Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Proyeksi Emas Bakal Jadi Safe Haven Kala Value Rupiah Anjlok

Kondisi perekonomian belum ada jaminan untuk kembali pulih membuat para pelaku pasar biasanya akan beralih memilih emas sebagai safe haven. Hal ini karena sifat-sifat ekonomi emas yang memang dapat diperuntukkan untuk investasi jangka panjang.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia saat ini oleh IMF sangat kecil sekali akibat krisis oleh corona. Belum sembuh dari krisis tahun 2008-2009 lalu, krisis corona ini melanda dan membuat kontraksi kembali lebih dalam.

Akibat corona ini lebih dari 44 juta jiwa menganggur di Amerika dan membuat ekonomi di Negeri Paman Sam menurun. Tak hanya di negara Adidaya tersebut, negara lain pun juga sama malah ada yang lebih parah lagi.

Sedang di region Asia Indonesia saat ini menjadi sorotan setelah sebelumnya digadang-gadang ekonomi bakal tumbuh lebih cepat.

Jumlah kasus corona saat ini terhitung tinggi dan belum ada penurunan, hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran pelaku pasar. Walaupun bisnis sudah kembali beroperasi namun apabila terpaksa akibat tingginya jumlah kasus bisa saja Indonesia kembali di lockdown.

Berdasarkan kekhawatiran yang dipicu masalah tersebut. Potensi emas menguat kembali semakin tinggi.

Di pasar spot emas beberapa hari terakhir harganya semakin melonjak. Melihat data historis semakin tahun emas harganya semakin tinggi. Dari data 5 tahunan emas jauh melonjak dari posisi 28 Juni 2015 di level harga USD $1.161/troy onz, pada hari ini melonjak di harga USD $1.766/troy onz.

Prediksi akhir tahun emas bakal mencoba menembus harga terdekat di level USD $2.000/troy onz. Apabila resesi ekonomi dunia semakin jelas bukannya tidak mungkin emas akan mudah sampai ke harga tersebut.

Sedangkan prediksi tergila saat ini untuk harga emas dunia bakal melambung sampai dei harga USD $10.000/troy onz. Prediksi tersebut digagas oleh pendiri Myrmikan Capital, Dan Oliver.

Terkait prediksinya Oliver mengatakan bahwa emas saya lihat bisa sangat tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini berdasarkan analisis yang dilakukan olehnya terkait neraca bank sentral AS.

Sedangkan dalam negeri emas Antam pada hari ini naik di harga Rp. 910.000 untuk ukuran 1 gramnya sedangkan untuk ukuran 100 gram dijual seharga Rp. 849.120/gr.

Sebelumnya emas antam sempat anjlok kembali ke level harga Rp. 700.000/gram untuk ukuran 100 gram akibat penguatan rupiah.

Sedangkan beberapa hari terakhir rupiah sulit menguat sedangkan emas dunia kian hari kian melonjak.

Dengan melihat sentimen yang mempengaruhi rupiah hari ini rupiah sulit untuk menguat tajam seperti sebelumnya. Maka sangat dimungkinkan emas bakal naik tajam apabila rupiah tidak bisa mempertahankan keadaannya dan anjlok cukup dalam pada bulan-bulan berikutnya.