Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

PSBB Bodebek Akan Diperpanjang, 5 Kepala Daerah Minta KRL Disetop!

Covid 19 Poster with virus icon. Vector COVID-19 Awareness Poster

Jakarta – Kesepakatan 5 Kepala Daerah penyangga DKI Jakarta di Jawa Barat, yakni Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) untuk perpanjangan masa PSBB.

Seperti diketahui Pembatasan Sosial Berskala Besar Fase Pertama di Bodebek akan berakhir 2 hari lagi pada 28 April 2020 mendatang. Untuk itu para kepala daerah ini mengusulkan perpanjangan lagi masa PSBB selama 14 hari atau 2 pekan kedepan.
5 Kepala Daerah Bodebek ini menilai PSBB di Fase Pertama  sejak 15 April 2020 lalu masih kurang efektif dilakukan  terkait beberapa hal.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Ade Yasin selaku Bupati Bogor pada Minggu(26/04/2020) mengungkapkan, “Kita sepakat untuk perpanjang masa PSBB dilakukan secara serentak agar mudah dalam monitoring dan evaluasi”, ungkapnya.

Lebih lanjut Ade mengatakan, para kepala
daerah akan menyurati langsung Presiden Joko Widodo terkait PSBB agar berjalan sebagaimana mestinya. Ade menyampaikan ini setelah melakukan rapat bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, dan perwakilan Bupati Bekasi di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu(26/4).

Para kepala daerah Bodebek ini menganggap kesadaran warga yang masih rendah dan juga aturan hukum yang kurang jelas. Cukup kontradiktif antara regulasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Ini juga terkait dengan pabrik yang tetap beroperasi karena patokannya terhadap Peraturan Kementerian Perindustrian jadi peraturan kepala daerah tidak berlaku.

Selain itu, 5 kepala daerah Bodebek juga akan mengusulkan kembali penghentian sementara operasional KRL selama masa PSBB. KRL dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya masyarakat positif terpapar Covid-19. Ini dilihat dari data penumpang kereta, kasus positif pertama di Bojonggede asalnya dari kereta.

Seperti diketahui, sebelumnya 5 kepala daerah di Bodebek ini sudah mengusulkan untuk pemberhentian KRL sementara, dan telah dibalas dengan surat pemberitahuan dari Kemenhub Nomor : K.A207/1/2.PHB.2020 tentang Pengaturan Pembatasan Operasional KRL Jabodetabek.
Dalam surat tersebut, di point keempat dijelaskan pemberhentian KRL tidak mungkin dilakukan meski dalam situasi PSBB.

Hingga saat ini PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih tetap beroperasi dengan pola operasi yang sama sejak diberlakukannya PSBB di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Di sisi lain, untuk perjalanan kereta api jarak jauh telah dihentikan seiring diberlakukannya larangan mudik oleh pemerintah per tanggal 24 April 2020.

Sementara itu untuk peta penyebaran terkini Covid-19 di Bodebek per Jumat, 24/4/2020 untuk kota Depok adalah yang tertinggi di Jawa Barat yaitu di angka 231 kasus, ditinjau dari laman cc-19.depok.go.id. Kemudian untuk kota Bekasi sebanyak 214 kasus positif Covid-19 dari data laman corona.bekasikota.go.id.

Kabupaten Bekasi sebanyak 63 kasus positif corona dihimpun dari pikokabsi.bekasikab.go.id.  Dari laman covid-19.bogorkab.go.id menampilkan Kabupaten Bogor sebanyak 95 kasus positif corona. Dan yang terakhir dari Kota Bogor sebanyak 70 kasus positif Covid-19 dikutip dari laman covid19.kotabogor.go.id.