Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Profil dan Review Stockbit, Aplikasi Investasi Saham Populer

Hadirnya Stockbit semakin meramaikan persaingan bisnis investasi saham di Indonesia. Perusahaan startup ini telah memberikan warna baru dengan tampilan yang lebih eksklusif. Performa Stockbit juga bersinar, terbukti dari profil dan review Stockbit yang menunjukkan tren pertumbuhan.

Aplikasi investasi saham besutan Stockbit juga cukup digemari generasi milenial, karena tampilannya yang eye catching, menarik, dan enak dipandang mata. Informasinya juga tersusun dengan rapi sehingga investor mudah memahaminya.  Anda tentu penasaran dengan profilnya. Berikut review Stockbit selengkapnya.

Profil Stockbit

Lahir dari dua anak muda kreatif, Wellson Lo dan Johny Susanto, Stockbit tumbuh menjadi startup powerful yang ikut bermain di pasar saham profesional. Dalam kancah trading saham Indonesia, Stockbit dikenal sebagai platform analisis sosial untuk para trader dan investor saham.

Startup yang didirikan pada 2013 ini sejak awal mendapatkan suntikan dana investasi melalui joint venture dengan Ideosource. Melalui ventura lokal inilah Stockbit mulai masuk ke perangkat mobile. Modal dari  Ideosource juga digunakan untuk mengembangkan produk, memperluas marketing, serta recruitment.

Aplikasi Stockbit telah banyak dimanfaatkan investor sebagai alat analisis ketika mereka membuat keputusan investasi. Melalui startup ini, masyarakat didorong untuk melakukan riset dan analisa dalam perdagangan saham. Profil dan review milik Stockbit bisa menjadi referensi Anda.

Anda juga bisa menyimpan semua riset dan analisis secara online. Berbagai pilihan baru tersedia khususnya untuk investor retail, mulai data finansial, fitur saham, aplikasi chatting, serta indikator lainnya secara realtime. Disini, Anda didorong untuk bisa membuat keputusan investasi secara profesional.

Melalui aplikasi trading saham Stockbit, Anda bisa memantau pasar saham, kapan dan dimana saja. Anda juga bisa mendiskusikan berbagai hal tentang pasar saham secara realtime melalui platform medsos Stockbit yang tersedia.

Yang paling menarik, Anda bisa dan mengikuti kegiatan investor lain dari dalam platform. Inilah platform pertama di Indonesia, dimana Anda bisa berkomunikasi dengan sesama investor dari seluruh Indonesia.

Stockbit juga menjadi salah satu pelopor penyedia data berkualitas dan teknologi yang mudah diakses guna mendukung platform analisis online-nya. Dengan dukungan data dan teknologi terbaru, startup ini berkomitmen untuk merevitalisasi pasar saham dalam jangka panjang.

Stockbit memiliki fitur-fitur yang tidak kalah canggih dengan fitur punya Bloomberg. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan harga yang terjangkau. Sejalan dengan visinya untuk menyediakan platform terintegrasi, Stockbit mengajak investor Indonesia untuk maju bersama membangun pasar saham lokal.

Review Stockbit

Menurut sebuah laporan, sekitar 70% aplikasi investasi masih cukup sulit dipahami oleh trader pemula. Namun, tidak dengan aplikasi di Stockbit karena tersedia panduan dan technical support.  Fitur-fiturnya juga mudah dipahami oleh investor pemula sekalipun.

Review startup Stockbit berikut ini mengulas secara lengkap tentang fitur-fitur yang ada di Stockbit beserta kelebihannya. Fitur Stockbit akan dibagi menjadi 4 menu utama.

  1. Menu Stream

Menu Stream memiliki dua submenu yang menjabarkan Menu Stream secara komprehensif.

  • Update Status

Karena didesain layaknya media sosial (medsos), para pengguna aplikasi Stockbit juga bisa melakukan update status. Disarankan agar Anda rutin melakukan update status. Sebab, jika update status Anda bermanfaat bagi investor lain. Anda berpeluang mendapatkan tips dari investor lain.

Untuk update status, Anda harus menyesuaikan dengan beberapa kategori (issue), misalnya news, report, opini, prediksi, dan lain-lain. Pilihlah kategori yang sesuai dengan isu paling hangat di trading saham.

  • Chatting

Inilah salah satu daya tarik yang dimiliki Stockbit. Menggali informasi tentang pasar saham tidak hanya dari data review Stockbit terbaru, namun juga bisa dilakukan melalui live chat.

Dengan fasilitas ini, Anda sebagai pengguna bisa berkomunikasi dengan investor lain dalam platform Stockbit. Fitur ini memungkinkan Anda untuk live chat dengan sesama investor. Anda akan mendapatkan banyak hal, belajar tentang saham dari investor lain, dan sebagainya.

  1. Menu Analysis

Ada beberapa submenu dalam kategori Analysis yang perlu Anda pahami.

  • Watchlist

Anda perlu lebih sering memantau pergerakan harga saham yang ada di dashboard melalui fitur Watchlist. Anda juga akan lebih mudah melakukan aktivitas jual beli karena terdapat shortcut buy/sell.

Di menu Watchlist ini, Anda juga bisa berkreasi, misalnya menambah sub-sub watchlist. Anda bebas memberi nama kategori tersebut sesuai yang diinginkan.

