Moneyfazz
Home » Tips » Tips Lengkap Wawancara/Interview Agar Diterima Kerja

Tips Lengkap Wawancara/Interview Agar Diterima Kerja

Bagi Anda yang baru pertama kali menghadapi saat wawancara kerja tentunya menjadi hal yang cukup mendebarkan bukan? Mengingat wawancara ini merupakan tahapan paling menentukan sebelum Anda dinyatakan diterima. Tips lengkap wawancara/ interview perlu Anda pelajari agar bisa mengantisipasi hal-hal yang belum Anda pikirkan.

Mempelajari materi wawancara saja tidak cukup, Anda perlu juga memperhatikan faktor penentu lain seperti kondisi fisik, penampilan dan sebagainya. Bagaimana tips lengkapi sebelum memulai wawancara kerja? Simak beberapa cara berikut ini:

Persiapan Materi

Materi wawancara adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Agar lebih tahu tentang gambaran materi yang mungkin ditanyakan, Anda bisa bertanya kepada orang yang sudah bekerja di tempat tersebut, orang yang pernah melakukan wawancara sebelumnya apakah gagal atau diterima tetap bisa Anda tanyakan gambaran pertanyaannya.

Ketahui lebih banyak tentang ruang lingkung perusahaan, visi misi, bagaimana budaya kerja yang ada di tempat tersebut. Tips persiapan wawancara ini bisa Anda cari dulu informasinya jauh-jauh hari sebelum dilakukan wawancara.

Persiapan Penampilan

Siapa bilang berbicara dengan orang cukup hanya dengan mengandalkan otak? Penampilan di depan orang lain menjadi hal yang perlu dijaga. Sebuah survei yang dilakukan oleh Career Builder menyebutkan warna baju biru, hitam, dan putih lebih disukai untuk melakukan wawancara.

Warna-warna tegas dan smart tersebut memberi kesan positif pada pihak pewawancara. Selain itu, gunakan juga jenis pakaian yang bisa membuat Anda tampil lebih percaya diri saat berbicara. Tampil dengan tenang, nada bicara yang tidak terlalu tinggi tetapi juga tetap berkarisma.

Jangan terlalu banyak tersenyum atau melakukan hal-hal tak penting saat melakukan wawancara. Anda harus bisa mengontrol kebiasaan fisik yang mungkin sering Anda lakukan saat berbincang dengan orang lain.

Soal Waktu dan Kedisiplinan

Saat wawancara sebenarnya pihak pewawancara sedang menilai bagaimana diri Anda melakukan tugas-tugas dan tanggung jawab secara disiplin. Oleh karena itu jangan sampai Anda terlambat datang, tidak tepat waktu dan sejenisnya. Selain merusak nilai Anda di awal, ini juga akan berpengaruh pada tingkat percaya diri saat melakukan wawancara.

Cara mudah lulus wawancara kerja yang pertama adalah bagaimana Anda bisa disiplin dengan diri sendiri. Orang yang disiplin dan menghargai waktu akan terlihat pada penampilan, terlebih saat Anda sedang menjalani hal penting seperti wawancara kerja.

Kemampuan Anda Menjawab Pertanyaan

Tahukah Anda hal yang juga sangat penting Anda ketahui saat melakukan wawancara kerja adalah jenis-jenis pertanyaan yang sifatnya menjebak. Ada beberapa jenis pertanyaan yang harus Anda jawab dengan hati-hati dan memperhatikan bagaimana kondisi perusahaan atau lembaga yang mewawancarai tersebut.

Pertanyaan menjebak saat wawancara kerja misalnya soal gaji, soal rencana ke depan bagaimana, mengapa melamar kerja di perusahaan tersebut, tentang kelemahan diri dan sebagainya. Jenis pertanyaan-pertanyaan ini jika tidak dijawab dengan hati-hati justru akan membuat jawaban kita salah dan akhirnya nilai buruk bagi diri sendiri alias tidak diterima.

Kepribadian yang Baik

Percayalah orang mau mempekerjakan orang lain alasan utamanya adalah soal kepribadian yang baik. Di mana-mana orang baik akan mendapatkan tempat terbaik. Sikap baik ini biasanya akan terlihat dan bisa diketahui oleh pihak perusahaan melalui berbagai cara test yang mereka lakukan.

Beberapa sikap baik yang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga yang membutuhkan Anda biasanya adalah sikap sabar, disiplin, ulet, kreatif, bisa bekerjasama dengan orang lain, rajin, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki kemampuan bicara yang baik, memiliki emosi yang stabil dan sebagainya.

