Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Palembang Umumkan Tidak Akan Perpanjang PSBB

Sekertaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, situasi penyebaran Corona di wilayahnya sudah lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.
Sehingga Palembang yang sebelumnya ditetapkan masuk zona merah kini sudah berubah menjadi zona oranye.

Dewa mengatakan perubahan dari zona merah ini berdasarkan perhitungan dari 14 indikator kesehatan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Palembang.

“14 indikator kesehatan itu ditetapkan oleh tim gugus tugas. Palembang sekarang tidak zona merah lagi tapi sudah berubah zona orange (oranye),”ungkapnya.
Pada catatan tim Gugus Tugas sendiri, ada empat zona resiko penyebaran. Zona merah berarti zona resiko tinggi, zona kuning orange sedang, zona kuning resiko rendah dan zona hijau adalah wilayah tidak terdampak.

Menurut Dewa, situasi penyebaran covid-19 ini, membuat pemerintah Palembang berencana tidak akan lagi melanjutkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Alasannya adalah karena PSBB sendiri sudah dilakukan sebanyak 2 kali, mulai 20 Mei sampai 2 Juni di tahap pertama. Lalu tahap kedua, 2 Juni hingga 16 juni atau berakhir pada hari ini.

“PSBB tahap tahap kedua itu juga merupakan PSBB transisi. Selanjutnya mengarah ke penegakan disiplin protokol kesehatan dengan mekanisme pelaksanaan sedang dirumuskan oleh pihak kejari. Intinya tidak ada lagi PSBB,” tambah Dewa.

Sementara itu sebanyak 4000 ulama akan dilibatkan untuk melakukan pendisiplinan protokol kesehatan pada masyarakat.

Hal ini terkait, kegiatan tempat ibadah yang sudah kembali dibuka. Pemerintah berharap dengan melibatkan para ulama, sosialisasi protokol kesehatan bisa lebih masif dan dipahami masyarakat.

Sebanyak 1.725 personel gabungan juga dikerahkan di sejumlah fasilitas publik dan pusat kerumunan. Dengan cara ini, Pemerintah sangat berharap masyarakat akan sadar untuk menerapkan protokol kesehatan dimana saja dan kapan saja.

Dari catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, jumlah kasus positif Corona di Sumatera Selatan sebanyak 1.448 per Senin(15/6).

Dari jumlah ini, ada 882 orang yang berasal dari Palembang. Untuk pasien yang dinyatakan meninggal dunia ada 57 orang. Sebanyak 35 orang berasal dari Palembang.

Lalu pada hari Selasa (16/6) kasus positif di Sumatera Selatan meningkat 50 kasus. Dari total keseluruhan itu, 49 orang adalah warga Palembang, sedangkan 1 orang lagi berasal dari Kabupaten Muara Enim.