Cek sekarang! Harga emas hari ini paling update

7 Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal Minim

usaha kecil menguntungkan
Usaha kecil menguntungkan (Sumber: pixabay.com)

Mau memiliki usaha sampingan? Di masa pandemi ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan berusaha untuk membuka usaha baru. Selain itu, kebutuhan hidup pun terus meningkat setiap tahunnya. Keperluan yang serba mahal membuat Anda harus lebih giat lagi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Gaji yang tidak seberapa terkadang tidak cukup untuk menutup seluruh kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga.

Nah, salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka usaha kecil menguntungkan. Saat ini juga sudah banyak peluang usaha atau bisnis yang menawarkan modal yang kecil, namun dengan untung yang menjanjikan. Apalagi dengan keberadaan teknologi dan media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran sekaligus memperluas jangkauan pasar.

Asalkan dijalankan secara serius dan tekun, usaha kecil pun dapat menambah pundi-pundi rupiah Anda lho. Mau tahu jenis usaha kecil menguntungkan apa saja yang bisa Anda coba? Simak berikut ini.

1. Reseller online shop

Peluang usaha kecil menguntungkan pertama yang bisa mendatangkan omzet cukup besar adalah reseller atau dropshipper toko online. Produk yang bisa dijual pun bervariasi, mulai dari pakaian, tas, sepatu, makanan, minuman, pulsa internet, agen tiket, dan sebagainya. Saat ini juga sudah banyak distributor produk yang membuka kesempatan kepada siapa saja untuk menjadi reseller. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini pun tergolong minim. Anda pun tak perlu memproduksi barang sendiri dan bahkan ada beberapa yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Anda hanya perlu memasarkan saja, dan bisa langsung meraup keuntungan.

2. Laundry kiloan

Di zaman yang serba praktis sekarang ini, banyak orang mencari kemudahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah salah satu jasa yang cukup menjanjikan adalah laundry kiloan. Bisnis yang satu ini juga sudah semakin menjamur, khususnya di daerah dekat kampus, perkantoran, hingga apartemen.

Untuk membuka jasa laundry kiloan sebetulnya cukup mudah. Namun, Anda harus pintar dalam mencari celah untuk memulai usaha dan membaca pangsa pasar. Tempatkan usaha Anda di lokasi yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan. Karena mereka adalah target utama yang biasanya kerap menggunakan jasa ini setiap harinya.

Anda pun bisa mulai menjalankan bisnis ini dengan modal sekitar Rp7,5 juta. Uang tersebut dapat Anda gunakan untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, timbangan, plastik, setrika, dan menggaji seorang pegawai.

3. Jasa titip beli

Bisnis jasa titip beli sedang naik daun di media sosial lho. Perkembangan teknologi memungkinkan bisnis ini dilakukan secara online. Secara sederhana, usaha ini hanya memerlukan Anda untuk membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet yang cukup besar. Sistem pemasaran bisnis ini dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang bisa dibeli oleh pelanggan untuk menarik perhatikan mereka.

4. Penyewaan alat dan barang

Kalau bisa sewa kenapa harus beli? Membuka usaha sewa menyewa alat atau barang memiliki peluang mendatangkan pundi-pundi keuntungan yang berlipat. Modal menyediakan alat sewa memang bervariasi tergantung dengan jenis barang yang dimiliki. Anda bisa menyewakan barang-barang tak terpakai yang masih memiliki kualitas baik kepada orang-orang membutuhkan dengan memberikan beban biaya tertentu.

Beberapa contoh barang yang banyak diminati oleh penyewa adalah perlengkapan bayi seperti stroller, car seat, atau box bayi karena masa penggunaannya yang cenderung singkat. Selain itu, kendaraan juga bisa disewakan sebagai rental mobil atau motor. Pakaian, alat elektronik, dan aksesoris juga menjadi barang lainnya yang banyak diminati oleh penyewa. Anda bisa melakukan pemasaran melalui media sosial yang jangkaunnya sangat luas.

5. Cuci mobil atau motor

Usaha kecil menguntungkan yang satu ini juga seolah tak pernah sepi. Kualitas, harga, dan tenaga yang dikeluarkan untuk mencuci motor atau mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih untuk menggunakan jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri. Modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha ini juga tergolong terjangkau. Sebagai pemula, Anda bisa memulai dari usaha cuci motor. Peralatan yang dibutuhkan juga cukup sederhana seperti pompa air, kompresor, kain lap, sabun cuci motor, dan peralatan semir ban motor. Semua peralatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan modal sekitar Rp2juta untuk jasa cuci motor sederhana, hingga Rp10juta untuk jasa cuci motor profesional.

6. Penjual pulsa elektrik

Usaha yang satu ini sangat cocok dijalankan oleh karyawan atau mahasiswa. Teman kuliah, teman kantor, teman kos, atau bahkan tetangga pun bisa menjadi target pembeli Anda. Modal awal untuk memulai usaha penjualan pulsa elektrik pun cukup murah lho, yaitu mulai dari Rp50ribu hingga Rp1jutaan saja. Modal terjangkau, mudah, dan waktu yang fleksibel merupakan daya tarik utama dari bisnis ini. Anda pun bisa mulai menjadikan orang-orang terdekat sebagai pelanggan tetap.

Tiap provider pulsa elektrik memiliki ketentuan yang berbeda. Namun biasanya Anda cukup mendaftarkan diri dan melakukan deposit. Kemudian, saldo Anda bisa digunakan untuk transaksi semua produk. Untuk mendaftar, Anda bisa menggunakan formulir pendataran atau mengirim SMS dengan format yang sudah ditentukan.

7. Menjual pakaian murah

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha sampingan yang mudah dikelola, maka sebaiknya jual produk yang tahan lama dan tidak bisa kadaluarsa. Salah satunya adalah pakaian. Agar Anda bisa menarik pangsa pasar yang besar sebaiknya jual pakaian dengan harga yang terjangkau. Misalnya, dengan modal awal Rp1juta Anda bisa membeli sejumlah pakaian baru di toko grosir, seperti di pasar Tanah Abang atau di situs grosir lainnya. Beberapa produk dengan harga yang murah dan banyak dicari sebagai pakaian tidur, mukena, busana muslim, dan sebagainya.

Usaha kecil menguntungkan mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Sesuaikan dengan kemampuan dan hobi Anda agar usaha bisa berjalan dengan lebih baik.