Moneyfazz
Home » Berita Utama » Pemerintah Imbau Masyarakat Contoh Aceh Dalam Penanganan Covid-19

Pemerintah Imbau Masyarakat Contoh Aceh Dalam Penanganan Covid-19

Pemerintah memberikan apresiasi kepada Provinsi Aceh dalam penekanan penyebaran virus corona di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto. Yuri juga mengajak daerah lain untuk meniru Aceh dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. 

Dalam penjelasannya Yuri mengimbau, agar pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi adanya potensi penularan virus baru dari luar Aceh.

Untuk itu pemerintah juga mengajak agar warga Aceh ikut menerapkan New Normal dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun hingga tetap melakukan physical distancing.

“Bukan kita tolak, tapi kita awasi bersama dan kita ingatkan secara bersama-sama. Bahwa kalau kemudian pola hidup (new normal) yang baru ini diterapkan nanti bisa muncul kasus baru lagi,” ungkap Yuri (24/5/2020).

Lebih lanjut Yuri mengimbau, agar daerah lain  dapat meniru apa yang telah dilakukan Provinsi Aceh. Meski begitu setiap daerah tentu memiliki dinamika berbeda.

Namun Yuri percaya bahwa dalam pandemi ini, peran serta tokoh masyarakat yang memiliki wibawa dan dihormati di suatu wilayah menjadi kunci keberhasilan memerangi virus corona.

“Kunci penyelesaian masalah (Covid-19) ini ada di masyarakat. Pemerintah hanya membuat pedoman, ketentuan, anjuran dan ini tidak akan ada hasilnya kalau masyarakat tidak patuh. Kalau masyarakat yang patuh pasti akan bagus. Aceh adalah salah satu provinsi yang luar biasa masyarakatnya patuh,” tambah Yuri.

Menurut Yuri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh-tokoh lainnya di Aceh menjadi kunci keberhasilan dalam memberi edukasi dan pemahaman kepada masyarakat.

Jadi bisa menerapkan Apa yang sebaiknya menjadi langkah untuk pencegahan penularan virus corona. Apalagi di sisi lain masyarakat Aceh masih sangat patuh kepada tokoh-tokoh masyarakatnya.

Provinsi Aceh menjadi salah satu daerah yang tidak melaporkan sama sekali adanya penambahan kasus corona pada beberapa hari terakhir.

Untuk update kasus Corona di Aceh per Minggu(24/5) hanya ada 19 kasus. Dimana 17 kasus sudah dinyatakan sembuh, satu orang masih dalam perawatan intensif dan satu orang lagi dinyatakan meninggal dunia.

Untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.013 orang, 58 orang masih dalam proses pemantauan dan 1.955 orang sudah selesai dipantau.

Lalu untuk pasien dalam pengawasan (PDP) dilaporkan ada sebanyak 101 orang. Dengan rincian 100 orang sudah dipulangkan dalam keadaan sehat dan satu orang lagi dinyatakan meninggal dunia.

Data ini terhitung sejak laporan pertama kasus positif Covid-19 di Aceh pada 25 Maret 2020 lalu. Dan dinyatakan sebagai kasus ke- 826 secara nasional.

Sementara untuk update kasus corona secara nasional per Minggu, 24 Mei  2020 untuk kasus positif ada 22.271 orang. Sementara untuk pasien yang dinyatakan sembuh ada 5.402 orang.

Lalu untuk pasien yang dinyatakan meninggal dunia ada 1.372 orang.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com