Moneyfazz
APA ITU JOINT VENTURE
Home » Istilah Finansial » Pengertian Joint Venture, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Joint Venture, Manfaat, dan Contohnya

Dalam dunia bisnis, terkadang ada kalanya akan tiba suatu masa-masa sulit di mana bisnis akan kekurangan dana atau teknologi. Masa-masa sulit ini biasanya akan terjadi selama diversifikasi produk tengah melakukan ekspansi menuju pasar baru. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan joint venture sebagai solusinya.

Sebenarnya, istilah ini sudah cukup sering digunakan untuk menggambarkan kerja sama bisnis yang dilakukan antara perusahaan. Umumnya, hubungan kerja sama ini terjalin antara perusahaan asing dan perusahaan lokal guna membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan. Lalu, apa itu joint venture?

Pengertian Joint Venture

Secara sederhana, joint venture adalah usaha bisnis yang didirikan dan dikelola oleh dua orang atau lebih guna memperoleh keuntungan bersama. Jika dibandingkan dengan CV, ciri-ciri joint venture memiliki jangka waktu yang relatif lebih singkat. Sementara itu, jumlah pihak yang bekerja sama dalam hal ini lebih banyak dibanding dengan kemitraan atau partnership.

Kerja sama ini paling baik dilakukan saat sebuah bisnis hendak melebarkan sayapnya. Anda juga dapat melakukan kerja sama ini dengan perusahaan-perusahaan asing yang  hendak menanamkan modalnya.

Ada beberapa jenis perusahaan yang wajib melakukan kerja sama jenis ini. Seperti misalnya, perusahaan telekomunikasi, pelayanan, penerbangan, kereta api, dan masih banyak lagi. Namun, ada juga bisnis yang dilarang untuk menggunakan sistem kerja sama ini. Seperti halnya bisnis peralatan perang, produksi senjata, alat peledakkan, dan lain sebagainya.

Manfaat Joint Venture

Kerja sama antara dua belah pihak ini dapat mendatangkan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain yaitu:

  • Dapat menggabungkan keahlian dan saling melengkapi keahlian masing-masing pihak
  • Potensi keberhasilan usaha semakin meningkat dengan adanya penggabungan sumber daya
  • Uang yang digunakan untuk strategi bisnis akan semakin hemat

Hal yang Harus Diperhatikan

Dalam melakukan kontrak joint venture, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal-hal tersebut di antaranya adalah:

  • Memiliki tujuan khusus yang disepakati bersama
  • Ada kesepakatan khusus, seperti hak, kewajiban, dan pembagian rasio laba rugi yang disetujui dalam bentuk tertulis
  • Memiliki durasi waktu tertentu yang disetujui kedua belah pihak
  • Membuat perjanjian pembagian keuntungan secara jelas
  • Memiliki struktur usaha yang jelas

Contoh Joint Venture

Di Indonesia, contoh perusahaan yang melakukan kerja sama ini sudah cukup banyak. Contoh joint venture adalah sebagai berikut:

Asus dan Gigabyte

Dengan adanya persaingan bisnis yang semakin ketat dalam produksi perangkat keras, Asus akhirnya memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan Gigabyte. Mereka bekerja sama guna membuat strategi baru dalam memasarkan dan memproduksi graphics card dan motherboard. Kerja sama ini dilakukan sejak tahun 2017.

Sharp dan Sony

Sony dan Sharp pada akhirnya sepakat untuk melakukan kerja sama dalam hal produksi dan pemasaran modul LCD dan panel LCD. Bentuk kerjasama ini secara efektif sudah dimulai pada 30 September 2018.

PT. Pusri dan NPCI

Di Indonesia, PT. Pusri juga bersepakat untuk melakukan kerja sama dengan NPCI. Kerja sama ini bertujuan untuk membangun pabrik pupuk dengan kapasitas 1,14 juta ton untuk setiap tahunnya. Dalam kerja sama ini, pihak Pusri menanamkan sahamnya sebesar USD 97 juta.Untuk dapat melewati masa-masa sulit dalam suatu bisnis, ada kalanya perusahaan perlu melakukan joint venture. Dengan melakukan kerja sama ini, perusahaan dapat memperoleh banyak manfaat.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com