Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Panduan Membuat Visa Amerika Serikat yang Harus Kamu Ketahui

panduan membuat visa amerika serikat

Apakah kamu berniat buat pergi ke Amerika Serikat? Jika kamu mau pergi ke negara Paman Sam, hal paling penting yang wajib kamu ketahui adalah cara membuat visa Amerika Serikat. Amerika Serikat dikenal sebagai negara yang cukup ketat dalam memberikan visa. Bahkan, ada beberapa kasus di mana pengajuan visa ke Amerika Serikat ditolak.

Jika kamu mau memperbesar peluang untuk mendapatkan visa ke Amerika Serikat, maka ada beberapa cara yang bisa kamu persiapkan jauh-jauh hari untuk membuat visa Amerika Serikat. Persiapkan hal-hal ini ya.

Mengetahui Lokasi Pembuatan Visa

Ilustrasi

Mulailah dengan mencari tahu di mana kamu bisa membuat visa. Di Indonesia, pembuatan visa ke Amerika Serikat hanya bisa dilakukan di dua tempat. Yang pertama adalah di Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta. Sementara itu, yang kedua adalah di Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

Hal yang Akan Diajukan

Tidak semua pemohon visa ke Amerika Serikat harus melewati proses yang sama. Hal tersebut tentu bergantung pada status kamu. Kalau kamu pemohon visa imigran, maka ada serangkaian proses yang wajib kamu lakukan.

Kamu harus mendapatkan persetujuan dari U.S Citizenship and Immigration Service dengan mengajukan persetujuan ke alamat badan tersebut di Chicago.

Masih ada beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan visa imigran, seperti membayar sejumlah uang tertentu, wawancara, dan sebagainya. Mendapatkan visa imigran ke Amerika Serikat bukanlah hal yang mudah.

Namun, akan lebih sederhana kalau kamu bermaksud untuk:

  • Membuat visa baru untuk non-imigran
  • Memohon perpanjangan visa

Jika kamu mau melakukan permohonan perpanjangan visa, maka kamu berpotensi untuk tidak diwawancarai lagi, selama kamu dianggap berkualifikasi. Sementara itu, jika kamu baru mau membuat visa non-imigran, maka lakukan beberapa hal di bawah ini.

Menentukan Jenis Visa Non-Imigran

Saat kamu mau membuat visa non-imigran Amerika Serikat, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis visa yang bakal kamu ajukan.

Apa keperluanmu ke Amerika Serikat? Apakah untuk bekerja, sebagai turis, atau pelajar? Selain mengajukan maksudmu, kamu juga harus mampu membuktikan pada petugas konsuler Amerika Serikat di Indonesia bahwa kamu memang akan pulang setelah urusan selesai.

Misalnya kamu adalah pegawai pemerintahan, maka akan lebih mudah untuk urusan ini karena kamu memiliki keterikatan kuat dengan instansimu. Tentu tidak hanya pegawai pemerintahan saja. Selama kamu berhasil menunjukkan bukti keterikatan dengan negara, visa lebih mudah disetujui. Contohnya, bukti bahwa kamu mahasiswa di Indonesia, surat dari atasanmu dari perusahaan swasta, dan sebagainya.

Membayar Biaya Visa

Setelah memilih jenis visa Amerika yang mau kamu ajukan, kini saatnya buat membayar biaya visa. Berapa biaya visa Amerika yang harus kamu bayarkan? Itu tentu tergantung dari jenis visa yang mau kamu ajukan.

Rentang biaya yang dibayarkan untuk visa non-imigran berkisar antara US$ 160 sampai dengan US$ 265. Biaya visa paling murah adalah untuk turis dan untuk mereka yang transit.

Tergantung pada jenis visanya, ada biaya tambahan seperti biaya timbal balik, biaya SEVIS (Student and Exchange Visitor Information System), dan lain sebagainya.

Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan akun virtual via transfer antar bank atau membayar tunai di bank-bank tertentu seperti CIMB Niaga misalnya.

Melakukan Pengisian Formulir

Cara membuat visa Amerika Serikat selanjutnya adalah mengisi formulir DS-160. Formulir ini bisa diisi secara daring atau online melalui tautan ini.

Isi formulir dengan benar. Masukkan nama kamu, lokasi wawancara, dan juga isi pertanyaan-pertanyaan lainnya dengan tepat dalam bahasa Inggris.

