Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Rupiah Lengser, Emas Kembali Menanjak Naik Rp. 12.000

Harga Emas

Kurs rupiah terhadap dolar sering jadi acuan naik ataupun turunnya harga emas. Dan turunnya level rupiah karena hantaman dolar beberapa hari ini menaikkan harga emas Antam sekali lagi sebanyak Rp. 12.000 per gramnya.

Melihat data kasus covid-19 dunia saat ini yang sedang memasuki fase new normal, banyak investor yang ancang-ancang untuk balik lagi memilih emas. Pasalnya kekhawatiran akan gagalnya new normal menjadi sentimen negatif.

Hal ini dapat dilihat dari merosotnya sejumlah indeks saham pada hari ini. Dilansir dari data reuters DJI merosot 6,09%, S&P 500 merosot sebanyak 5,89%, dan Nasdaq turun sebanyak 5,27%.

Sedangkan saham Asia pada hari ini mayoritas juga ikut melorot. Seperti NIKKEI 225 Jepang turun 2,82%, Hang Sheng turun sebanyak 227%, dan Bursa Malaysia turun sebanyak 1,14%. Sedangkan IHSG sendiri pada hari ini harus turun sebanyak 1.34%.

Menurunnya indeks saham negara-negara tersebut merupakan akibat sentimen pelaksanaan new normal yang saat ini dinilai malah menambah jumlah kasus.

Data kenaikan kasus covid di Indonesia saat ini saja pada hari kemarin sempat tembus rekor, yaitu mencapai 1000 lebih kasus dalam sehari. Tentunya sedikit banyak akan mempengaruhi psikologis dari investor untuk tetap bertahan pada aset yang dinilai berisiko.

Naiknya kasus ini juga memicu spekulasi bakal ada lockdown kedua akibat gagalnya new normal.

Hal ini yang menyebabkan emas dunia kembali diminati sebagai aset safe haven yang menguntungkan bilamana ada krisis ekonomi.

Harga emas dunia saat ini menyentuh level harga $1.727 USD per troy ons, atau naik sebanyak 0,01% dibandingkan dengan harga pada hari sebelumnya.

Sedangkan apabila di kurskan ke rupiah dengan kurs 14.010per dolar maka harga emas di pasar spot menyentuh harga Rp. 24 juta lebih per troy ons-nya.

Peluang emas pada pekan ini untuk menguat sangat terbuka lebar hal ini dipengaruhi sentimen corona yang telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian terus merosotnya rupiah juga memicu naiknya harga emas di Tanah Air.

Kurs rupiah hari ini kembali menyentuh level Rp. 14.200 per dolar Amerika dilansir dari data reuters. Sedangkan kurs JISDOR pada hari ini kembali di harga Rp. 14.014.

Kemudian harga emas Antam pada hari ini juga ikut terdongkrak akibat diminatinya kembali emas sebagai safe haven.

Naik sebanyak Rp. 12.000 per gramnya membuat emas Antam naik lagi pada harga Rp. 835.120 per 1 gram pada produk emas 100 gram.

Sedangkan emas pegadaian pada hari ini naik ke level harga Rp. 876.510 per 1 gramnya pada produk emas 100 gram atau naik sebanyak Rp. 12.290 per gram.