identitas atau KTP bagi WNI
  • Paspor serta KITAS atau KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi kartu NPWP suami
  • Fotokopi surat perjanjian yang menyatakan pemisahan penghasilan dan harta. Atau surat pernyataan yang menyatakan kehendak melaksanakan hak serta kewajiban pajak secara terpisah dari suami.

Setelah semua dokumen berhasil terunggah, klik tombol “token” yang tertera pada dashboard. Kemudian cek email, copy nomor token pada email tersebut, kemudian masuk kembali menuju menu dashboard. Paste nomor token tersebut pada kolom “token”. Kemudian klik “Kirim Permohonan”.

Cek status permohonan

Langkah terakhir, pemeriksa status pendaftaran NPWP pada halaman history pendaftaran atau melalui email. Jika status menyatakan ditolak, maka kamu akan mendapatkan feedback dokumen apa yang harus dilengkapi kembali. Sebaliknya apabila disetujui, maka kartu NPWP kamu akan segera dikirimkan melalui pos ke alamat tempat tinggal yang kamu daftarkan.

Berapa Lama Pendaftaran NPWP Online Diproses?

Normalya pendaftaran akan segera diproses pada hari itu juga atau paling lambat selama 10 hari kerja. Namun apabila lebih dari 10 hari kamu belum juga mendapatkan keanjutannya, maka kemungkinan terdapat dokumen yang tidak lengkap atau dianggap tidak valid.

Kamu bisa mendaftar kembali mengikuti langkah yang telah dijelaskan di atas. Perhatikan sekiranya terdapat dokumen atau kolom yang tidak terisi sebelumnya. Jika kamu menginginkan informasi lebih lanjut mengenai penolakan atau lamanya NPWP kamu diproses, kamu dapat menghubungi KPP tempatmu terdaftar melalui telepon atau mendatanginya langsung.

Manfaat NPWP

Sebagaimana yang telah sedikit disinggung di atas, NPWP tidak hanya berfungsi untuk mengurus kepentingan pajak saja, tetapi juga berbagai manfaat lain berikut ini:

·         Membuka rekening tabungan atau mengajukan kredit

NPWP dapat berguna sebagai salah satu kelengkapan dokumen administrasi di instansi pemerintahan atau lembaga keuangan seperti koperasi, leasing, atau bank. Saat kamu ingin membuka rekening atau mengajukan kredit seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan lainnya. Hal ini karena NPWP dapat dijadikan sebagai tolak ukur kredibilitas wajib pajak. Dengan NPWP, pengajuanmu akan menjadi lebih mudah.

·         Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Untuk kamu seorang pebisnis, kamu juga membutuhkan NPWP untuk memperoleh Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. SIUP akan membuat usahamu tercatat sebagai usaha yang legal. Ini akan membuat usahamu mudah berkembang.

·         Mengurus restitusi pajak

Sebagian orang seringkali over atau keleebihan dalam membayar pajak. Jika kamu ingin uang tersebut kembali, maka kamu dapat memanfaatkan fasilitas restitusi pajak. Restitusi pajakmu hanya akan berhasil jika kamu memiliki NPWP.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com