Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Lebih Praktis, Begini Cara Perpanjang SIM Online

Selain harus melengkapi surat kepemilikan dari suatu kendaraan, pengemudi juga wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk menunjukkan kelayakan mereka dalam mengendarai mobil atau motor. Tanpa surat ini, seorang pengemudi tentunya bisa dikenakan tilang karena dianggap telah melanggar hukum yang berlaku. 

Dasar hukum untuk SIM sendiri tercantum pada UU No. 2 Tahun 2002 Pasal 14 ayat (1) b dan Pasal 15 ayat (2) c, serta Peraturan Pemerintah No. 44/1993 Pasal 216. Seperti dikutip dari situs resmi POLRI tentang SIM, surat ini merupakan bukti registrasi identifikasi yang diterbitkan oleh POLRI kepada pengemudi yang dinilai sudah memenuhi semua persyaratan administrasi, dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani, dan lulus serangkaian tes seputar uji teori dan praktik tentang peraturan lalu lintas dan keterampilan mengendarai kendaraan bermotor. 

Karena masa berlaku untuk SIM adalah 5 tahun, Anda wajib melakukan perpanjangan surat tersebut setiap 5 tahun sekali. Dalam hal ini, proses perpanjangan SIM sering dikeluhkan masyarakat karena memiliki alur yang berbelit dan antrean yang panjang. Beruntung, kini cara perpanjang SIM online sudah tersedia. Untuk itu, simak cara lengkap perpanjang SIM online berikut ini. 

Bagaimana Cara Perpanjang SIM Online?

Perpanjangan SIM online tentunya jadi angin segar bagi para pengemudi yang sering kesulitan menyisihkan waktu untuk mengantre lama di kantor polisi. Namun, perlu digarisbawahi bahwa proses perpanjangan SIM secara daring tidak akan serta-merta membuat Anda memiliki SIM baru. 

Hal ini karena cara perpanjang SIM online hanya akan memberi Anda akses ke form isian yang nantinya bakal dipakai untuk validasi data pengajuan SIM baru. Setelah rampung mengisi form tersebut di portal resmi POLRI, Anda pun harus mendatangi fasilitas perpanjangan SIM yang dikelola oleh Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM). 

Tempat Validasi Data SIM Online 

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa Anda datangi setelah selesai mengisi formulir perpanjangan SIM di portal resmi POLRI.

Gerai SIM 

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait pengurusan perpanjangan SIM yang mudah dan praktis, pihak kepolisian telah membuka gerai SIM di pusat-pusat keramaian publik. Gerai SIM ini biasanya buka di pusat perbelanjaan, alun-alun kota, atau tempat keramaian lainnya. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa gerai SIM tidak melayani pembuatan SIM baru dan hanya akan melayani perpanjangan SIM A dan C.

SIM Keliling

Setelah mengakses formulir perpanjangan SIM di portal resmi POLRI, lakukan validasi data di fasilitas SIM Keliling yang berada di sekitar lokasi Anda. Fasilitas SIM Keliling sendiri berupa mobil yang dirancang khusus untuk melayani keperluan perpanjangan SIM. Selain itu, seperti yang telah dijelaskan pada gerai SIM, Anda tidak dapat mengurus SIM baru di fasilitas ini, melainkan cuma bisa melakukan perpanjangan SIM A dan C. Jika ingin mendaftarkan SIM baru, Anda tetap harus mendatangi kantor Satpas. 

Step-by-Step Cara Perpanjang SIM Online

Setelah tahu di mana Anda bisa melakukan validasi data, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan perpanjangan SIM online melalui portal resmi kepolisian. 

  1. Buka http://sim.korlantas.polri.go.id/
  2. Klik menu pendaftaran SIM online untuk tahu informasi detail terkait hal tersebut. Halaman itu umumnya juga menyediakan informasi tentang lokasi Satpas di area Anda. Jika sudah membaca semua petunjuk yang diberikan, pilih Lanjut untuk menuju halaman berikutnya.
  3. Di layar, Anda akan melihat tampilan formulir Data Permohonan. Pada form tersebut, isi dengan informasi “Perpanjangan SIM”, dan data pendukung lainnya. Anda juga akan diminta untuk memasukkan informasi tentang pilihan lokasi validasi data. Pastikan bahwa Anda mengisinya dengan saksama karena validasi data di luar lokasi yang sudah dipilih tidak akan dilayani.
  4. Cek lagi apakah semua data sudah benar, dan kemudian klik Lanjut.
  5. Pada tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi. Jika sudah diisi, pilih tombol Lanjut.
  6. Anda pun akan dibawa ke halaman “Data Keadaan Darurat Dapat Dihubungi” yang berisi keterangan seputar kontak yang bisa dihubungi dalam kondisi darurat, serta data sertifikasi yang menyangkut pernah atau tidaknya Anda mengikuti kursus mengemudi. Isi semua informasi yang diminta dan lanjutkan dengan “Konfirmasi Data Input”.
  7. Setelah dapat email konfirmasi yang menjadi bukti pendaftaran SIM online, pergi ke ATM untuk mentransfer jumlah tagihan perpanjangan SIM ke Korlantas Polri.

Setelah menyelesaikan alur perpanjangan SIM online tersebut, datangi kantor Satpas yang lokasinya telah Anda pilih sebelumnya. Bawa juga beberapa dokumen berikut: KTP, SIM lama dan fotokopinya, surat keterangan sehat yang didapat dari dokter mata setempat, bukti pendaftaran online dan struk pelunasan perpanjangan SIM.

Pada tahap berikutnya, Anda akan melalui beberapa proses, termasuk pengambilan foto untuk SIM yang baru, merekam sidik jari, dan yang terakhir tentunya mengambil SIM baru yang sudah jadi.

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.