Moneyfazz
orang terkaya di dunia tahun 2020
Home » Ekonomi » Ini Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2020

Ini Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2020

Forbes adalah majalah bisnis dan finansial yang berdomisili di Amerika Serikat. Majalah ini sangat terkenal dengan chart bertema bisnis. Salah satu chart yang  ramai dibicarakan setelah dirilis adalah daftar orang terkaya sedunia 2020.

Ternyata efek pandemi Covid-19 juga berpengaruh pada deretan orang kaya ini. Bisa dilihat dari penurunan jumlah miliarder dunia, yang pada tahun sebelumnya berjumlah 2.153 menurun menjadi 2.095 miliarder.

Pada daftar tersebut, ada 1.062 miliarder yang kekayaannya menurun. Bahkan ada  267 orang yang kehilangan tahta sebagai miliarder. 

Untuk tahun ini, total kekayaan bersih yang dihimpun dari seluruh kekayaan miliarder juga mengalami penurunan. Pada tahun sebelumnya, angkanya mencapai USD 8,7 triliun, namun sekarang ada di angka USD 8 triliun. 

Top 10 Jajaran Orang Terkaya di Dunia Menurut Forbes

Anda tentu penasaran, siapa saja nama-nama orang terkaya ini. Berikut daftar orang terkaya di dunia 2020 dan usahanya:

  1. Jeff Bezos

Pria asal Amerika Serikat ini masih menjadi orang terkaya selama 3 tahun berturut-turut. Jeff Bezos memiliki saham mayoritas di Amazon Technology. Dia memiliki kekayaan bersih sebesar USD 113 miliar atau setara Rp. 1.853 triliun. 

Sebelumnya, Jeff Bezos sempat kehilangan sebagian saham senilai USD 36 miliar. Sebagian saham ini kemudian diberikan pada mantan istrinya sebagai syarat penyelesaian urusan perceraian mereka berdua.

  1. Bill Gates

Tokoh filantropi ini masih menduduki posisi yang sama. Ketua non executive Microsoft Technology ini memiliki kekayaan bersih sebesar USD 98 miliar atau setara Rp1.607 triliun. 

Nama Bill Gates kembali disebut-sebut sekarang ini. Hal ini berkaitan dengan statementnya tentang kemungkinan terjadinya pandemi skala global. Yang kemudian munculah Covid-19 ini.

  1. Bernard Arnault

Dia adalah chairman dan CEO dari LVMH Fashion dan Retail, perusahaan yang menaungi merk Louis Vuitton. Miliarder asal Perancis ini naik dari posisi 4 ke posisi 3, menggeser Warren Buffett. 

Kekayaan bersih bos grup bisnis barang mewah terbesar di dunia ini sebesar USD 76 miliar atau setara Rp. 1.246 triliun.

  1. Warren Buffett

Warren Buffett merupakan pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway Finance & Investment. Dia juga masih bekerja sebagai komisaris dan juga direktur utama. Investor terkenal asal Amerika ini memiliki kekayaan bersih sebesar USD 67,5 miliar atau senilai Rp. 1.107 triliun.

Warren Buffet juga salah satu filantropis yang rutin menyumbangkan kekayaannya untuk amal, kebanyakan melalui yayasan milik Bill Gates.

  1. Larry Ellison

Larry Ellison adalah chairman dan CTO dari perusahaan teknologi Oracle Corporation. Perusahaannya merupakan pengembang sistem manajemen basis data yang paling besar di dunia. 

Kekayaan bersih pria asal Amerika ini adalah USD 59 miliar atau setara Rp. 967,6 triliun.

  1. Amancio Ortega

Pengusaha asal Spanyol ini adalah pemilik Inditex, group busana yang membawahi jaringan toko Zara. Ortega memiliki kekayaan bersih mencapai USD 55,1 miliar atau setara Rp. 903,6 triliun.

Ortega dikenal sebagai bos yang ramah. Hal ini mungkin karena latar belakangnya yang berasal dari keluarga miskin. 

  1.  Mark Zuckerberg

Dalam 10 daftar orang terkaya di dunia 2020, Mark adalah orang termuda. Dia masih berusia 35 tahun, sedangkan pada deretan ini rata-rata berumur 70 tahun ke atas. Pemilik Facebook ini memiliki kekayaan bersih senilai USD 54,7 miliar atau setara dengan Rp. 897 triliun.

