Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Inilah Jenis Pangkat Polri dan Gaji yang Diterima Lengkap

Polri merupakan penegak hukum yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Namun, terlepas dari tugasnya, polri memiliki beberapa tingkatan. Untuk jenis pangkat polri dan gaji diterima lengkap dapat Anda ketahui pada artikel ini.

Polri merupakan lembaga negara yang mengayomi, melindungi, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Artinya, polri memiliki peranan langsung yang melekat dengan masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya, polri memiliki beberapa tingkatan kepangkatan yang akan dijabarkan pada ulasan berikut.

Polri Pangkat Tamtama

Pangkat Kepolisian Republik Indonesia yang pertama adalah tantama. Tamtama POLRI berperan sebagai prajurit kepolisian khusus guna melaksanakan tugas tertentu dalam institusi kepolisian. Di negara lain, polisi dengan pangkat tamtama bisa disebut dengan Pangkat ‘’Privat’’.

Kepolisian tamtama harus memiliki loyalitas tinggi, terampil dalam menjalankan tugas, serta memiliki profesionalisme yang tinggi. Selain itu, mereka juga wajib memiliki kemahiran untuk selalu menjalankan tugas dengan jujur, ulet, dan pantang menyerah. Pangkat tamtama ini terdiri atas berbagai golongan sebagai berikut.

  • Bhayangkara Dua atau Bharada

Sebelumnya, tingkatan Polri Bharada memiliki nama ‘’Prajurit dua’’ yang terdengar hampir sama dengan prajurit militer. Namun, untuk mempertegas identitas diri, nama Prajurit Dua diubah menjadi Bhayangkara Dua.

  • Bhayangkara Satu atau Bharatu

Bharatu merupakan pangkat prajurit polri yang setingkat lebih tinggi dari Bharada. Sama seperti Bharada, nama Bharatu sebelum tahun 2001 adalah ’’Prajurit Satu’’. Prajurit Satu sendiri merupakan nama kemiliteran Indonesia yang terkuat se Asia Tenggara.

  • Bhayangkara Kepala atau Bharaka

Bharaka memiliki posisi yang setingkat lebih tinggi dari tingkatan polri Bharatu. Bhayangkara Kepala dapat dilihat dari lambang tanda tiga garis miring dengan merah sebagai warnanya. Sama seperti Bharada dan Bharatu, Bharaka sebelum tahun 2001 dinamai Prajurit (Praka) yang kemudian diganti menjadi Bharaka

  • Abripdu

Abripdu merupakan singkatan dari Ajun Brigadir Kepala Dua yang posisinya berada di atas Bharaka. Sebelumnya, Abripdu bernama Kopral Kepala dan merupakan tingkat terbawah pada posisi brigadir yang dilambangkan dengan tanda (<) berwarna merah

  • Abriptu

Abriptu merupakan singkatan dari Ajun Brigadir tingkat satu yang posisinya setingkat lebih tinggi dari Abriptu. Sebelumnya, Abriptu bernama Kopral Satu dan kemudian mengalami perombakan nama setelah tahun 2001.

  • Abripol

Pangkat polisi tertinggi Brigadir ditempati oleh Abripol atau Ajun Brigadir Polisi. Nama pangkat polisi ini mengalami dua kali perubahan dari yang pertama Kopral Kepala dan yang kedua Bhayangkara utama 1.

Polisi Pangkat Bintara

Polisi tingkat Bintara atau Bintara POLRI merupakan tingkat kepolisian yang lebih tinggi dari Tamtama. Bintara POLRI merupakan penegak hukum yang berperan sebagai pelayanan terdepan untuk masyarakat dan POLRI.

Pangkat Bintara berperan sebagai penghubung antara Tamtama dan polisi Perwira, khususnya pada operasional. Pada tingkat ini juga dibagi lagi ke dalam beberapa golongan yang meliputi:

  • Bripda

Bripda, singkatan dari Brigadir Polisi Dua merupakan pangkat paling bawah dari Bintara. Pangkat polri ini setara dengan pangkat Sersan Dua yang terdapat pada Instansi Kemiliteran di Indonesia

  • Briptu

Briptu merupakan kependekan dari Brigadir Polisi Satu. Tahukah Anda? Brigadir Polisi Satu atau Briptu merupakan kemiliteran milik Indonesia yang termasuk dalam angkatan bersenjata terbaik di dunia dengan pangkat Sersan Satu.

  • Brigpol

Pangkat polri pada Bintara yang selanjutnya adalah Brigadir Polisi yang memiliki tingkatan lebih tinggi dari Briptu. Tugas Brigadir Polisi yaitu melakukan pengawasan terhadap Brigadir Polisi Dua dan Satu apakah telah menjalankan tugasnya dengan benar, tertib, dan konsisten atau tidak.

  • Bripka

Tingkatan Bintara polri yang terakhir adalah Bintara Polisi Kepala atau yang disingkat Bripka. Bripka memiliki tugas pengawasan dan kontrol terhadap segala kegiatan anggota Brigadir yang ada dibawahnya. Sebuah informasi untuk Anda, sebelum tahun 2011, Bripka bernama Sersan Mayor.

Polisi Pangkat Bintara Tinggi

Tingkat selanjutnya dari Polri adalah Bantara Tinggi yang posisinya tepat di bawah Perwira pertama dan diatas Bintara POLRI. Bantara Tinggi merupakan perpanjangan tangan dari Perwira Polisi yang ditujukan untuk melaksanakan berbagai perintah langsung dari atasan.

