Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Cara Membuat Visa Jepang untuk Kunjungan Wisata

cara membuat visa jepang

Berkunjung ke Jepang yang disiplin, rapi, dan modern mungkin menjadi dambaan setiap orang. Salah satu syaratnya yaitu dengan kamu memiliki Visa Jepang yang masih berlaku ketika kamu berkunjung ke Negeri Sakura tersebut. Beginilah cara membuat Visa Jepang sesuai dengan prosedur yang berlaku di Indonesia.

Wujud dan Fungsi

Secara sederhana, visa jenis ini merupakan bukti perizinan yang dimiliki seorang warga negara asing untuk bisa memasuki wilayah Negara Jepang. Visa ini berwujud stiker atau stempel yang dapat diajukan ke kedutaan Jepang. 

Cara Registrasi Bebas Visa Jepang

Apakah untuk berkunjung dan jalan-jalan ke Jepang wajib memiliki Visa Jepang? Jawabannya adalah tidak. Hal ini dikarenakan kebijakan dari Pemerintah Jepang yang memberikan kesembatan bebas visa untuk wisatawan Indonesia yang memiliki E-Paspor

Bebas visa ini diberlakukan untuk meningkatan jumlah wisatawan Indonesia yang berlibur Jepang. Ini juga merupakan salah satu wujud kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jepang. Nah, berikut tata cara untuk mendapatkan fasilitas bebas visa untuk kamu yang sudah memiliki E-Paspor.

1. Sudah Memiliki E-Paspor

E-Paspor merupakan jenis paspor yang berbasis digital atau elektronik dengan logo chip yang diletakan di bagian sampul depan dari paspor. Jika kamu sudah memiliki benda ini, kamu bisa langsung registrasi dengan membawa e-paspor dan formulir aplikasi yang sudah terisi ke Kantor Perwakilan Negara Jepang yang ada di Indonesia.

2. Datang ke Kantor Layanan Visa Jepang

Selain mendatangi Kantor Perwakilan Negara Jepang seperti Kantor Konsulat Jepang, Konsulat Jenderal Jepang, maupun Kedutaan Besar Jepang secara mandiri, kamu juga bisa memanfaatkan agen travel untuk membantu mengurusnya. Pastikan agen travel yang kamu gunakan sudah resmi terdaftar untuk menghindari penipuan.

3. Mendapatkan Bukti Registrasi

Setelah melakukan registrasi, kamu akan mendapatkan bukti registrasi yang bisa kamu pakai untuk berkunjung ke Jepang. Bebas visa berlaku untuk tujuan singkat, yaitu maksimal durasi 15 hari kerja. Layanan ini bisa kamu manfaatkan untuk berlibur, menjalankan bisnis, kunjungan keluarga, dan trip singkat lainnya.

4. Masa Berlaku

Masa berlaku dari layanan ini adalah maksimal 3 tahun atau mengikuti masa berakhirnya E-Paspor jika umurnya kurang dari 3 tahun. Masa berlaku mengikuti masa tempo terpendek dari kedua hal tersebut.

5. Biaya

Untuk mengurus bebas visa, kamu tidak dikenakan biaya apapun jika mengurusnya secara mandiri. Namun jika menggunakan agen travel kamu akan dikenakan biaya sesuai kesepakatan. Proses registrasi ini memakan waktu kurang lebih 2 hari kerja dan sudah bisa langsung digunakan di hari berikutnya.

Cara Membuat Visa Jepang secara Mandiri

Jika kamu tidak memiliki E-Paspor, mau tidak mau kamu harus memiliki visa untuk dapat berkunjung ke Jepang. Secara garis besar pengajuan visa jenis ini terbilang mudah, berikut tata cara membuat Visa Jepang sendiri. 

1. Tentukan jenis visa yang cocok untuk keperluan kunjunganmu

Ada banyak jenis visa yang bisa disesuaikan dengan aktivitas kunjunganmu. Visa Kunjungan Wisata bisa kamu pilih jika kamu ingin berwisata dan jalan-jalan. Visa Kunjungan Wisata terbagi menjadi 2 jenis, yaitu single entry untuk sekali kunjungan dan multiple entry untuk jenis kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku Visa Jepang dalam jangka waktu 5 tahun.

