Moneyfazz
Home » Tips » Inilah Riwayat Hidup dan Profil Lengkap Sri Mulyani Terbaru

Inilah Riwayat Hidup dan Profil Lengkap Sri Mulyani Terbaru

Sri Mulyani adalah tokoh wanita yang familiar di dunia. Kemampuannya dan prestasi yang diraihnya bukan hanya diakui oleh bangsa Indonesia, tapi juga sampai ke kancah dunia internasional. Seperti apa riwayat hidup dan profil lengkap Sri Mulyani sampai akhirnya bisa menjadikannya tokoh yang menjadi inspirasi wanita di dunia?

Beliau dikenal sebagai seorang wanita yang ahli dalam bidang ekonomi. Bakat dan kemampuan yang dimiliki menjadikannya pernah mendapat amanah yang besar yaitu menjadi sebagai menteri keuangan di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menarik ya? Berikut kisah Sri Mulyani yang menginspirasi:

Profil dan Biografi Sri Mulyani Singkat

Beliau dilahirkan di Lampung pada tanggal 26 Agustus 1962 dan memiliki nama lengkap Sri Mulyani Indrawati. Ayah beliau Prof Dr Satmoko dan Ibu beliau Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko adalah seorang guru besar di Universitas Negeri Semarang.

Sri Mulyani memiliki 10 orang saudara dan ia adalah anak ketujuh yang memperoleh pendidikan yang sama dari orang tuanya. Mereka selalu mengatakan bahwa pendidikan adalah hal penting dalam kehidupan.

Pendidikan Sri Mulyani

Sri Mulyani diketahui pernah bersekolah di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Tepatnya dari tahun 1975 – 1978. Untuk riwayat pendidikannya ini memang tidak banyak yang tahu. Tapi kabarnya dulu waktu semasa masih duduk di bangku SD beliau sering naik sepeda dan masa itu berlangsung hingga di bangku SMA.

Untuk melanjutkan sekolah dari bangku SMP ia tidak lagi bersekolah di Lampung, tapi harus pindah ke Semarang. Akhirnya Sri Mulyani melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 3 Semarang mulai tahun 1978 – 1981. Ia termasuk siswi cerdas sehingga tak heran jika mendapatkan gelar sebagai juara sekolah.

Prestasi Sri Mulyani dimulai dengan keaktifannya sejak di bangku SMA. Beberapa kegiatan organisasi beliau ikuti, kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler. Di bangku SMA beliau juga sempat menyandang jabatan sebagai ketua OSIS. Dari sini sudah mulai terlihat bakat dan kemampuan yang dimiliki Sri Mulyani.

Kuliah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Keputusan berat tentu pernah dialami seorang yang ingin masuk ke perguruan tinggi terutama terkait jurusan yang ingin diambil. Hal demikian terjadi pada Sri Mulyani meskipun pada akhirnya mengambil jurusan di Universitas Indonesia yaitu Ekonomi Program Studi Pembangunan (ESP).

Hal ini bertolak belakang dengan keinginan orang tuanya yang menginginkan Sri Mulyani mengambil jurusan dibidang kedokteran atau teknik. Namun demikian orang tuanya tetap mendukung dan terus mendoakannya kesuksesan beliau.

Sri Mulyani adalah anak cerdas dan sangat menyukai jurusan yang dipilihnya. Hal ini membawa dirinya lulus dengan cepat dan mendapat gelar S1 pada tahun 1986. Kabar paling menggembirakan bagi kedua orang tuanya adalah ia lulus dengan predikat lulusan terbaik.

Selesai kuliah Sri Mulyani tidak langsung melanjutkan pendidikannya namun bekerja terlebih dahulu sebagai seorang peneliti di LPEM sekaligus sebagai asisten peneliti di Fakultas Ekonomi, UI. Ia melakukan pendaftaran sebagai asisten ini dulu sebelum jadi sarjana dan sebelum diterima bekerja.

Kuliah Master dan Doktor di USA

Pengalamannya dalam bekerja telah memberikan banyak pelajaran berharga terutama dalam ilmu ekonomi. Berkat ketekunan dan kecerdasannya beliau mendapat penawaran menarik dari Fakultas Ekonomi UI yaitu sebuah beasiswa S2 ke luar negeri.

Awalnya di berhasil diterima di University of Birmingham, Inggris. Namun, kesempatan besar itu terpaksa ditolak oleh Sri Mulyani. Hanya saja, keberuntungan selalu menghampiri Sri Mulyani karena beliau mendapatkan penawaran lebih baik dan bagus dengan bersekolah di University of Illinois Urbana-Champaign di Amerika Serikat.

