Moneyfazz
Bikin Paspor Tanpa Antri Lama dan Ribet Lewat Aplikasi Layanan Paspor Online!
Home » Layanan Pemerintah » Bikin Paspor Tanpa Antri Lama dan Ribet Lewat Aplikasi Layanan Paspor Online!

Bikin Paspor Tanpa Antri Lama dan Ribet Lewat Aplikasi Layanan Paspor Online!

Anda sering bepergian ke luar negeri? Jika iya, memiliki paspor tentu adalah sebuah kewajiban. Sayangnya, membuat atau memperpanjang paspor seringkali menjadi langkah yang melelahkan karena prosesnya yang cukup panjang. Mengantri lama di kantor imigrasi sudah menjadi makanan wajib. Andaikan saja ada kantor imigrasi online, ya?

Meskipun pengajuan paspor di Indonesia belum ada yang sepenuhnya online, beberapa langkah pengajuannya sendiri sudah bisa dilakukan secara online. Sekarang ada aplikasi layanan paspor online atau aplikasi imigrasi online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Melalui aplikasi yang bisa diunduh untuk ponsel Android maupun Apple ini, Anda bisa mendapatkan nomor antrian yang nantinya digunakan untuk mengajukan paspor di kantor imigrasi terdekat.

Perlu diingat, langkah dalam aplikasi ini hanya mencakup nomor antriannya saja. Anda masih perlu mendatangi kantor imigrasi untuk pengajuan lebih lanjut. Meskipun begitu, aplikasi ini sudah sangat membantu kan?

Jika dahulu Anda harus berlomba-lomba datang paling pagi di kantor imigrasi agar mendapatkan nomor antrian, sekarang Anda tidak perlu melakukannya lagi dengan bantuan aplikasi ini. Cukup buka aplikasinya, ikuti tata cara yang ada, nomor antrian digital beserta tanggal dan waktu datang ke kantor imigrasi pun sudah otomatis kita dapatkan. Akan jauh mengehemat waktu Anda bukan?

Tata cara menggunakan aplikasi layanan paspor

Untuk mendapatkan nomor antrian dari aplikasi imigrasi online ini, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi melalui Play Store untuk ponsel Android atau App Store untuk ponsel Apple. (Gunakan kata kunci layanan paspor online di kotak pencarian).
  2. Jika enggan mengunduh aplikasi, layanan online ini juga bisa diakses melalui browser ponsel maupun komputer dengan tautan: https://antrian.imigrasi.go.id/.
  3. Lakukan pendaftaran akun baru atau login jika Anda sudah terdaftar.
  4. Isi kolom yang tersedia sesuai dengan data yang diminta seperti NIK, nama lengkap, dan alamat sesuai KTP.
  5. Pilih kantor imigrasi terdekat sekaligus isi jumlah pemohon paspor, serta tanggal dan waktu kedatangan.
  6. Pilih opsi waktu kedatangan antara pagi (08:00 – 12:00 WIB) atau siang (13:00 – 16:30 WIB). Setelah memilih salah satu, akan terlihat opsi kuota yang tersedia. Jika kuota penuh, coba ganti hari yang berwarna hijau.
  7. Kode booking QR beserta nomor antrian digital akan muncul dengan otomatis.

Berkas yang perlu dibawa ke kantor imigrasi

Berkas yang perlu dibawa ke kantor imigrasi
pixabay.com

Perjalanan pengajuan paspor Anda belum berakhir. Setelah mendapatkan nomor antrian digital, kini saatnya Anda mendatangi kantor imigrasi pada waktu yang telah tercantum di nomor antrian tersebut. Jangan lupa untuk membawa berkas lengkap agar mempercepat proses pengajuan paspor Anda. Berikut berkas-berkas yang perlu Anda bawa untuk pengajuan paspor dewasa.

  1. KTP yang masih berlaku
  2. Kartu keluarga
  3. Akta kelahiran, buku nikah, atau ijazah

Untuk pengajuan paspor anak, berkas-berkas yang diperlukan adalah:

  1. KTP kedua orang tua yang masih berlaku
  2. Kartu keluarga
  3. Akta kelahiran anak
  4. Buku nikah orang tua
  5. Paspor orang tua

Selain berkas-berkas tersebut, jangan lupa untuk membawa sejumlah dana untuk biaya pengajuan paspor. Jika Anda tidak suka membawa uang tunai, kantor imigrasi juga menerima transfer bank. Biayanya sendiri adalah Rp350.000 untuk paspor biasa dengan 48 halaman dan Rp650.000 untuk e-paspor dengan jumlah halaman yang sama.

Jadi, sudah siap mengajukan paspor dengan memakai aplikasi imigrasi online ini?

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com