  1. Jim Walton

Pemilik Walmart Fashion and Retail ini memiliki kekayaan sebesar USD 54,6 miliar atau senilai Rp. 895,4 triliun. Dia mewarisi perusahaan retail terbesar di dunia ini dari sang ayah, Sam Walton yang merupakan pendiri Walmart.

Dia pertama kali menjabat di Walmart pada September 2005 menggantikan saudara lelakinya John yang sudah meninggal. 

  1. Alice Walton

Pada daftar ini, dia adalah satu-satunya perempuan. Nama Alice Walton sudah sering mendapat predikat sebagai wanita terkaya di dunia. Putri Sam Walton  ini bersaing dengan para perempuan dari keluarga L’Oreal. 

Dia menempati posisi ini karena warisan dari orang tuanya sang penemu merk Walmart. Kekayaannya mencapai USD 54,4 miliar atau setara dengan Rp. 892 triliun.

  1. Rob Walton

Dia juga berasal dari keluarga Walton, pemilik retailer terbesar Walmart. Rob Walton sebagai anak sulung Sam Walton juga masuk dalam daftar orang terkaya ini. Ada 3 orang dari keluarga Walton yang menduduki 10 besar orang terkaya di dunia.

 Kekayaan Rob Walton mencapai USD 54,4 miliar atau setara Rp. 892 triliun. 

Dia sempat mengambil alih posisi ayahnya sebagai chairman pada tahun 1992. Pada tahun 2015, dia melepaskan jabatan chairman dan digantikan menantunya.

Daftar Orang Terkaya Indonesia

Ternyata Forbes juga mengeluarkan ada beberapa orang terkaya di indonesia 2020 yang bisa masuk jajaran orang terkaya dunia. Para pengusaha asal Indonesia ini rata-rata berada di top 1000 dunia. Berikut daftarnya:

  • Robert Budi Hartono

Dia berada di posisi 80 orang terkaya dunia. Sumber kekayaannya berasal dari investasi di sektor perbankan dan rokok. Dia salah satu investor di BCA bersama sang kakak. 

Kekayaannya sebagai orang terkaya di Indonesia mencapai USD 13,6 Miliar atau setara Rp. 218 triliun

  • Michael Bambang Hartono

Pria berusia 80 tahun ini berada di posisi 86 orang terkaya dunia. Sumber kekayaannya sama seperti adiknya, berasal dari investasi di sektor perbankan dan rokok. Jumlah kekayaannya mencapai USD 13 Miliar atau setara dengan Rp. 208 triliun. 

Bersama dengan Robert Budi Hartono, dia juga memiliki Polytron dan investasi di  startup game Razer.

Di Indonesia, nama Michael Bambang Hartono sepat ramai diperbincangkan saat dirinya menjadi atlet tertua di Asian Games 2018. Dia menjadi atlet Bridge dan berhasil membawa medali perunggu bagi Indonesia.

  • Sri Prakash Lohia

Dulunya Prakash berasal dari India. Dia bersama ayahnya kemudian pindah ke Indonesia dan mendirikan sebuah perusahaan bernama Indorama. Perusahaan inilah yang menjadi pundi-pundi kekayaan Prakash.

Jumlah kekayaan Prakash mencapai USD 4,3 Miliar atau setara Rp 69 triliun. Meski masih menjadi chairman di Indorama, sekarang dia sudah tinggal di London.

  • Tahir Family

Pundi-pundi kekayaan dari keluarga Tahir berasal dari Mayapada Group. Perusahaan ini membawahi beberapa unit usaha diantaranya adalah: properti, TV berlangganan, media cetak, perbankan, dan rumah sakit. Keluarga Tahir ini dimotori oleh Dato’ Sri Tahir dan berada di posisi 437 dunia. Jumlah kekayaannya mencapai USD 4,1 Miliar atau setara Rp 66 triliun.

  • Prayogo Pangestu

Di jajaran orang terkaya dunia, dia berada di posisi 538. Prayogo Pangestu memiliki 2 perusahaan besar yaitu PT Barito Pacific Tbk (BRPT), produsen petrokimia terintegrasi yang paling besar di Indonesia dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk yang berpartner dengan Michelin, perusahaan ban dari Perancis.

Total kekayaan bersih Prayogo Pangestu mencapai USD 3,5 Miliar setara dengan Rp 56 triliun. Pada masa pandemi ini, jumlah kekayaan dari orang-orang kaya ini ternyata mengalami penurunan juga. Hal ini menunjukan bahwa orang-orang kaya tidak imun terhadap masalah pandemi. Itu dia ulasan mengenai daftar orang terkaya sedunia 2020.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com