Universitas tersebut tidak hanya menawarkan program S2 saja tapi sampai S3 atau Ph.D. Bahkan menariknya lagi ia bisa membawa semua keluarganya untuk hidup dan tinggal bersamanya di Amerika.

Tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan pendidikannya. Tepatnya pada tahun 1990 selesai program masternya pada bidang Public Finance dan Urban Economy. Sedangkan Tonny Sumartono yaitu suami Sri Mulyani mengambil bidang Manajemen Keuangan (Finance).

Di Amerika untuk pendidikan beasiswanya hanya berlaku pada Sri Mulyani. Untuk suaminya harus bayar sendiri dan untuk membayar biaya kuliahnya harus menjual mobil kesayangannya. Meskipun hidup pas-pasan semasa di Amerika tapi Sri Mulyani bahagia karena tetap bisa tinggal bersama keluarga kecilnya.

Sesuai janjinya setelah lulus program S2 ia pun melanjutkan ke program Ph.D. Ia juga sambil bekerja sebagai asisten dosen statistik di kampusnya. Hanya butuh waktu 2 tahun untuk menyelesaikan kuliahnya tepatnya tahun 1992 beliau berhasil mendapatkan gelar S3.

Karir Sri Mulyani

Sri Mulyani tidak pernah bermimpi untuk menetap dan pindah ke Amerika. Terbukti setelah pendidikannya selesai di sana langsung kembali pulang ke tanah air. Di Indonesia ia sempat bekerja di beberapa tempat sampai akhirnya mendapatkan karir terbaiknya sebagai menteri keuangan Indonesia berikut informasinya:

Menjadi Wakil Direktur LPEM UI

Awal pulang ke Indonesia kembali bekerja di LPEM sebagai wakil direktur pendidikan dan pelatihan, Universitas Indonesia sampai pada tahun 1995. Kemudian, menjadi Wakil Kepala Bidang Penelitian LPEM yang berjalan cukup lama hingga 1998.

Lalu, menjadi Kepala Program Magister Perencanaan Kebijakan Publik-UI jabatan tersebut berjalan hingga tahun 1999. Pada tahun 2000an awal Ia memilih kembali ke Atlanta, US dengan menjadi konsultan USAID.

Bukan sebatas itu saja di US juga menjadi dosen pembimbing dan pendamping mahasiswa. Nah, pada tahun 2002 beliau menjabat sebagai Direktur Eksekutif di IMF, Washington DC.

Menteri Keuangan era SBY

Setelah cukup lama berada di IMF akhirnya pada tahun 2004 memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan dipercaya sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia oleh presiden SBY. Amanah besar ini beliau jalankan sampai tahun 2005.

Sangat singkat sekali prosesnya beliau langsung menjabat sebagai Menteri Keuangan. Meskipun tugasnya sangat berat namun sekaligus menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di bawah kepemimpinan SBY.

Namun di tengah perjalanannya Sri Mulyani dikaitkan dengan skandal kasus Bank Century akhirnya pada tahun 2009 ia resmi mengundurkan diri. Pada tahun 2010 beliau pindah dan bekerja ke Amerika Serikat sampai 2016 dengan menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Menteri Keuangan era Joko Widodo

Berakhirnya masa kerja di Bank Dunia tahun 2016 Sri Mulyani mendapat kepercayaan kembali sebagai Menteri Keuangan namun pada era Joko Widodo. Jabatan ini akan dijalani Sri Mulyani sampai tahun 2024.

Penghargaan Sri Mulyani

Tokoh Inspiratif Sri Mulyani memang memiliki bakat yang luar biasa. Kecerdasannya mampu menjadikan dirinya meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se Asia. 

Lalu dari majalah Forbes juga memberikan penghargaan ke Sri Mulyani sebagai wanita berpengaruh di dunia yang berhasil menduduki urutan 23 di tahun 2008. Sedangkan pada tahun 2007 majalah Globe Asia memberi penghargaan ke Sri Mulyani sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia ke 2.

Riwayat hidup dan profil lengkap Sri Mulyani menjadi kisah dari tokoh wanita yang cerdas dan inspiratif yang dimiliki Indonesia. Anda bisa belajar dari kisah beliau dan membuktikan bahwa wanita juga bisa memiliki kesuksesan dan bersaing dengan pria.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com