Pribadi yang baik memang harus dibangun sejak dini, bukan hanya saat Anda melakukan wawancara. Orang yang baik akan mudah mendapatkan rezeki yang mereka butuhkan.

Membangun Image Positif Sejak Awal

Tahukah Anda salah satu rahasia paling penting mengapa sebuah perusahaan akhirnya memanggil Anda untuk mengikuti sebuah tes wawancara penerimaan pekerja? Salah satunya yang menjadi daya tarik awal adalah kualitas CV dan resume yang Anda kirimkan saat melamar kerja.

Hal penting ini mungkin sudah banyak Anda ketahui, tetapi kadang-kadang kita kurang memahami bagaimana menampilkan CV yang sukses bikin perusahaan kagum dan langsung memanggil Anda wawancara.

Cantumkan semua hal yang ada hubungannya dengan posisi pekerjaan yang akan Anda lamar, lengkapi berkas dengan detail tapi tidak mengada-ada. Pastikan nantinya diri Anda sesuai dengan apa yang Anda cantumkan tersebut. Tampilkan sebaik mungkin, semenarik mungkin dan pastikan Anda bisa mempertanggung jawabkannya.

Ketahui bagaimana cara membuat CV pekerjaan yang bagus dan anti tolak oleh perusahaan. Bukan hanya soal kontennya tetapi juga penyajiannya yang lebih menarik dan menjual.

Percaya Diri dan Komunikatif

Sehebat apapun potensi diri yang Anda miliki, jika Anda tidak memiliki sikap percaya diri yang baik, maka akan sulit bagi orang lain percaya pada kemampuan Anda. Sebaliknya banyak orang yang hanya memiliki kemampuan sederhana tetapi bisa tertutupi karena kemampuan rasa percaya diri yang baik dan sikap komunikatif yang dimiliki.

Sikap komunikatif ini dibutuhkan untuk memastikan Anda nantinya bisa bertahan lama di sebuah perusahaan. Ada banyak alasan perusahaan untuk memecat karyawannya, salah satunya dianggap bermasalah dalam hal komunikasi sehingga dianggap posisinya mengganggu tim di perusahaan.

Pertanyaan yang tidak Nyaman

Pertanyaan yang diberikan oleh pihak pewawancara suatu ketika bisa jadi merupakan pertanyaan tak nyaman yang akan membuat perasaan Anda berubah seketika. Oleh karena itu pada saat menjalani wawancara sebaiknya Anda sudah mempersiapkan mental untuk menghadapi pertanyaan yang tak nyaman, atau mungkin pernyataan yang mengganggu.

Sebagian orang biasanya akan berubah raut muka, emosi yang mungkin tidak terkontrol atau bahkan kehilangan kata-kata untuk menjawab pertanyaan tersebut. Persiapkan diri Anda terhadap hal-hal seperti ini. Ada hal-hal yang mungkin tidak Anda sangka dan akan menjadi materi pertanyaan dari perusahaan.

Pertanyaan tersebut bisa jadi muncul karena jawaban Anda sendiri atau mungkin muncul dari naskah CV yang Anda buat. Oleh karena itu lebih bijak dalam bicara atau menjawab pertanyaan agar tidak menimbulkan pertanyaan lain yang mungkin tidak Anda pikirkan.

Persiapkan diri Anda semaksimal mungkin sebelum mengikuti wawancara. Sering mengikuti tes wawancara tidak menjamin Anda nantinya bakal lulus tes tersebut. Jika secara teknis mungkin Anda mampu, bisa jadi secara kapasitas diri harus diperbaiki. Perusahaan akan melihat Anda, mulai dari penampilan, perilaku hingga kemampuan Anda dalam bekerja.

Pelajari apa sebenarnya yang membuat wawancara Anda sebelumnya pernah gagal? Ada juga orang yang gagal karena kalah secara pengalaman dengan pesaingnya. Jika demikian sebabnya maka Anda perlu mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan kompetensi dan kondisi Anda. Perbaiki kapasitas diri, kemampuan bekerja dan segala hal teknis saat wawancara.

Panduan tips lengkap wawancara/ interview yang sudah dijelaskan di atas akan membantu Anda lebih bisa bijak saat mengikuti tes. Jika ini menjadi hal yang pertama bagi Anda tentunya akan menjadi pelajaran penting. Banyak juga yang baru pertama kali wawancara langsung diterima. Selamat mencoba.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com