Moneyfazz
Home » Tips » Tugas Dan Gaji Menteri Lengkap Di Kabinet Indonesia Maju

Tugas Dan Gaji Menteri Lengkap Di Kabinet Indonesia Maju

Pada suatu negara, pembentukan kementerian adalah suatu hal yang krusial dibutuhkan. Tugas penyelenggaraan pemerintahan oleh kepala negara didukung oleh menteri-menteri ini. Supaya Anda tidak terlalu buta, berikut akan sedikit diulas mengenai tugas dan gaji menteri lengkap.

Jabatan menteri ini termasuk jabatan elit. Banyak orang yang berlomba-lomba melakukan pendekatan pada presiden supaya bisa ditunjuk sebagai salah satu menterinya. Tapi apakah jabatan elit ini memiliki gaji yang besar dan sesuai dengan tanggung jawab tugasnya? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Kementrian dan Mentri

Pada dasarnya, kementerian adalah suatu lembaga atau perangkat pemerintah yang dibentuk untuk membantu presiden mengurusi bidang-bidang tertentu dalam suatu pemerintahan. Mengacu pada hal tersebut, kementerian pada dasarnya membantu kepala negara dalam menyelenggarakan tugas eksekutif pemerintahan pada bidangnya masing-masing. Di Indonesia, peraturan yang mengatur soal kementrian tercatat pada UU No. 39 Tahun 2008 mengenai Kementerian Negara.

Dalam suatu pemerintahan presidensial seperti Indonesia, Presiden biasanya akan membentuk suatu kabinet yang berisi berbagai kementrian untuk mendukung visi misinya menjalankan pemerintahan. Setiap kementrian akan mengurusi beberapa bidang. Bidang-bidang yang diurusi oleh kementerian tersebut seperti: Bidang Politik, Hukum, Perekonomian, Kelautan, Kesehatan, Pendidikan, Kebudayaan, Pemberdayaan Perempuan, dll. 

Suatu Kementerian dipimpin oleh seorang Menteri. Menteri ini adalah seseorang yang berposisi sebagai pemimpin, tugasnya mempertanggungjawabkan kinerja kementeriannya pada Presiden. Karena fungsinya untuk membantu tugas eksekutif presiden, pemilihannya dilakukan langsung oleh presiden (presiden berhak memilih dan memberhentikan). 

Jadi singkatnya, kementerian adalah lembaganya sedangkan menteri adalah orang yang memimpin.

Tugas Umum Kementrian

Secara umum, tugas kementerian negara, yaitu: 

  • Mengikuti perintah dan mengkoordinasi pelaksanaan dari suatu kebijakan maupun program pada bidang yang menjadi ranah tanggung jawabnya. 
  • Jika terjadi masalah pada bidang yang termasuk ranah tanggung jawabnya, harus menampung dan mengusahakan untuk mencari penyelesaian masalah. 
  • Berkoordinasi dengan pemimpin dari lembaga lain, melakukan kerja sama, dan bersama-sama menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di bidang yang menjadi ranah tanggung jawabnya. 

Kementerian di Indonesia 

Indonesia saat ini sudah 74 tahun lebih merdeka. Saat ini dipimpin oleh Joko Widodo yang merupakan Presiden ke 7 di Indonesia. Joko Widodo sudah memimpin selama 2 periode, periode pertama menjalankan Kabinet Kerja (2014-2019) dan periode 2 menjalankan Kabinet Indonesia Maju (2019-2024).

Di Kabinet Kerja ini terdapat 4 Kementerian Koordinator. Setiap Kementerian Koordinator akan membawahi beberapa kementerian. Jika Kementrian biasanya bertugas sebagai pelaksana pada bidang yang menjadi ranah tanggung jawabnya, Kementerian Koordinator bertugas untuk mengkoordinasi kementerian terkait (bidang tanggung jawabnya) dan instansi lain yang bersinggungan, melakukan sinkronisasi tugas dan kebijakan pada kementerian, dan juga melakukan pengendalian.

Tentang penataan tugas dari Kementerian, tercatat dalam Peraturan Presiden No. 67 Tahun 2019. Di Perpres tersebut bisa dilihat pembagian tugas-tugas spesifik masing-masing Kementerian, termasuk Kementerian Koordinator.

Pada periode yang baru ini, ada sedikit perombakan Kementerian. Saat ini ada 36 Kementerian (termasuk kementerian Koordinator) yang ada di Kabinet Indonesia Maju. Ada banyak nama yang cukup populer masuk dalam jajaran nama Menteri.

