Moneyfazz
Serba-serbi Seputar PCare BPJS Kesehatan di Indonesia
Home » BPJS » Serba-serbi Seputar PCare BPJS Kesehatan di Indonesia

Serba-serbi Seputar PCare BPJS Kesehatan di Indonesia

BPJS Kesehatan merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan di Indonesia. Karena asuransi kesehatan ini memiliki banyak manfaat, maka setiap masyarakat tanah air disarankan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi BPJS Kesehatan. Untuk meningkatkan layanan kepada seluruh peserta, baru-baru ini telah hadir PCare BPJS sehingga seluruh peserta dapat menggunakan layanan dan fasilitas kesehatan dengan lebih optimal.

Mengenal PCare BPJS Kesehatan

PCare atau Primary Care BPJS Kesehatan merupakan inovasi digital dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses oleh seluruh peserta kapan saja dan dari mana saja. Aplikasi ini menawarkan layanan di Faskes I, seperti Puskesmas atau Klinik bagi peserta BPJS Kesehatan. Melalui PCare BPJS Kesehatan ini, sebagai peserta Anda dapat mendaftarkan diri untuk berobat serta mengajukan pengobatan di poli sesuai kebutuhan. Lebih dari itu, pengguna PCare BPJS Kesehatan juga bisa mengajukan pelayanan laboratorium melalui aplikasi digital ini.

Aplikasi PCare BPJS Kesehatan bisa diunduh gratis di Google Playstore. Untuk bisa menggunakannya, Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun terlebih dulu di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Apabila akun telah selesai dibuat, maka Anda bisa mengakses PCare BPJS secara lebih fleksibel kapan pun dibutuhkan.

Fitur-fitur canggih PCare

Berbeda ketika Anda akan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan secara manual, maka Anda diminta untuk mengantre dan mengurus beragam administrasi lainnya. Beruntung, dengan memanfaatkan fitur canggih PCare, sekarang seluruh data peserta BPJS Kesehatan sudah dikelola secara digital. Beberapa fitur canggih yang bisa Anda akses melalui PCare BPJS Kesehatan antara lain;

  1. Informasi tagihan bulanan
  2. Panduan prosedur pendaftaran peserta BPJS Kesehatan mandiri atau instansi
  3. Pencarian Faskes terdekat
  4. Health Information Facilities System atau sistem informasi fasilitas kesehatan
  5. Manfaat terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan

Keuntungan menggunakan PCare BPJS Kesehatan

Di samping menyediakan fitur-fitur canggih, PCare BPJS Kesehatan juga memberikan banyak keuntungan bagi para pesertanya. Mulai dari alur pendaftaran pasien yang lebih cepat, integrasi data pasien, serta proses mendapat rujukan dari faskes 1 yang lebih mudah. Dengan begitu, peserta BPJS Kesehatan lebih cepat mendapatkan penanganan dari rumah sakit yang dirujuk.

Lebih dari itu, karena seluruh detail rekam medis peserta BPJS Kesehatan tercatat pada aplikasi PCare, maka petugas medis yang bekerja bisa langsung melakukan diagnosis untuk pasien secara tepat. Tujuannya jelas untuk menjamin setiap peserta mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Langkah-langkah menggunakan layanan PCare

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi digital PCare BPJS Kesehatan bisa didownload gratis melalui situs resmi atau Google Playstore. Selanjutnya daftarkan akun pada kantor BPJS Kesehatan terdekat. Setelah itu Anda baru bisa menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan dengan cara sebagai berikut;

1. Masukkan username dan password yang diperoleh saat melakukan registrasi akun di kantor cabang BPJS Kesehatan.
2. Pilih menu Entri Data untuk melakukan pendaftaran pasien atau pelayanan kesehatan.

Bagian ini berfungsi untuk mendaftarkan peserta BPJS yang baru pertama kali akan melakukan pengobatan. Terdapat sejumlah kolom isian yang harus diisi dengan lengkap dan akurat untuk memudahkan proses pendaftaran. Tekan tombol simpan jika seluruh kolom telah terisi.

3. Pilih menu rujukan untuk memperoleh surat rujukan ke rumah sakit.

Apabila Anda membutuhkan surat rujukan, maka pilih menu “Cari Rujukan” yang terdapat pada tampilan layar aplikasi PCare. Kemudian, Anda akan dialihkan ke halaman pilihan fasilitas kesehatan rujuk lanjut dengan pilihan rumah sakit, golongan, alamat, hingga jarak tempuh rumah sakit tersebut.

4. Pilih menu “Lihat Data” untuk mengecek informasi rekam medis.

Menariknya sebagai peserta BPJS Anda juga bisa melihat informasi data kunjungan, pemeriksaan yang didapatkan, serta jumlah kunjungan yang dilakukan pada menu “Lihat Data”

  1. Pilih menu “Keterangan Faskes” untuk mempelajari detail fasilitas kesehatan yang dipilih.

Menu ini dapat digunakan untuk menggali informasi lebih detail terkait fasilitas kesehatan yang dipilih. Mulai dari lokasinya, jam operasional, macam-macam poli yang tersedia, serta informasi terkait layanan yang bisa diberikan. Tujuannya jelas agar peserta BPJS Kesehatan tidak mengalami kebingunan saat akan berkunjung ke Faskes tersebut.

Setelah mengenal serba-serbi PCare BJS Kesehatan, pastinya Anda semakin tertarik untuk memiliki aplikasi digital tersebut. Jadi, pastikan Anda segera mendownload dan mendaftarkan akun PCare sehingga bisa menggunakan fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com