Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

Terkatrol Sentimen Perang Dagang, Emas Menguat Tipis-Tipis

Memanasnya tensi perang dagang antara Amerika Serikat dengan China yang terus ditabuh oleh presiden Trump membuat ekonomi pasar gonjang-ganjing. Pasalnya Trump beserta jajarannya terus menerus mengeluarkan kebijakan yang membuat sentimen pelaku pasar Asia dan Amerika ketir.

Dapat diamati dari arah pergerakan mulai dari saham Asia hingga kurs mata uang Asia terhadap dolar yang sering kali memerah. Utamanya pada bulan puasa kemarin hingga setelah lebaran ini pelemahan ekonomi Asia akibat sentimen perang dagang terus berlanjut.

Beberapa negara utamanya Amerika kini sedang ramai-ramai menggaungkan “China Exit”, atau melepaskan diri dari jerat ketergantungan produk mentah maupun jadi dari Tiongkok.

Namun Mochtar Riady, presiden komisaris Lippo Group, mengatakan china exit ini belum tentu bagus untuk kesehatan ekonomi global. Pendapat beliau berdasarkan historis penarikan Apple Inc. dari China kembali ke Amerika.

Apple saat ini kesulitan untuk mendapatkan produk-produk serta pekerja yang tekun seperti saat berada di daratan China. Apple seperti kehilangan mata rantai pasokan bahan dengan harga yang kompetitif.

Hal ini tidak hanya terjadi pada Apple saja, beberapa perusahaan seperti GE, Philips, Siemens, dan Tesla hari ini mengalami dilema yang hampir sama.

Penguatan emas pada akhir pekan ini menyusul dengan paket kebijakan new normal di beberapa negara seperti Indonesia yang akan diterapkan Juni mendatang.

Emas menjadi pilihan investasi yang aman atau safe haven saat nanti dirasa paket kebijakan new normal ini malah menimbulkan masalah. Atau malah mempertinggi jumlah kasus corona di dalam negeri maupun luar negeri.

Indonesia sendiri bakal melaksanakan kebijakan new normal mulai pada 1 Juni esok, dimana bakal dimulai pelonggaran kegiatan untuk usia dibawah 40 Tahun.

Sedangkan di eropa sendiri kebijakan pelonggaran sudah mulai diberlakukan mulai pada pertengahan mei yang lalu, walaupun diiringi sejumlah protes. Karena kebijakan tersebut dinilai terlalu dini dilakukan.

Saat kondisi semacam ini seringnya para investor lebih memilih aset-aset yang lebih aman seperti emas atau aset cryptocurrency yang bebas dari sentimen perang dagang. Terhitung sejak pertengahan Mei hingga lebaran ini, emas berjangka untuk pengiriman bulan Juni mengalami peningkatan.

Walau kemarin sempat menurun hari ini emas mengalami penguatan kembali sebanyak 0,20% atau pada harga 1.721,30 Dolar Amerika per troy ons.

Sedangkan emas antam harganya naik sebanyak Rp. 5000 rupiah. Untuk harga emas 1 gram dibanderol dengan harga Rp. 913.000. Sedangkan emas antam 100 gram dibanderol dengan harga Rp. 855.120 per gramnya.

Berbeda dengan harga emas antam yang naik tipis hari ini, emas pegadaian justru mengalami penurunan harga sebanyak Rp. 4000.

Untuk harga emas pegadaian ukuran 1 gram dibanderol dengan harga Rp. 931.000. Sedangkan untuk ukuran 100 gram dibanderol dengan harga Rp. 898.320 per gramnya.