Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Inilah Cara Mudah Membuat Visa Korea 2021, Gampang banget!

panduan membuat visa ke korea

Cara membuat visa korea ternyata mudah dan praktis. Pertama, kamu harus tahu apa saja syarat membuat visa. Kedua, kunjungi Korea Visa Application Center atau KVAC visa korea. Ketiga, siapkan biaya untuk mengurus pembuatan visa korea.

Mudah bukan! Tapi buat kamu yang masih ragu apa saja surat yang harus dilampirkan, serta berapa ukuran pas foto yang bisa dipakai, kamu bisa langsung simak uraiannya sebagai berikut! Dengan demikian, impian kamu untuk bisa mengunjungi negara yang indah ini bisa terwujud.

3 Langkah Membuat Visa Korea selatan

Tahukah kamu apa itu visa korea? Visa korea merupakan izin yang diberikan melalui otoritas terkait atau berwajib dari Korea untuk warga negara asing (WNA) saat ingin mengadakan kunjungan ke Korea, atau keluar dari Korea, termasuk WNA yang ingin transit melalui wilayah Korea. 

Otoritas Korea menerbitkan berbagai jenis visa yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan tujuan dan lama waktu kunjungan, status kewarganegaraan, serta tipe paspor. Saat kamu ingin berwisata mengunjungi Korea kamu dapat menggunakan visa Korea.

1. Pilih Jenis Visa Sesuai Kebutuhan

Tipe single visa misalnya. Tipe visa ini cocok untuk kunjungan di bawah 90 hari dengan biaya RP 568.000. Media memberitakan pada 17 oktober 2019 bahwa ada perubahan harga tarif single dari semula seharga Rp568.000 menjadi Rp196.000. Kebijakan promo ini dapat menjadi kesempatan yang baik untuk kamu yang ingin berbisnis atau berwisata.

Jenis visa selanjutnya adalah single visa khusus. Yaitu jenis visa kunjungan di atas 90 hari bertarif Rp852.000 Selanjutnya, double visa untuk 2x kunjungan yang berlaku sampai 6 bulan dengan tarif Rp994.000.

Sedangkan bagi kamu yang membutuhkan kunjungan berkali-kali, pilih saja multiple visa dengan masa berlaku 5 tahun. Tarifnya Rp1.278.000. Syarat dan ketentuan untuk kamu yang ingin mengajukan permohonan multiple visa, setidaknya kamu harus sudah punya visa Korea sebelumnya paling tidak satu kali saja.

Selain itu, ada juga grup visa yang cocok untuk kamu dan rombongan yang terdiri atas 5 sampai 50 orang. Nah, yang ini tarifnya gratis sampai Juni 2021. Dan ini khusus untuk tipe grup visa loh! Nah, yang perlu kamu ingat, harga dan promo tidak berlaku sama apabila kamu menggunakan jasa pembuatan visa Korea.

2. Siapkan Dokumen dan Isi Formulirnya

Kamu bisa langsung menyiapkan berbagai dokumen setelah memilih jenis visa yang cocok. Segera isi formulir pendaftaran yang telah diunduh dari website. Lampirkan dokumen seperti: foto diri ukuran 4×6 cm berlatar putih yang ditempel, paspor asli disertai fotokopinya, KK, surat keterangan kerja disertai fotokopi SIUP tempat bekerja, 

Atau lampiran surat permohonan visa secara pribadi yang diketik dengan materai Rp. 6000 disertai SK pensiun atau surat pengalaman kerja dari tempat kerja sebelumnya. Sedangkan bagi ibu rumah tangga atau yang tidak bekerja bisa melampirkan surat keterangan kerja milik pasangan.

Langkah selanjutnya adalah dengan menyertakan surat keterangan. Untuk yang masih berstatus pelajar, berarti kartu pelajar. Surat referensi dari Bank serta rekening koran di 3 bulan terakhir juga perlu kamu siapkan untuk ini. Jangan lupa copy dari bukti keuangan SPT PPh 21.

Selain itu, siapkan juga dokumen seperti: KK atau surat sponsor/employer untuk asisten rumah tangga, bukti keuangan suami/ keluarga bagi ibu rumah tangga/tidak berpenghasilan, dan bukti keuangan orang tua untuk pelajar dan mahasiswa disertai kartu pelajar/mahasiswa.  

