Moneyfazz
Home » Berita Utama » Positif Corona Jatim Meningkat, Tembus Angka 3.095

Positif Corona Jatim Meningkat, Tembus Angka 3.095

Kasus positif corona di Jawa Timur kembali mengalami peningkatan. Ada sebanyak 159 pertambahan kasus pada Jumat (22/5/2020) hingga total kasus terinfeksi virus sebanyak 3.095 orang.

Dari jumlah ini total pasien yang dirawat sebanyak 2.385 orang.

Terkait hal tersebut, disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, “Hari ini tambah 159 pasien,” ungkapnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat(22/5/2020).

Dari total penambahan 159 orang itu, tersebar di beberapa wilayah. 51 orang di Surabaya, 27 orang di Sidoarjo, sebanyak 28 orang di Gresik, 3 orang di Kabupaten Madiun, 1 di kota Batu, 18 di Kabupaten Kediri dan 1 orang di Jombang.

Lalu sebanyak 1 orang di Kota Kediri, 4 orang di Magetan, 2 Kabupaten di Mojokerto, 22 di kabupaten Malang, 21 orang di Kota Mojokerto, 3 orang di Nganjuk, 4 orang di Pacitan, 1 orang di Bangkalan dan 2 ABK Kapal.

Sementara untuk pasien sembuh mengalami penambahan sebanyak 13 orang.

Dari penambahan tersebut, jumlah pasien yang sembuh di Jawa Timur hingga saat ini sebanyak 426 orang. Menurut Khofifah pertambahan ini cukup signifikan.

Untuk pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia juga mengalami pertambahan sebanyak 15 kasus. Jadi totalnya ada ada 273 kasus meninggal dunia di Jawa Timur.

Lebih lanjut Khofifah menyatakan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) di Jawa Timur saat ini ada sebanyak 5.499 pasien.

2.947 pasien yang masih diawasi dan 2.471 pasien sudah selesai diawasi atau sudah sembuh, 531 pasien lainnya meninggal dunia.

Untuk orang dalam pantauan (ODP) ada sebanyak 23.423 orang, 4.046 masih dipantau 19.283 selesai dipantau, meninggal dunia sebanyak 94 orang.

Dari peningkatan ini, Khofifah juga menyampaikan akan memaksimalkan kapasitas rumah sakit darurat atau rumah sakit lapangan.

Saat ini, Rumah Sakit Lapangan untuk penanganan Covid-19 Jawa Timur yang didirikan di Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Jalan Indrapura Surabaya memiliki kapasitas yang dimaksimalkan hingga 500 orang.

Rencananya rumah sakit ini akan diperuntukkan bagi pasien positif Covid-19 baru dengan kategori ringan.

Meski begitu, walau RS Lapangan diperuntukkan bagi pasien corona dengan kategori ringan, untuk kelengkapan alat medis, keamanan dan keselamatan tenaga medis tetap menjadi perhatian khusus.

Sampai saat ini sudah disiapkan 4 buah ventilator dan ribuan APD untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bahkan disediakan pula kamar khusus untuk tenaga kesehatan dan keluarganya di rumah sakit ini.

Rumah Sakit Lapangan dibangun dengan 2 basis utama yaitu gedung dan juga tenda.

Sementara untuk ketersediaan tenaga kesehatan, Pemprov Jatim bersama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), melakukan perekrutan tenaga relawan untuk pelayanan medis bagi pasien di Jawa Timur.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com