Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Semakin Tenang Saat Liburan Dengan Asuransi Perjalanan

Siapa yang tidak suka pergi liburan? Apalagi di masa pandemi ini saat kita semua sangat rentan terkena stres. Pergi liburan saat pandemi bukan tanpa resiko. Namun jika kita mengikuti aturan protokol kesehatan dengan baik, seharusnya semua akan aman-aman saja.

Selain soal kesehatan, masalah selama liburan pun tetap ada. Seperti pesawat delay, bagasi rusak atau bahkan hilang dan yang paling parah (dan amit-amit kejadian) adalah kecelakaan. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal tidak mengenakkan selama perjalanan ini, ada lho travel insurance atau asuransi perjalanan yang bisa kita beli.

Tapi sayangnya masih banyak yang berpikir jika asuransi perjalanan tidak begitu penting dan mendesak dibeli. Padahal ada banyak sekali manfaat dari membeli asuransi perjalanan yang akan buat momen liburan semakin tenang dan aman. Tidak perlu cemas berlebihan dan liburan pun bisa berjalan lebih lancar.

Lalu, apa saja yang akan didapatkan jika membeli asuransi perjalanan berbarengan dengan beli tiket pesawat? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kompensasi jika pesawat delay atau pembatalan penerbangan

Siapa yang tidak pernah mendengar kata delay saat terbang? Mungkin kamu pun pernah mengalaminya dan tentunya hal ini terasa menyebalkan sekali bukan? Apalagi jika delaynya lama dan dari maskapai hanya diberi snack sebagai kompensasi.

Lain lagi ceritanya jika kamu membeli travel insurance saat beli tiket pesawat. Kamu bisa mendapat kompensasi dengan mengajukan klaim asuransi perjalanan. Besarnya nilai kompensasi berbeda-beda tergantung provider asuransi dan juga apakah kamu melakukan terbang ke rute domestik atau internasional

Contohnya nih, jika kamu terbang dengan jurusan domestic dan membeli tiketnya di Traveloka, akan muncul opsi tambahkan ‘Asuransi Perjalanan’ yang akan memberikan kompensasi hingga Rp4.500.000 untuk delay pesawat yang dikarenakan alasan teknikal dari maskapai maupun saat cuaca sedang buruk.

Bahkan jika kamu membatalkan penerbangan dengan alasan tertentu, kondisi ini juga dicover dalam asuransi perjalanan Traveloka hingga Rp30 juta lho! Tapi kamu harus mengetahui syarat dan ketentuan untuk bisa klaim manfaat asuransi ini ya.

Tapi paling tidak setidaknya jika memang pesawat delay, kamu tidak akan terlalu kecewa karena ada asuransi yang bisa diklaim sehingga mood liburan pun akan tetap terjaga.

2. Ganti rugi jika bagasi rusak hingga hilang

Salah satu kasus yang sering terjadi saat bepergian adalah bagasi yang rusak karena handling yang buruk dari petugas bersangkutan hingga bagasi hilang entah kemana. Melihat koper rusak saja sudah membuat darah mendidih, bagaimana pula dengan koper hilang. Pasti mood liburan akan anjlok dan rasa emosi memuncak karena semua baju dan perlengkapan selama liburan ada di dalamnya.

Meski kasus bagasi hilang jarang terjadi, namun setidaknya dengan memiliki travel insurance, kamu bisa mendapatkan ganti rugi untuk kondisi tersebut. Namun mari berdoa agar tidak perlu mengalami yang namanya bagasi rusak atau hilang selama bepergian karena percayalah situasi tersebut akan membuat kita auto emosi dan ingin pulang tidak jadi liburan karena mood berantakan.

3. Kompensasi jika ketinggalan pesawat connecting

Untuk beberapa rute jauh, biasanya menggunakan dua pesawat atau connecting flight. Tapi jika di penerbangan pertama saja sudah kena delay, maka ada kemungkinan kamu akan ketinggalan pesawat connecting karena biasanya jadwal terbang keduanya tidak berjarak terlalu jauh dari ketibaan pesawat pertama.

Untuk kondisi seperti ini, asuransi perjalanan pun bisa jadi penyelamat karena jika Anda beli travel insurance di Traveloka sudah mencakup kompensasi ketinggalan pesawat connecting hingga Rp5.000.000 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

4. Menanggung biaya perawatan medis

Tidak ada satu orangpun di dunia yang ingin sakit saat liburan. Tapi kondisi tubuh bisa saja drop saat kamu sedang menikmati liburan dan butuh perawatan medis. Berada di kota asing atau bahkan luar negeri tanpa keluarga atau teman yang bisa membantu tentu jadi skenario terburuk saat sakit bukan?

Namun tenang karena asuransi perjalanan juga mengcover biaya perawatan medis untuk berbagai penyakit sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada di provider asuransi. Contohnya jika beli Asuransi Travel untuk penerbnagan domestik di Traveloka, ada kompensasi pembayaran biaya medis karena kecelakaan atau sakit yang bawaan atau sudah menahun hingga 500 juta. Jadi jika amit-amit terjadi hal buruk denganmu saat liburan, ada klaim asuransi yang bisa membayar biaya perawatan rumah sakit.

Nah itulah tadi berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika membeli asuransi perjalanan sekaligus dengan tiket pesawat untuk pergi berlibur. Meski tidak ada yang berharap momen liburan akan menghadapi berbagai kendala, namun potensi kejadian buruk saat liburan selalu ada. Maka dari itu lindungi dirimu selama liburan dengan asuransi perjalanan terbaik sesuai kebutuhan.

Tak perlu repot cari kesana kemari karena jika kamu beli tiket pesawat di Traveloka, sudah bisa sekalian beli premi travel insurance untuk penerbangan domestik atau luar negeri di Traveloka dengan mudah. Semoga info ini bermanfaat dan ingat untuk selalu taat protokol kesehatan saat sedang liburan ya!