Moneyfazz
Home » Berita Utama » Pelan Tapi Pasti Indonesia Bakal Lepas Dari Resesi di Q3

Pelan Tapi Pasti Indonesia Bakal Lepas Dari Resesi di Q3

Kondisi perekonomian Indonesia mulai pulih kembali sejak mulai diberlakukannya new normal mulai dari awal Juni yang lalu. Pemerintah terus berupaya agar Indonesia segera pulih secara total agar tidak berlama-lama di jalan yang dihantui resesi ekonomi yang dalam.

Secara data ekonomi mulai turun sejak ditemukan kasus pertama corona di Indonesia kemudian berlanjut hingga menuju bulan April. Ditutupnya beberapa usaha demi memutus rantai penularan dilakukan. Dan hal inilah yang mengakibat ekonomi Indonesia terjun sedalam-dalamnya.

Tak hanya Indonesia, negara dengan ekonomi maju seperti Amerika juga mengalami hal yang sama. Negara Eropa seperti Italia malah berhenti total akibat tingginya kasus sejak awal. Bisa dikatakan tidak ada yang bisa lepas dari krisis ini.

Saat ini pemulihan ekonomi terus diupayakan dengan segala cara agar masyarakat bisa segera pulih secara ekonomi.

Namun akibat yang ditimbulkan pandemi ini tidak bisa dianggap remeh, PHK dimana-mana, banyak usaha bangkrut, hingga beberapa orang terpaksa tidak bisa bekerja.

Langkah pemerintah pertama adalah mengupayakan agar roda perekonomian paling dasar terus bergerak. Pasar dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Kemudian menjaga stok pangan agar tidak langka dan harga jual stabil.

Namun pemerintah bukanlah orang sempurna terjadi masalah di sana-sini. Pasar malah jadi tempat persebaran virus dan beberapa harga pokok melambung tinggi.

Kemudian muncul kebijakan new normal saat Indonesia masih di posisi menuju penstabilan. Protokol kesehatan tetap dijalankan, tes diperbanyak dan diperluas namun ekonomi tetap berjalan.

Kini pemulihan ekonomi sudah terlihat nyata saat hampir seluruh sektor bisnis kembali bergeliat dan aliran investasi cukup besar menurut laporan gubernur BI.

Namun bayang-bayang resesi masih terlihat dimana diprediksi puncak corona masih bakal terjadi di bulan Juli ini. Oleh sebab itu menkeu bakal menggenjot pemulihan ini dengan meningkatkan serapan belanja negara dengan fokus kebutuhan kesehatan dan stimulus ekonomi.

Selain itu gubernur BI terlihat optimis juga bahwa Indonesia bakal pulih pada kuartal ketiga 2020 ini. Hal ini berdasarkan analisis BI terhadap arus modal asing yang masih besar hingga saat ini. Kurs rupiah juga cenderung stabil walau berkali-kali memerah.

Kemudian selain itu optimisme pasar melihat dari stimulus makro ekonomi Indonesia masih lumayan baik. Hanya saja butuh waktu untuk bisnis yang berhubungan dengan regulasi seperti ekspor dan impor yang sampai saat ini masih tersendat.

Pemulihan ini bisa dilihat berdasarkan mulai menanjaknya seluruh sektor penopang IHSG, LQ45, dll. Kemudian perkasanya rupiah di beberapa pekan ke belakang juga menjadi optimisme pemerintah pandemi ini bisa teratasi dengan baik.

Kemudian soal corona ini beberapa ahli menyampaikan bahwa terus diupayakan akhir tahun ini vaksin bisa terdistribusi ke seluruh negara. Karena saat ini sudah masuk tahap akhir uji coba ke pasien positif corona.

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com