Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Pengertian Saham Blue Chip, Ciri-ciri, Kelebihan & Kekurangannya

PENGERTIAN SAHAM BLUE CHIP

Pernahkah Anda mendengar istilah blue chip? Istilah ini akan sangat familiar jika Anda menekuni dunia saham. Apa yang dimaksud dengan istilah ini dan mengapa ia begitu disukai oleh banyak orang yang sedang menekuni dunia saham?

Chip biru alias blue chip merujuk pada sebuah koin biru dalam permainan kasino, merupakan saham yang dianggap berharga alias akan membawa keuntungan yang besar. Blue chip stock adalah saham besutan perusahaan profesional, telah punya kredibilitas besar di bidang tertentu. Tentu hampir tak ada investor yang tak meyakini saham ini.  Mari kenali lebih jauh relasi antara perusahaan besar dan saham primadona.

Ciri-Ciri Perusahaan dengan Saham Blue Chip

Perusahaan tidak mungkin masuk ke daftar blue chip hanya dalam satu malam saja. Diperlukan waktu, sumber daya, dan hal lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang membuat sebuah perusahaan layak digolongkan sebagai perusahaan chip biru:

  • Sahamnya tidak mudah digoreng oleh berbagai macam isu, ia cenderung stabil dan memunculkan perasaan nyaman pada pada investor
  • Ia telah menjadi salah satu yang terbaik di bidangnya, misalnya, terbaik di bidang alat berat, retail, dan sebagainya.
  • Ia telah melewati waktu yang cukup lama dan juga telah melalui berbagai macam tantangan

Hal-hal di atas barangkali akan membuat Anda tertarik untuk membeli saham blue chip 2020. Namun perlu diingat bahwa tidak semua perusahaan yang masuk kategori ini bisa melewati badai. Dalam krisis Eropa 2008 misalnya, ada beberapa perusahaan chip biru yang gulung tikar.

Kelebihan dan Kekurangan Blue Chip

Saat bermain saham, tidak ada yang benar-benar bisa menjamin apakah Anda akan mendapatkan untung atau justru rugi besar. Kesuksesan dalam bermain saham tidak bergantung semata kepada perusahaan, tetapi bergantung pada kondisi sosial dan politik, jam terbang Anda dalam dunia ini, serta tentu saja insting Anda sendiri.

Namun, harus diakui bahwa saham blue chip memang lebih stabil. Perusahaan-perusahaan pada saham ini memiliki kualitas tinggi dan sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya dalam industri yang mereka geluti. Inilah alasan mengapa banyak orang yang percaya dengan saham ini.

Selain itu, saham ini juga memiliki pergerakan yang bagus dalam bursa saham serta cenderung stabil. Ini tentu akan meningkatkan kepercayaan banyak orang dalam membeli saham.

Namun, saham chip biru bukannya tanpa kekurangan. Kebanyakan saham ini memiliki harga yang tinggi, sehingga saat dijual kembali, profit alias keuntungannya pun juga relatif rendah.

Itulah alasan mengapa ada banyak pemain saham yang hanya menjadikan perusahaan-perusahaan chip biru ini sebagai instrumen yang defensif saja, alias sebagai “pengaman” jika sewaktu-waktu terjadi hal buruk terhadap dunia perekonomian. Pemain yang profesional pasti akan membeli saham-saham variatif.

Sekarang, Anda sudah paham bukan mengenai apa itu saham blue chip dan apa yang sebaiknya Anda lakukan dengan saham ini. Sebelum memulai saham, beri asupan informasi yang banyak bagi diri Anda dan jangan ragu untuk mengikuti sekolah saham.


Glosarium Finansial lainnya

A
Arus Kas
Aktiva
Akuntan Publik
Amortisasi

B
Bullish & Bearish

D
Deviden
Deplesi

E
Ekuitas

H
Harga Pokok Penjualan
Hutang Wesel

J
Joint Venture

L
Laporan Keuangan
Laporan Perubahan Ekuitas

M
Margin
Merger

N
Neraca

O
Obligasi