Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2021

Car Insurance with clipping path

Memiliki asuransi mobil adalah salah satu solusi memberikan proteksi untuk kendaraan Anda dari berbagai risiko. Mulai dari risiko kecelakaan lalu lintas, kerusakan akibat kelalaian pengemudi lain, maupun pencurian. Terlebih bagi Anda yang tinggal di kota besar, ketiga risiko tidak terelakan. 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan asuransi mobil terbaik 2021 dengan manfaat maksimal sehingga mampu mengurangi risiko tersebut? Berikut ini tips-tips yang bisa Anda terapkan.

Kenali Produk Asuransi Secara Detail

Setiap perusahaan asuransi memiliki produk berbeda yang menawarkan beberapa manfaat di dalamnya. Namun, manfaat yang diberikan tidak selalu cocok dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, sebaiknya cermati detail fitur dan manfaat sebelum melakukan pembelian polis.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli polis asuransi mobil dari Allianz. Perusahaan ini memiliki tiga produk asuransi mobil, yaitu MobilKu Eco, MobilKu Grand, dan MobilKu Non Paket. Untuk memastikan tepat atau tidaknya pilihan Anda, tanyakan detail kelebihan dan kekurangan produk tersebut kepada customer service.

Pilih Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda

Untuk memilih jenis asuransi, pastikan dulu kondisi mobil Anda. Mulai dari mesin, bodi, umur, hingga beberapa hal terkait fungsi komponen. Setelah mendata kondisi mobil, Anda bisa memilih dua jenis asuransi berikut

  • Asuransi Total Loss

Asuransi total loss memberikan perlindungan mobil atas kecelakaan, pencurian, dan kebakaran. Namun, beberapa syarat harus dipenuhi agar bisa melakukan klaim. Pertama, kerusakan mobil disebabkan oleh kecelakaan atau kebakaran wajib mencapai 75 persen atau lebih dari harga mobil. Jika kurang dari persentase tersebut, Anda tidak bisa mengajukan klaim.

Syarat kedua, mobil hilang akibat pencurian bisa diklaim ketika mencapai batas waktu 60 hari sejak kejadian. Syarat berikutnya, penggantian risiko kecelakaan dan pencurian berlaku sesuai yang tercantum dalam polis.

  • All Risk

Asuransi jenis ini cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan lengkap dan menyeluruh. Apa pun risikonya, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi. Bahkan, asuransi tersebut bisa memproteksi mobil Anda dari ancaman maupun aksi pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sesuaikan Pilihan Produk dengan Bujet Anda

Siapa bilang, asuransi mobil itu mahal? Anda bisa memilih asuransi dengan premi rendah atau sesuai kemampuan bayar. Kuncinya, lakukan pendataan kebutuhan mobil Anda, pilih beberapa produk asuransi, lalu bandingkan preminya.

Namun, perlu diingat, besaran premi akan memengaruhi manfaat yang didapatkan. Premi kecil biasanya disertai manfaat terbatas. Sebaliknya, premi besar bisa memberikan manfaat lebih banyak dan lengkap.

Pertimbangkan Prosedur Klaim

Tahukah Anda, beberapa orang pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan saat mengklaim asuransi? Kasusnya beragam; mulai dari ribetnya prosedur klaim sampai pencairan dana yang relatif lama.

Anda tidak ingin mengalami kejadian serupa, bukan? Karena itu, pahami prosedur klaim perusahaan asuransi sebelum Anda membeli polisnya. Jika ingin praktis dan cepat, pilih penyedia asuransi yang menawarkan klaim online.

Seiring perkembangan teknologi digital, sekarang semakin banyak perusahaan asuransi dengan sistem online. Contohnya, AXA Insurance, Allianz, dan Jaga Diri. Ketiga korporasi ini menyediakan formulir online untuk pengajuan polis maupun klaim.

Cermati Layanan Bengkel Rekanan

Perusahaan asuransi terbaik biasanya menyediakan bengkel rekanan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tak tanggung, bengkel tersebut memiliki fasilitas lengkap dan layanan maksimal. Namun, apakah semua bengkel bisa cocok dengan mobil Anda?

Belum tentu; beberapa mobil dengan masalah sama, penyelesaiannya bisa berbeda. Oleh karenanya, pastikan bengkel rekanan perusahaan asuransi mampu memperbaiki mobil Anda. Selain itu, bengkel harus bisa dipercaya, baik dalam hal kapasitas pegawai, maupun ketersediaan suku cadang.

Pertimbangkan Rasio Keluhan Pelanggan

Saat Anda memilih perusahaan asuransi, perhatikan kredibilitasnya di mata konsumen. Untuk mengetahui kredibilitas tersebut, coba cek testimoni pelanggan. Pastikan, testimoni dari pelanggan mengarah pada hal-hal positif.

Tak hanya itu, Anda juga harus mengetahui rasio keluhan pelanggan. Cermati dengan baik, seberapa besar upaya perusahaan asuransi untuk mengatasi keluhan tersebut. Jika tingkat penyelesaian keluhan relatif tinggi, berarti perusahaan itu layak Anda pilih.

Cek Fitur Tambahan dari Perusahaan Asuransi

Adanya paket yang disediakan perusahaan asuransi memberikan banyak kemudahan dalam pemilihan kebutuhan proteksi mobil. Meski begitu, Anda harus tetap mengecek fitur tambahan dari perusahaan tersebut. Fitur pendukung ini akan memberikan kenyamanan ekstra ketika mobil mengalami kecelakaan maupun hal buruk lainnya.

Salah satu contoh fitur tambahan tersebut adalah layanan call centre 24 jam. Pastikan, perusahaan asuransi memberikan respons cepat terhadap laporan nasabah. Selain itu, cek lagi, apakah perusahaan menyediakan fasilitas ambulans dan mobil pengganti. 

Itulah tujuh tips yang bisa diterapkan ketika Anda ingin membeli polis asuransi mobil terbaik 2021. Selain tips-tips di atas, Anda juga perlu memperhatikan faktor brand perusahaan. Biasanya, perusahaan dengan brand ternama lebih bisa dipercaya daripada perusahaan baru. Selamat mencoba!

Ardo L
A banker. Expert on money management, personal financial and basic investment.