Moneyfazz
Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing Pajak
Home » Pajak » Daftar Pajak Lebih Mudah dengan Mendaftarkan SSE Pajak

Daftar Pajak Lebih Mudah dengan Mendaftarkan SSE Pajak

Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak adalah layanan pajak online yang berguna untuk menerbitkan kode billing (ID Billing) sehingga memudahkan Wajib Pajak dalam membayar kewajiban pajak mereka. Fungsi dari kode billing (ID Billing) ini adalah untuk melakukan pembayaran pajak secara online atau melalui bank dengan menyimpan informasi pembayaran wajib pajak secara mutakhir.

Biller Direktorat Jenderal Pajak adalah pihak yang menerbitkan billing system dalam sistem pembayaran pajak online ini. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pajak memberikan layanan situs yang bertautan sse.pajak.go.id yang digunakan untuk menerbitkan e-Billing atau ID Billing.

SSE Pajak juga memberikan peningkatan pada ketertiban pajak. Dengan adanya SSE Pajak yang mudah dilakukan ini mengakibatkan banyak orang melakukan pembayaran secara online. SSE Pajak sendiri memiliki banyak manfaat seperti fleksibilitasnya dalam pembayaran yang bisa digunakan di mana saja dan kapan saja, mampu menghemat tenaga dan waktu, data yang akurat, dan yang pada akhirnya membuat pekerjaan kamu lebih terencana.

Cara Daftar SSE Pajak

Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing Pajak
pixabay.com

Jika kamu ingin melakukan pembayaran pajak secara online dengan sistem SSE Pajak ini, ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui. Kamu bisa mengecek tahapan-tahapannya di sini:

  • Versi 1
  1. Bukalah situs sse.pajak.go.id pada browser kamu, kemudian akan muncul tampilan opsi yang ingin kamu pilih dari Versi 1 atau Versi 2. Pilihlah Versi 1 dan klik “Daftar Baru”.
  2. Setelah itu, masukkan nomor NPWP, nama lengkap kamu, alamat e-mail, dan kode yang muncul. Pilih tombol “Register” dan cek kotak masuk e-mail kamu untuk menerima ­e-mail permintaan aktivasi.
  3. Selesai langkah aktivasi selesai, kamu bisa kembali masuk pada halaman pertama dengan memasukkan nomor NPWP dan kata sandi yang tadi telah dibuat.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengisi kolom bagian jenis setoran, jenis pajak, masa pajak, tahun pajak, dan jumlah yang akan dibayarkan. Tambahan, kolom isian No. SK hanya bisa diisi saat kamu akan membayar tagihan pajak kamu.
  • Versi 2
  1. Bukalah situs sse.pajak.go.id pada browser kamu dan pilihlah opsi Versi 2. Kemudian, lakukan langkah registrasi dengan memilih tombol “Belum punya akun?”. Lalu, kamu akan diminta untuk mengisi nomor NPWP, nama lengkap kamu sesuai dengan NPWP, e-mail, serta PIN untuk kata sandi kamu. Masukkan kode keamanan yang diminta pada layar dan pilih tombol “Daftar”.
  2. Jika langkah sebelumnya sudah dilakukan, kamu bisa login lagi dengan menggunakan nomor PIN yang sudah kamu buat tadi. Selanjutnya, pilihlah kotak warna hijau yang berisi tulisan “Isi SSE”.
  3. Langkah selanjutnya, isilah kolom-kolom yang ada dengan lengkap lalu klik “Simpan” dan cetak kode billing yang tadi sudah kamu buat.
  • Versi 3
  1. Ketika kamu ingin melakukan pendaftaran dengan menggunakan Versi SSE Pajak 3 kamu bisa mengakses ke halaman sse3.pajak.go.id.
  2. Jika kamu belum punya akun SSE Pajak 3, pilih “Belum punya akun” lalu masukkan 15 digit nomor NPWP, alamat e-mail, nama, PIN sebanyak 6 digit angka, serta kode keamanan/captcha dan klik “Daftar”.
  3. Cek kotak masuk pada e-mail kamu dan klik tautan aktivasi yang telah dikirim oleh ebiling@pajak.go.id.
  4. Tahapan pendaftaran dengan menggunakan versi SSE Pajak 3 telah selesai. Kamu sudah bisa menggunakan akun itu untuk membuat kode billing.

 Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing Pajak

Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing Pajak
pixabay.com

Kode Billing atau ID Billing dapat kamu peroleh dengan memilih salah satu dari 7 cara berikut ini:

  1. Application Service Provider (ASP) sebagai mitra resmi DJP online.
  2. Laman Surat Setoran Elektronik versi 2.
  3. Mengirim SMS ID Billing *141*500# (khusus untuk pengguna Telkomsel).
  4. Teller bank BNI, BRI, Mandiri, BCA, Citibank dan Kantor Pos Indonesia.
  5. Layanan ID Billing di KPP atau KP2KP.
  6. Internet banking (iBanking) yang berlaku hanya untuk nasabah bank tertentu.
  7. Call center kring pajak 1-500-200 yang berlaku hanya untuk Wajib Pajak Pribadi.

Setelah mendapatkan Kode Billing, kamu bisa membayarkan Kode Billing tersebut melalui teller bank atau Kantor Pos Indonesia, ATM, Mini ATM yang ada di seluruh KPP atau KP2KP, internet banking, mBanking, dan agen branchless banking.

Itulah beberapa tahap pendaftaran dan pembayaran SSE Pajak yang bisa kamu coba. Setelah mempersiapkan segala dokumen yang disyaratkan, segera mendaftar, melakukan pelaporan, dan pembayaran sebelum mendekati tenggat waktu pelaporan SPT, ya. Karena pajak kita akan kembali untuk kita sendiri!

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com