Setelah kamu menyelesaikan semua pertanyaan, maka cek kembali semua jawaban-jawabanmu dan pastikan telah terisi dengan baik dan juga benar.

Setelah kamu mengisi semuanya, maka kini saatnya untuk mencetak formulir tersebut ke dalam sebuah kertas dengan ukuran A4.

Bagaimana jika kamu merasa kebingungan mengisi ini? Kamu bisa meminta bantuan penasehat hukum yang bergerak di bidang imigrasi atau meminta bantuan penerjemah untuk mengatasi hal yang satu ini.

Nomor dari DS-160 ini merupakan nomor yang bakal dipakai buat menjadwalkan wawancara kamu di Kedubes Amerika Serikat atau Konsulat Jenderal Amerika Serikat.

Melakukan Penjadwalan Wawancara

Kini setelah kamu memiliki nomor barcode, kamu siap buat menjadwalkan wawancara kamu sebelum mendapatkan visa Amerika Serikat.

Apa yang akan kamu lakukan? Kamu wajib buat masuk ke dalam laman CGI Federal.

Setelah kamu berhasil buat masuk, kamu harus mendaftarkan diri kamu (apabila sebelumnya kamu belum punya akun di sana).

Kamu harus mengisi data-data seperti nama kamu, bukti transfer biaya visa yang sudah kamu lakukan sebelumnya, serta nomor barcode dari formulir DS-160 yang sebelumnya sudah kamu isi secara daring dan sudah kamu cetak.

Setelahnya, kamu bisa menjadwalkan kapan wawancara kamu akan dilaksanakan.

Pada langkah ini, jangan lupa untuk memasukkan jenis visa dan alamat yang tepat. Jadi, pada saat visa kamu sudah dikeluarkan, visa bisa langsung dikirimkan menuju ke alamat yang tepat.

Melakukan Wawancara

Apabila kamu sudah mengikuti serangkaian langkah di atas, maka kini saatnya bagi kamu untuk menunggu kapan wawancara bakal dilakukan.

Jadwal wawancara sebetulnya sudah ditentukan sebelumnya, jadi, kamu hanya perlu mengingat jadwal itu dan jangan lupa untuk datang tepat waktu.

Akan lebih baik kalau kamu sudah datang minimal satu jam sebelum wawancara berlangsung, karena kamu harus mempersiapkan diri untuk melakukan pemeriksaan ketat, mencari ruangan tempat wawancara, memeriksa dokumen-dokumen yang wajib dibawa, dan sebagainya.

Dokumen-dokumen yang wajib dipersiapkan antara lain adalah paspor yang masih berlaku, foto berukuran 5×5, formulir yang sebelumnya kamu isi, status dari visa sebelumnya jika kamu pernah ke Amerika Serikat, catatan kriminal, juga akte kelahiran serta kartu keluarga jika kamu orang tua yang mengajukan visa buat anak di bawah 16 tahun.

Wawancara yang diajukan oleh pihak Kedubes atau Konsulat Jenderal Amerika Serikat cukup variatif, berbeda-beda tergantung pada pihak yang diwawancara. Beberapa orang akan mendapatkan pertanyaan lebih mudah, terutama jika jaminan bahwa ia akan kembali ke negara asal lebih jelas serta tujuan ke Amerika Serikat cukup jelas.

Sementara itu, beberapa orang yang lain akan mendapatkan pertanyaan lebih sukar, terutama apabila pernah ada catatan kurang baik.

Saat wawancara, kamu dilarang buat membawa senjata tajam dan juga barang-barang elektronik.

Menunggu Kedatangan Visa

Setelah selesai melakukan wawancara untuk mendapatkan visa Amerika, kini kamu hanya perlu menunggu visa itu sampai ke rumah. Apabila visa kamu ditolak, kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan. Hanya saja, terkadang alasan penolakan kurang transparan karena itu merupakan hak prerogatif dari pihak federasi Amerika Serikat sendiri.Itulah cara membuat visa Amerika dengan mudah yang wajib buat dicatat dan diketahui sebelum kamu pergi ke negeri Paman Sam. Jika kamu sudah paham caranya, tentu kamu bisa membuatnya sendiri. Nah, bagikan tulisan ini di media sosial supaya rekan-rekanmu memahami informasi ini ya.