Bintara tinggi terdiri dari Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu) dan Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua). Aipda dan Aiptu memiliki lambang (>) terhubung yang menyerupai ombak. Bintara Tinggi ini memiliki tugas untuk membantu Bintara dalam menghadapi sebuah konflik.

Polisi Pangkat Perwira Pertama

Perwira adalah salah satu pangkat tertinggi di Kepolisian Republik Indonesia di mana posisinya tepat di atas Bintara Tinggi polri. Polisi Tingkat Perwira Pertama terdiri dari golongan Inspektur Polisi Satu,  Inspektur Polisi Dua, dan juga Ajun Komisaris Polisi. Untuk penjelasan masing-masing pangkat adalah sebagai berikut.

  • Inspektur Polisi Dua (Ipda) dan Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Ipda merupakan pangkat pertama dari Perwira Pertama dan Iptu berada satu tingkat di atasnya. Ipda memiliki nama militer Letnan Dua dengan sebuah balok berwarna keemasan sebagai lambang. Iptu memiliki nama militer Letnan Satu dengan dua balok keemasan sebagai simbolnya.

  • Ajun Komisaris Polisi

Ajun Komisaris Polisi yang biasa disebut dengan AKP merupakan jabatan tertinggi di Perwira Pertama dan merupakan senior dari kedua komisaris di bawahnya. Tugasnya yaitu sebagai kontrol. Adapun lambang pangkat polisi ini ditandai dengan tiga balok berwarna emas.

Pangkat Polisi Perwira Menengah

Pangkat setingkat lebih tinggi dari Perwira adalah Perwira Menengah. Terdiri dari Komisaris Polisi (Kompol) sebagai posisi terendah dan asisten Ajun Komisaris Besar Polisi dan AKBP yang berada satu tingkat di atas Komisaris Polisi. Ada juga Kombes Pol yang merupakan pangkat tertinggi dalam Perwira Menengah.

Komisaris Polisi memiliki lambang sebuah diamond atau bunga berwarna emas, sedangkan Ajun Komisi Besar Polisi memiliki lambang dua bunga emas. Selain itu, Kombes Pol yang pangkatnya sama dengan Kolonel kemiliteran memiliki tiga buah bunga emas sebagai lambangnya.

Polisi Pangkat Perwira Tinggi

Perwira Tinggi merupakan jabatan tertinggi di kepolisian yang terdiri dari Brigjen Pol dengan tugas mengawasi Brigadir dalam menjalankan tugas. Selanjutnya, ada Inspektur Jenderal Polisi yang setara dengan Mayor Jenderal Senior Brigadir, Komjen Pol yang setara Letnan Jenderal, dan Jenderal Polisi sebagai pangkat tertingginya.

Nominal Gaji Kepolisian Republik Indonesia

Gaji yang ditampilkan ini masih didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas. Peraturan ini merupakan hasil perubahan dari PP No. 29 tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota POLRI. Gaji pokok polri 2020 yang terdiri dari beberapa golongan ini akan dijelaskan pada ulasan berikut ini.

Nominal gaji golongan 1, Tamtama Bhayangkara dua dimulai dari Rp1.643.500,00 sampai Rp2.538.100,00. Setelahnya, ada Bhayangkara Satu dengan nominal gaji mulai dari Rp1.649.900,00 sampai Rp2.617.500,00. Disusul Bhayangkara kepala dengan nominal gaji mulai dari Rp1.747.900,00 sampai Rp2.699.400,00.

Kemudian, di atas Bhayangkara terdapat Ajun Brigadir Polisi Dua dengan gaji Rp1.802.600,00 sampai Rp2.783.900,00. Selanjutnya, ada Ajun Brigadir Polisi satu dengan gaji sebesar Rp11.858.900,00. Disusul kemudian Ajun Brigadir Polisi dengan gaji mulai dari Rp1.917.100,00 sampai Rp2.960.700,00.

Bintara Brigadir Polisi Dua menerima nominal gaji Rp2.103.700,00 sampai Rp3.457.100,00. Kemudian, Brigadir Polisi Satu dengan nominal Rp2.169.500,00 sampai Rp3.565.200,00. 

Disusul, Brigadir Polisi dengan gaji mulai dari Rp2.237.400,00 sampai Rp3.676.700,00. Ada juga Brigadir Polisi Kepala dengan gaji Rp2.307.400,00 sampai Rp3.791.900,00.

Gaji berkala polri selanjutnya untuk perwira menengah Tingkat Komisaris Polisi yaitu Rp3.000.100,00 sampai Rp4.930.100,00. Terakhir, golongan Perwira Tinggi Jenderal menerima gaji Rp5.328.200 sampai Rp5.390.000,00.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam kepolisian ada banyak sekali tingkatan. Perlu Anda ketahui, pembagian gaji yang diperoleh oleh setiap anggota kepolisian juga ditentukan oleh tingkatan dan lamanya ia bekerja. Nah, apakah Anda tertarik untuk bergabung menjadi anggota kepolisian? 

Demikian pembahasan mengenai pangkat polri dan gaji yang diterima lengkap. Apakah Anda mendapat ilmu baru hari ini? Jika iya, jangan lupa share tulisan ini ke orang-orang di sekitarmu. Sekian dan selamat beraktivitas kembali. 

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.