Biaya untuk mengajukan visa jenis single entry adalah Rp370.000,- untuk satu orang. Sedangkan untuk visa jenis multiple entry dipatok dengan nominal Rp740.000,-. Persyaratan utama untuk mengajukan visa multiple entry kamu harus memiliki pengalaman kunjungan ke Jepang dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

2. Dokumen yang diperlukan

Setelah kamu mengetahui jenis visa apa yang cocok untukmu, berikut dokumen-dokumen yang harus kamu lengkapi untuk mengajukan visa:

  • Paspor yang masih berlaku hingga minimal 6 bulan, terhitung sejak masa berkunjung ke Jepang telah habis.
  • Formulir permohonan visa (download formulir Visa Jepang terbaru: https://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html)
  • Pas foto formal terbaru yang diambil dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Pas foto memiliki ukuran 4.5cm x 4.5cm dengan background putih. Pastikan pas foto yang kamu miliki tidak buram dan bukan hasil editing yang berlebihan.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau surat keterangan serupa yang masih berlaku dari instansi terkait.
  • Kalau kamu masih seorang pelajar maupun mahasiswa, kamu juga wajib melampirkan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar
  • Sebagai bukti tanggal masuk dan keluar dari Negara Jepang, kamu wajib melampirkan bukti pemesanan tiket pesawat yang mencantumkan tanggal keberangkatan dan kepulangan.
  • Mengisi format jadwal perjalanan secara rinci mulai dari awal masuk hingga keluar dari Jepang.
  • Fotokopi dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran untuk membuktikan hubungan kekerabatan. Ketentuan ini berlaku jika pengajuan visa lebih dari satu orang.
  • Jika kamu seorang pekerja, maka lampirkan juga surat keterangan bekerja yang masih berlaku.
  • Melampirkan fotokopi bukti keuangan untuk menjamin perjalananmu di Jepang. Bukti ini bisa diperoleh dari hasil rekening koran maupun fotokopi buku tabungan yang berlaku 3 bulan terakhir.

Susun berkas dokumen yang kamu memiliki sesuai dengan urutan yang tertera di atas agar memudahkan pengecekan.

3. Mengajukan permohonoan visa ke pihak berwenang

Berikut daftar tempat yang bisa kamu datangi untuk mengajukan permohonan pembuatan visa kunjungan wisata:

  • Japan Visa Application Centre (JVAC) yang beralamat di Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3&5 Karet Kuningan, Jakarta Selatan (lantai 4 No. 4F-33 di Lotte Shopping Avenue, Ciputra World 1). Kamu bisa mulai penyerahkan permohanan dari pukul 09.00 hingga 17.00 waktu setempat. Sedangkan untuk pengambilan dibuka mulai pukul 10.00 hingga 15.00 waktu setempat.
  • Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya yang beralamat di Jalan Sumatera No. 93, Suarabaya. 
  • Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar yang beralamat di Jalan Raya Puputan No. 170, Renon, Denpasar, Bali.
  • Konsulat Jenderal Jepang di Medan yang beralamat di Jalan Pangeran Diponegoro No. 18, Medan, Sumatera Utara, tepatnya berada di lantai 5 Sinar Mas Land Plaza (Wisma BII).
  • Kantor Konsuler Jepang di Makassar yang beralamat di Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 8-10, Makassar.

4. Menunggu Hasil

Setelah semua dokumen lengkap dan sudah diajukan ke pihak berwenang sesuai tempat kamu berdomisili, maka langkah terakhir adalah menunggu hasil. Proses pembutan visa kurang lebih memakan waktu 4 hari kerja. Masa kerja ini bisa sedikit lebih panjang ketika musim liburan atau puncak traveling dikarenakan banyak orang yang mengurusnya juga.

Akhir Kata

Sebenarnya cara mengurus visa kunjungan wisata ke Jepang tidaklah serumit apa yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu menentukan jenis visa yang sesuai dengan kebutuhan, melengkapi dokumen-dokumen untuk administrasi, dan mengajukannya ke pihak yang berwenang di wilayah domisili masing-masing.

Cara membuat Visa Jepang di atas bisa menjadi acuanmu dalam mengurus visa sebelum keberangkatan. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi penting ini ke rekan, sahabat, maupun keluargamu melalui sosial media. Siapa tahu satu diantara mereke membutuhkan informasi untuk kunjungan wisata ke Negeri Sakura yang jadi primadona ini.

Perusahaan lainnya: