Moneyfazz
Home » Bisnis » 4 Tipe Peluang Bisnis 2020: Siapa Saja Bisa Melakukannya!

4 Tipe Peluang Bisnis 2020: Siapa Saja Bisa Melakukannya!

Peluang bisnis ada di mana-mana, tetapi tidak semua orang mampu melihatnya. Untuk sukses melaksanakan berbagai peluang bisnis 2020, setidaknya ada dua kategori yang wajib Anda kuasai, yaitu modal dan keterampilan. Lantas, bagaimana jika Anda hanya memiliki salah satunya, memiliki keduanya, atau bahkan tidak memiliki kedua-duanya?

Simak empat kategori berikut untuk memberikan gambaran jelas tentang masa depan bisnis Anda di 2020.

Tidak Punya Modal dan Tidak Punya Keterampilan

Jika Anda berada di kategori ini, target utama Anda adalah mencari ilmu. Ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu untuk menambah keterampilan atau menambah modal.

Pertama, Anda bisa menjadi seorang reseller. Bisnis ini membutuhkan modal yang relatif kecil sembari mendapatkan ilmu dari pemilik produk. Kalau ingin yang benar-benar tidak membutuhkan modal, cobalah menjadi dropshipper. Anda hanya perlu mencari konsumen dengan mempromosikan produk dan mendapatkan keuntungan tanpa harus menstok produknya terlebih dahulu.

Anda juga bisa bergabung dengan Multi Level Marketing atau MLM. Bisnis ini mewajibkan Anda untuk membangun jaringan secara agresif. Cara ini mengajarkan Anda untuk memiliki banyak kenalan dengan ilmu yang minim. Alternatif usaha yang bisa menambah modal dan keterampilan adalah dengan menjual produk asuransi atau produk jasa lainnya.

Tidak Punya Modal tetapi Punya Keterampilan

Jika Anda berada di kategori ini, target utama Anda adalah membuat orang mengenal Anda, yaitu dengan cara personal branding. Bentuk bisnis yang bisa Anda tawarkan dalam kategori ini adalah bisnis jasa. Jual keterampilan yang Anda punya dan bangun portofolio secara online agar calon klien bisa dengan mudah menemukan Anda.

Upaya lainnya, Anda bisa mulai memonetisasi keterampilan yang Anda miliki. Misalnya, jika memiliki keterampilan di bidang menulis, Anda bisa membangun jasa penulisan atau bergabung dengan agensi penyedia konten. Atau, jika Anda memiliki keterampilan di bidang pemasaran, coba mulai sebuah digital agency.

Hal ini tidak terbatas pada keterampilan-keterampilan masa kini, keterampilan berkualitas lainnya seperti dokter dan notaris juga bisa membangun personal branding agar jasanya lebih dipercaya lagi.

Memiliki Modal Tanpa Keterampilan

Jika Anda berada di kategori ini, maka target utama Anda adalah membeli keterampilan atau membeli bisnis. Jika modalnya mencukupi, cobalah membeli franchise bisnis yang sudah memiliki branding yang baik. 

Alternatif lainnya, Anda bisa menjual produk-produk yang Anda miliki secara online. Dengan modal lebih yang dimiliki, Anda bisa mengalokasikannya untuk membayar iklan secara online. Dengan begitu, peluang terjualnya produk Anda semakin tinggi.

Cara lainnya, Anda bisa melakukan bisnis efektif dengan cara partnership atau bekerja sama dengan orang lain yang Anda percaya. Dengan modal yang dimiliki, optimalkan pemasaran produk atau jasa tersebut bersama partner Anda.

Memiliki Modal dan Keterampilan

Jika Anda berada di kategori ini, maka target utama Anda adalah mencari “the best deal”. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan berinvestasi saham, tanpa bisnis. Jika Anda cukup terampil dan bermodal besar di pasar saham, peluang keuntungan yang bisa diperoleh tentu makin besar.

Anda juga bisa memulai sebuah start up company dengan tambahan modal keberanian dan rencana yang jelas. Alternatif lainnya, Anda bisa membeli business opportunity. Berbeda dengan franchise, seseorang dengan modal dan keterampilan, lebih baik membeli business opportunity. Pasalnya, Anda tidak akan dibatasi oleh sejumlah peraturan yang mengikat sehingga bisa mengembangkan bisnis secara lebih maksimal. 

Itulah empat tipe peluang bisnis 2020 yang bisa dilakukan siapa saja. Sebagai tambahan, berikut ini ada beberapa tips sukses dalam bisnis, terutama bagi yang baru memulai bisnis tanpa latar belakang yang mendukung.

3 Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

Sebenarnya, siapapun bisa menjalankan bisnis. Tidak jauh berbeda dengan melamar pekerjaan, ketika Anda datang ke sebuah perusahaan dan melakukan sesi wawancara, tentunya Anda sudah memiliki sebuah modal. Entah itu modal gelar sarjana, modal visi Anda, atau modal-modal lainnya. Maka dari itu, sebagai calon pebisnis, Anda harus siap untuk menemukan modal Anda.

Berikut adalah tiga tips untuk para pebisnis pemula yang hendak memulai bisnisnya di 2020.

1. Miliki Visi yang Jelas

Tentukan apa ingin dilakukan untuk bisnis Anda. Hal ini menentukan kesuksesan bisnis Anda dan diri Anda sendiri. Anda memang tidak memiliki jam kerja dan atasan, tetapi bos Anda adalah impian Anda sendiri. Tanpanya, Anda tidak bisa membawa bisnis ke mana-mana.

2. Berani Membuat Keputusan

Banyak orang yang memiliki rencana bisnis tanpa ada realisasi dan eksekusi. Beranilah dalam memulai bisnis dan membuat keputusan. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus berani dan jangan takut untuk rugi. Dalam berbisnis, kerugian itu merupakan sebuah keuntungan karena merupakan pembelajaran.

3. Miliki Seorang Mentor

Anda bisa saja memulai bisnis sendiri, meraba-raba sembari terus bangkit dari kegagalan. Namun, akan lebih baik jika Anda memiliki seorang mentor. Dengan berbagai diskusi dan proses pembelajaran bersama mentor, Anda bisa mengurangi trial dan error dalam menjalani bisnis yang baru dimulai.

Nah, itulah empat tipe peluang bisnis 2020 yang bisa Anda lakukan beserta tips memulai bisnis yang praktis. Setelah memahami hal-hal tersebut, pastikan Anda tidak mundur, maju terus, dan berani dalam mengambil keputusan-keputusan bijak untuk mencapai suksesnya bisnis Anda. Selamat mencoba!

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com