  • Chartbit

Ada fitur grafik harga saham yang bisa Anda saksikan secara realtime. Menu grafik ini disajikan dalam bentuk candle chart dan data untuk mempermudah investor melakukan analisis perkembangan harga saham.

Stockbit juga menyediakan fitur technical analysis yang memungkinkan Anda membuat rumus dan analisa sendiri. Melalui fitur ini, Anda bisa langsung mencari jenis saham yang akan ditampilkan di dashboard.

  • Bandarmologi

Bagi para penggiat scalper, fitur ini menjadi idola mereka. Melalui fitur ini, Stockbit bisa mendeteksi ketika ada investor besar memborong saham. Karena aktivitas pembelian ini, saham berpotensi naik secara signifikan.

Bandarmologi punya dua indikator, yakni Akumulasi dan Distribusi. Anda bisa melihat para investor besar sedang melakukan aktivitas beli saham melalui indikator Distribusi. Dengan fitur ini, Anda bisa memprediksi tentang harga saham (naik atau turun).

Ada juga broker summary yang men-display 10 sekuritas terbaik yang melakukan aktivitas jual-beli saham melalui Stockbit.

  • Hotlist

Untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi seputar perkembangan harga saham, bukalah fitur Hotlist. Fitur ini didesain agar para investor mengetahui saham-saham yang mengalami kenaikan/penurunan paling tajam.

  • Orderbook

Untuk investor yang ingin melihat secara real time jumlah supply and demand di setiap saham perusahaan, bisa membuka fitur Orderbook. Anda bisa membuat berbagai kategori yang diberi nama bebas sesuai keinginan.

Kategori tersebut dapat disimpan dan dapat dibuka kapan saja, terutama ketika Anda perlu memantau transaksi saham pilihan Anda.  

  • Valuasi

Untuk Anda yang ingin mengetahui jumlah besaran valuasi di sebuah perusahaan dan ingin membandingkannya dengan perusahaan-perusahaan lain, silahkan buka menu Valuasi.

  • Finansial

Fitur Finansial akan mempermudah Anda menganalisa laporan keuangan (emiten). Umumnya, laporan keuangan tersebut ditampilkan per periode 4 bulanan, Tahunan, atau 3 Tahunan. Ada juga Key Ratio yang berfungsi menganalisa perbandingan laporan keuangan.

  • Key Stat

Key Stat berisi analisa lebih detail yang membahas tentang rasio emiten saham. Semua fitur rasio dapat Anda temukan di menu ini, bisa berupa analisa mingguan atau bulanan.

  • Profile

Stockbit menyediakan menu informasi terkait profile dan gambaran umum Stockbit, yang bisa Anda dapatkan di fitur Profile. Bahkan, Anda bisa mendapatkan informasi tentang nama-nama pejabat di dalamnya.

Di fitur Profil, Anda juga bisa memperoleh informasi tentang peredaran saham, nama pemegangnya, serta gambaran perusahaannya.

  • Seasonality

Anda akan terbantu dengan fitur Seasonality jika ingin mengetahui trend suatu emiten. Tren ini mengacu pada kecenderungan kondisi harga (naik/turun) di bulan-bulan tertentu.

  1. Menu Screener

Dalam melihat perkembangan emiten, Anda butuh filter agar tidak kesulitan memilih emiten yang sesuai dengan keinginan Anda. Saat ini, jumlah emiten di Bursa Efek Indonesia (BSI) mencapai ratusan, bahkan ribuan emiten. Tentu, Anda sangat tidak mungkin untuk memilih satu per satu.

Disinilah perlunya Screener (penyaring) yang akan memfilter emiten sesuai karakteristik yang Anda butuhkan. Dan, Anda dapat menyesuaikan karakteristik tersebut berdasarkan fundamental dan teknis.  

  1. Menu Optional Feature

Menu ini memuat dua hal penting yang perlu dipahami dengan baik oleh setiap investor di Stockbit.

  • Price Alert

Bagi investor yang hanya punya waktu terbatas, menu Price Alert sangat penting dan berguna. Sebab, dengan menu ini, investor akan mendapatkan peringatan (alert) saat harga saham emiten memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.  

  • Helpdesk

Stockbit banyak diminati investor karena memiliki pelayanan prima kepada penggunanya. Aplikasi Helpdesk, misalnya, paling disukai investor di perusahaan startup ini karena menyediakan fitur live chart.

Tim CSO Stockbit siap membantu customer jika ada kesulitan atau terjadi kendala di lapangan. Investor dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan tentang apapun yang belum dipahami.

Inilah yang membedakan aplikasi Helpdesk di Stockbit dengan aplikasi Helpdesk di tempat lain. Tim CSO sangat responsif dan dengan ramah menjawab seluruh kesulitan yang dialami pengguna.

Sebagai kesimpulan dari pembahasan profil dan review lengkap Stockbit ini. Untuk Anda yang ingin berdiskusi dan bertukar informasi seputar investasi saham, Stockbit tempat yang paling tepat.

Anda akan mendapatkan ide investasi yang brilian dari hasil diskusi para investor berpengalaman. Anda juga akan selalu mendapatkan berita dan informasi yang paling update. Untuk Anda yang berminat investasi saham, profil dan review Stockbit bisa membantu Anda. 

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.