Berikut daftar kementriannya :

  1. Kementeri Koordinator Politik, Hukum dan HAM dipimpin oleh Mahfud MD 
  2. Kementeri Koordinator Perekonomian dipimpin oleh Airlangga Hartarto 
  3. Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dipimpin oleh Muhadjir Effendy
  4. Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi dipimpin oleh Luhut Pandjaitan
  5. Kementerian Pertahanan dipimpin oleh Prabowo Subianto
  6. Kementerian Dalam Negeri dipimpin oleh Tito Karnavian
  7. Kementerian Luar Negeri dipimpin oleh Retno Marsudi
  8. Kementerian Sekretariat Negara Pratikno
  9. Kementerian Sekretariat Kabinet dipimpin oleh Pramono Anung
  10. Kementerian Agama dipimpin oleh Fachrul Razi
  11. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dipimpin oleh Yasonna Laoly
  12. Kementerian Keuangan dipimpin oleh Sri Mulyani
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipimpin oleh Nadiem Makarim
  14. Kementerian Kesehatan dipimpin oleh Terawan Agus Putranto
  15. Kementerian Sosial dipimpin oleh Juliari P Batubara
  16. Kementerian Tenaga Kerja dipimpin oleh Ida Fauziyah
  17. Kementerian Perindustrian dipimpin oleh Agus Gumiwang Kartasasmita
  18. Kementerian Perdagangan dipimpin oleh Agus Suparmanto
  19. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dipimpin oleh Arifin Tasrif
  20. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dipimpin oleh Basuki Hadimuljono
  21. Kementerian Perhubungan dipimpin oleh Budi Karya Sumadi
  22. Kementerian Komunikasi dan Informasi dipimpin oleh Johnny G. Plate
  23. Kementerian Pertanian dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo
  24. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dipimpin oleh Siti Nurbaya Bakar
  25. Kementerian Kelautan dan Perikanan dipimpin oleh Edhy Prabowo
  26. Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dipimpin oleh Abdul Halim Iskandar
  27. Kementerian Agraria dan Tata Ruang dipimpin oleh Sofyan Djalil
  28. Kementerian Perencanaan Pembangunan dipimpin oleh Suharso Monoarfa termasuk Kepala Bappenas 
  29. Kementerian Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dipimpin oleh Tjahjo Kumolo
  30. Kementerian BUMN dipimpin oleh Erick Thohir
  31. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) adalah Bahlil Lahadalia
  32. Kementerian Koperasi dan UKM dipimpin oleh Teten Masduki
  33. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh Wushutama
  34. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak dipimpin oleh I Gusti Ayu Bintang
  35. Kementerian Riset dan Teknologi dipimpin oleh Bambang Brodjonegoro
  36. Kementerian Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh Zainudin Amali

Pejabat Non Menteri:

  1. Jaksa Agung adalah Burhanudin
  2. Kepala Staf Kepresidenan adalah Moeldoko

Itu dia jajaran kementerian yang ada di kabinet Indonesia Maju berikut menteri yang menjadi pemimpinnya. 

Gaji Menteri

Masyarakat umum biasanya ingin tahu dengan berapa gaji para menteri. Sangat wajar, pasalnya gaji mereka diambil dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Sebagai pejabat tinggi negara, berapakah sebenarnya gaji para menteri ini?

Pada Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2000 Pasal 2, dituliskan bahwa gaji pokok untuk menteri adalah Rp. 5,04 juta tiap bulan. Di luar gaji pokok, para menteri ini juga mendapatkan tunjangan dari negara. Tunjangan bagi para menteri ini diatur Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001. 

Berdasarkan Keppres tersebut, tunjangan bagi para menteri adalah Rp. 13,6 juta tiap bulan. Jumlah tunjangan ini juga diberlakukan bagi pejabat lain yang kedudukan atau jabatannya setingkat dengan menteri negara, seperti Jaksa Agung dan Panglima TNI. 

Jadi, jika ditotal keseluruhan pendapatan para menteri adalah Rp. 18,64 juta tiap bulan. Selain gaji pokok dan tunjangan, para menteri juga mendapatkan rumah dinas dan juga mobil dinas sebagai fasilitas operasional tugas kenegaraan. Setelah masa jabatan habis, semua fasilitas ini harus dikembalikan.

Gaji menteri dan tunjangannya ini ternyata lebih kecil dibandingkan gaji DPR dan tunjangannya. Anggota DPR bisa mendapatkan pendapatan (gaji + tunjangan) mulai dari 57 juta sampai 71 juta setiap bulannya. 

Sedangkan untuk gaji Presiden beserta tunjangannya adalah Rp. 62.740.000,- tiap  bulannya. Untuk wakil presiden gaji serta tunjangannya adalah Rp. 42.160.000,-.

Itu dia ulasan mengenai tugas dan gaji menteri lengkap. Ternyata posisi menteri yang tampak elit, tidak setara dengan gajinya. Dengan mengetahui ulasan ini setidaknya Anda bisa mengetahui salah satu alokasi uang pajak yang Anda bayarkan.

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com