Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Setelah Ambrol, Bitcoin Menggila Menuju 9000 USD Akhir April

coin-crypto

Bingung, pelaku di pasar spot, komoditas dan saham akibat dari pengaruh corona yang sampai hari ini belum ada titik temu membuat arah jual beli menjadi tak tentu. Rupiah contohnya, beberapa hari mengalami penguatan tapi masih dihantui sentimen negatif pasar.

Selain mata uang tanah air, Dolar amerika makin hari makin terpuruk akibat aksi investor yang bersentimen negatif terhadap President Trump. Namun dari semua hal tersebut sebenarnya sentimen pasar dibangun oleh kebijakan yang erat kaitannya dengan pemerintah.

Berbeda dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, Altcoin, Ethereum, dll.

Perdagangan mata uang digital ini sangat tidak dipengaruhi oleh tatanan pemerintah. Tidak ada yang mengatur bagaimana mata uang crypto ini bergerak. Hanya sentimen pasar dan kondisi digital saja yang dapat  mempengaruhi.

Seperti pada pertengahan tahun lalu yang sempat tembus kurang lebih Rp. 250 Juta per 1 Bitcoin. Beberapa investor merasa Bitcoin ini bisa jadi pilihan untuk investasi jangka pendek yang menguntungkan atau safe haven.

Pandemi corona yang semakin hari menuju titik kritis hingga mulai menciptakan kepanikan di berbagai wilayah dunia. Membuat pelaku pasar melirik bitcoin sebagai pilihan aman investasi selain emas.

Terlihat pada akhir perdagangan 29 April kemarin, bitcoin diperdagangkan pada angka 8.680,2 Dolar Amerika. Dan mengalami lonjakan bullish sebanyak 10,96% yang mana ini suatu keuntungan yang sangat besar dalam satu hari.

Sedangkan pada hari ini lonjakan terjadi lagi menuju 9.099 dolar amerika per 1 bitcoin. Lonjakan pada bitcoin tersebut terjadi pada mata uang crypto lainya. dan Diikuti oleh beberapa saham beresiko lainnya.

Nampak telah terjadi hype pada pelaku pasar yang memiliki anggapan bahwa bitcoin dapat menolong perekonomian pada masa krisis seperti corona pada saat ini. Dan ini tidak bisa dipungkiri melihat corona telah menghancurkan tatanan ekonomi global yang baru pulih dari krisis ekonomi 2008.

Di Indonesia sendiri transaksi atau berinvestasi dengan mata uang crypto ini masih kurang konvensional. Pemerintah masih beranggapan bahwa mata uang seperti Bitcoin masih terlalu beresiko melihat tidak ada aturan yang mengatur mata uang ini.

BI tidak melarang masyarakat Indonesia untuk bertransaksi dengan bitcoin atau mata uang crypto lainnya. Namun BI memberikan arahan bahwa risiko transaksi belum diatur oleh pemerintah. Sedang bitcoin sendiri hanya memiliki satu aturan baku bawaan yang diciptakan oleh penciptanya yaitu Satoshi Nakamoto.

Prediksi lanjutan bitcoin melihat sentimen pasar yang kian hari semakin positif harga bitcoin bisa menyentuh 13.000 Dolar Amerika. Melihat pergerakan selama 7 minggu kebelakang setelah terpuruk pada awal maret yang lalu. Terlihat lintasan reli bullish pada grafik pasar bitcoin.