Moneyfazz
Kenali Berbagai Jenis Pinjaman dan Syarat Melakukan Pinjaman di Pegadaian
Home » Pinjaman Online » Pinjaman di Pegadaian: Syarat dan Kenali Berbagai Jenis Pinjaman

Pinjaman di Pegadaian: Syarat dan Kenali Berbagai Jenis Pinjaman

Pegadaian hadir sebagai BUMN sektor keuangan yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam instrumen keuangan tertentu. Menurut fungsinya, setidaknya Pegadaian mempunyai tiga lini bisnis utama. Pertama adalah pembiayaan, lalu ada emas, dan terakhir adalah jasa. Nah dari ketiga lini bisnis tersebut, salah satu yang paling diminati oleh masyarakat adalah pembiayaan.

Di dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa jenis pinjaman pembiayaan yang ada di Pegadaian. Tidak hanya itu kita akan juga akan membahas bagaimana syarat melakukan pinjaman tersebut. Nantinya Anda bisa memilih jenis pinjaman sesuai dengan kebutuhan yang ingin Anda rasakan.

Kredit, Cepat dan Aman

Kredit, Cepat dan Aman
pixabay.com

Produk pinjaman pertama yang bisa Anda gunakan adalah Produk Kredit, Cepat, dan Aman atau KCA. Kredit agunan ini merupakan salah satu andalan dari Pegadaian, yaitu Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga yang sangat rendah dan menguntungkan. Bunga yang Anda dapatkan selama masa pinjaman diberikan setelah 15 hari, yaitu sebesar 0,75%. Tentu sangat menguntungkan jika ternyata Anda bisa mengembalikan di bawah 15 hari. Jangka waktu pinjaman paling lama 4 bulan dengan maksimal uang pinjaman adalah 5 miliar rupiah.

Syarat-syarat mengajukan KCA adalah:

  • Menyerahkan jaminan yang berupa barang berharga (misalnya emas, barang berharga atau surat penting kendaraan, mobil, motor, laptop, ponsel, dan peralatan elektronik lainnya).
  • Fotokopi KTP calon nasabah ataupun identitas diri lainnya yang masih berlaku.
  • Jika barang yang dijaminkan adalah kendaraan, maka harus membawa STNK dan BPKB asli.
  • Nasabah harus menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).

Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai

Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai
pixabay.com

Jika sebelumnya diperuntukkan untuk masyarakat umum, maka kali ini Pegadaian mempunyai produk khusus Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. Produk Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai atau Krasida adalah kredit angsuran bulanan berupa uang tunai dengan sistem gadai tetapi pembayarannya bisa dengan sistem kredit.

Fungsi utama Krasida adalah untuk mengembangkan usaha dengan sistem kredit yang tidak memberatkan pelaku usaha. Dengan begitu pelaku usaha bisa langsung mengembangkan usahanya dengan mudah dan praktis.

Beberapa hal yang harus diketahui tentang Krasida adalah tarif sewa bunga adalah 1,25% per bulannya. Jangka waktu pengembalian mulai 6 bulan sampai 34 bulan. Kemudian sewa pinjaman ini mulai dari 1 juta sampai maksimal 250 juta.

Syarat pengajuan:

  • Fotokopi KTP dan KK (Kartu Keluarga).
  • Menyerahkan agunan atau jaminan berupa barang berharga (misalnya emas, barang berharga atau surat penting kendaraan, mobil, motor, laptop, ponsel, dan peralatan elektronik lainnya).
  • Untuk agunan berupa kendaraan bermotor, harap dilengkapi dengan dokumen kepemilikan sah (BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian).

KCA Prima

KCA Prima
pixabay.com

Ada KCA biasa lalu ada KCA Prima. Apa bedanya KCA biasa dengan KCA Prima? KCA Prima ini merupakan produk unggulan dari Pegadaian yang mengizinkan nasabah mendapatkan pinjaman dengan bunga 0% dalam jangka waktu 60 hari. Tetapi pinjamannya cukup rendah, yaitu mulai dari 50 ribu sampai 500 ribu. Kemudian beberapa agunan yang bisa digunakan adalah emas, mobil, laptop, kamera, televisi dan ponsel.

Jika Anda merasa bahwa 60 hari atau 2 bulan adalah waktu yang singkat. Anda bisa memperpanjang waktu tenor dengan mengunjungi cabang Pegadaian terdekat.

Kreasi Fleksi

Selanjutnya ada produk Kreasi Fleksi. Ini adalah produk pinjaman yang dikeluarkan oleh Pegadaian petani ataupun non petani. Dikhususkan untuk petani, Kreasi Fleksi ini bisa menggunakan agunan berupa kendaraan, emas, alat produksi, ataupun persediaan yang dimiliki oleh petani. Kemudian waktu pinjaman maksimal 6 bulan dengan cara pembayaran 1 kali atau berkala per bulan.

Syarat mengajukan kredit:

  • Untuk masyarakat petani maupun non-petani
  • Fotokopi KTP dan KK (Kartu Keluarga)
  • Memiliki jaminan berupa kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian) atau bukti faktur pembelian barang, emas, alat produksi, ataupun persediaan.

Sekarang Anda sudah mengetahui beberapa jenis pinjaman pembiayaan yang dimiliki oleh Pegadaian. Jika Anda kurang paham atau ada pertanyaan seputar pinjaman di Pegadaian, tidak perlu khawatir. Pegadaian hampir mempunyai kantor perwakilan di setiap kota-kota besar dan daerah di Indonesia.

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com