3. Proses Permohonan dan Pembayaran 

Agar permohonan dapat segera diproses, datanglah ke KVAC dengan melakukan prosedur pembayaran sebelumnya di KEB Hana Bank di lokasi yang sudah tersedia, untuk menerima materai yang ditempel pada formulir aplikasi visa yang sudah kamu isi tadi. 

Setelah melunasi biaya administrasi perorangan maupun kelompok ditambah biaya permohonan visa, kamu bisa menyiapkan KTP sebagai pemeriksaan awal. Dan seperti halnya pengurusan dokumen penting lain, saat mengambil paspor dan visa, berikan dokumen-dokumen dan tanda terima yang kamu miliki kepada petugas.

Tips Penting Terkait Permohonan Visa Korea Selatan

Berbagai informasi terkait pengajuan permohonan visa yang wajib kamu tahu. Antara lain sebagai berikut. Harap diingat ya, beberapa informasi di bawah ini, bisa membuat pengalaman mengurus Visa Korea kamu menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan.

1. Alamat KVAC

Pertama, catat alamat berikut ini. Korean Visa Application Center (disingkat KVAC) ada di Kuningan, Jakarta. Tepatnya dia terletak di Mall Lotte Shopping Avenue pada lantai 5. KVAC beroperasi pada pukul sembilan pagi sampai pukul tiga sore.

2. Lama Proses Pengajuan Visa

Kedua, permohonan visa yang telah kamu ajukan, akan diproses dalam waktu 6 hari kerja dimulai sejak hari pertama diajukan permohonannya. Status visa yang dikeluarkan yaitu under review, approved, dan rejected. Pengambilan visa dilayani pada jam 10.00-16.00 WIB. Selain pemberitahuan dari pihak KVAC, proses pengajuan visa dapat dipantau secara online.

3. Cari Tahu Promo Visa

Ketiga, sebaiknya cari tahu berbagai kebijakan promo visa yang mungkin bisa kamu nikmati. Selain lebih hemat, kunjungan keluar negeri tidak harus repot kamu batasi hanya karena biaya visa yang terlalu mahal.

4. Aplly Visa Online

Keempat, mengenal e-visa application yang dapat dibuat melalui the visa portal. Otoritas atau pihak berwajib Korea telah membuat kebijakan yang memungkinkan kamu membuat visa Korea melalui the visa portal. Bagaimana prosedur membuat Visa lewat aplikasi elektronik?

Tahapan prosedur aplikasi yang diajukan oleh pemohon dapat kamu lakukan lewat cara mengisi formulir aplikasi, transaksi pembayaran melalui e-payment, pengajuan aplikasi, undangan konfirmasi, penerimaan dan review permohonan, pemberitahuan, terakhir cetak dan kirim hasil e-visa yang telah dikonfirmasi.

5. Buat Visa Melalui Jasa Tour

Yang kelima, yang kamu juga perlu tahu. Ternyata pembuatan visa dapat diurus oleh jasa tour and travel. Permohonan visa yang diajukan melalui perusahaan tour and travel biasanya memiliki aturan seperti, kewajiban membayar harga pemesanan visa sesuai ketentuan perusahaan tour and travel. 

Ketentuan lainnya seperti tidak menerima permohonan pengembalian uang apapun hasil status visa nya, perusahaan juga tidak mengambil tanggung jawab atas penolakan visa yang terjadi. Meski begitu, jasa pembuatan visa bisa menjadi alternatif pilihan terbaik pada saat kamu sibuk dan tidak mau repot.  

Kesimpulan

Berbagai pilihan pembuatan visa telah menjadi alternatif yang sangat memudahkan. Teknologi siap membantu kamu mewujudkan pengajuan permohonan visa kapanpun dimanapun melalui the visa portal. Provider pembuatan visa juga banyak ditawarkan. Salah satunya melalui perusahaan tour and travel. Kamu bebas memilihnya sesuai kebutuhanmu. Nah, demikian tadi informasi yang dapat kamu manfaatkan tentang cara membuat visa korea. Informasi  Syarat membuat visa korea selatan dan biaya visa korea ini dapat kamu share ke berbagai teman dalam jaringan sosial media kamu. Ajak mereka jalan-jalan ke korea ramai-ramai. Tapi jangan lupa, siapkan dulu paspor dan visanya!

Perusahaan lainnya: