Moneyfazz
Home » Bisnis » 8 Usaha Sampingan Modal Minim Bisa Dikerjakan dari Rumah

8 Usaha Sampingan Modal Minim Bisa Dikerjakan dari Rumah

Tidak sedikit orang yang ingin berbisnis lalu mengeluh dan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki modal yang cukup. Selain modal yang kurang, mereka juga menyatakan kurangnya ide dalam memulai sebuah bisnis. Nah, melalui artikel berikut ini, Anda bisa menemukan delapan usaha sampingan modal minim yang bisa dilakukan dari rumah!

Katering Anak Sekolah

Dengan modal yang sangat kecil, didukung keterampilan memasak dan menghias makanan yang cukup lihai, Anda bisa menghidupi keluarga melalui bisnis yang satu ini. Katering anak sekolah menjadi opsi menarik karena makanan yang disediakan dibentuk menjadi karakter-karakter lucu. Anak-anak sekolah yang memesan menjadi semangat dalam menyantap makan siangnya di sekolah.

Menjadi Reseller atau Dropshier 

Dengan modal telepon genggam, Anda sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari rumah dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper. Anda bisa menjual ulang apapun selama memiliki supplier dan customer yang akan membeli produk yang ditampilkan di toko online Anda.

Usaha Cuci dan Setrika

Usaha ini merupakan cikal-bakal dari usaha laundry dengan potensi keuntungan yang lumayan besar. Memang, Anda harus mengeluarkan tenaga dalam usaha sampingan yang satu ini, namun usaha cuci dan setrika ini sudah pasti dicari di setiap daerah karena ada saja keluarga dan individu-individu yang membutuhkan jasa ini.

Anda bisa memulai dengan memasang plang di depan rumah, datang dari rumah ke rumah di sekitar tempat tinggal, sampai akhirnya Anda memiliki beberapa pelanggan tetap.

Antar Jemput Sekolah

Jika usaha travel terlalu sulit tetapi Anda memiliki kendaraan yang ingin dimanfaatkan, maka usaha antar jemput sekolah bisa menjadi pilihan. Cukup dengan satu mobil, Anda bisa meraih omzet 10 sampai 11 juta per bulannya. Jika Anda siap menambah tenaga sopir, omzet bulanan tersebut bisa menjadi uang untuk menutup biaya cicilan mobil setiap bulannya.

Usaha Kue Donat

Dengan modal yang minim, usaha kue donat mampu menghasilkan keuntungan yang terbilang lumayan. Pasalnya, peminat donat itu selalu ada. Anda bisa mulai dengan modal Rp60.000 sampai Rp100.000 dan menentukan topping sesuai kemauan. makin kreatif produk yang dibuat, dagangan Anda juga makin dilirik. Agar lebih praktis, Anda bisa menitipkan donat buatan Anda ke warung-warung terdekat.

Menyewakan Rumah

Usaha berikut bisa dijalankan jika Anda yang memiliki aset berupa rumah kosong. Tren kekinian adalah bekerjasama dengan online travel agency yang bergerak di bidang properti yang akan memasarkan rumah Anda melalui website atau aplikasi mereka. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing memikirkan cara memasarkan rumah Anda.

Membuka Warung

Entah mengapa ada sebuah persepsi umum yang mengatakan bahwa warung itu tidak menguntungkan. Padahal, jika dihitung dengan benar, usaha warung lebih menguntungkan ketimbang minimarket. Mengapa demikian? Karena biaya untuk pengelolaan dan perawatannya jauh lebih murah. Anda pun bisa memulainya dari rumah.

Usaha Jus Buah

Siapapun bisa membuat jus buah, namun tidak semua orang mau membuatnya sendiri. Kebanyakan orang menginginkan hal-hal praktis. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda. Anda cukup memastikan buah-buahan ditampilkan cukup segar dan lengkap. Dengan modal blender, gelas plastik, dan buah-buahan segar,  Anda bisa langsung memulai bisnis jus buah dari rumah.

Langkah Membangun Usaha Sampingan Modal Minim

Modal bukanlah syarat utama dalam membangun sebuah bisnis. Dua konglomerat dunia Bill Gates dan Mark Zuckerberg bahkan memulai perusahaan mereka tanpa modal. Mereka mulai membuat program-program komputer dari garasi dan kamar rumahnya. 

Setelah memiliki jalur distribusi dan konsumen setia, lama-kelamaan bisnis akan dikenal banyak orang, setelah itu barulah kantor dibuat. Bukan sebaliknya, kantor dulu lalu yang lain-lain. Itu salah besar.

Berikut adalah 7 langkah dalam membangun sebuah usaha:

1. Miliki Keberanian

Bob Sadino pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya bisnis adalah yang dimulai, bukan hanya ditanyakan.

2. Manfaatkan Teknologi

Kenalkan produk Anda melalui dunia maya. Indonesia memiliki pasar yang sangat besar. Percuma memiliki toko yang besar dan bagus jika tidak ada yang mengenalnya.

3. Ketahui Produk Anda

Kuasailah produk yang Anda jual. Jika Anda menjual kopi, ketahui kelebihan kopi Anda dibanding kopi-kopi lain yang ada.

4. Bangunlah Jalur Distribusi

Agar usaha Anda lancar dan tidak tersendat, pastikan untuk membangun jalur distribusi yang baik. Jangan sampai sulit mengambil barang, mau mengirim pun susah.

5. Bangun supplier dan customer base

Jadikan seseorang untuk dipercaya sebagai penyedia produk. Jangan berpindah-pindah tempat dan produk. 

6. Miliki Konsumen Tetap

Setelah Anda menjadi orang yang dipercaya dengan produk-produk yang bagus dan layanan berkualitas, mulailah membangun konsumen tetap dengan cara komunikasi yang baik. Di sinilah keuntungan jangka panjang Anda akan diperoleh.

7. Bangunlah Sebuah Tempat

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membangun sebuah tempat untuk usaha Anda. Setelah usaha Anda dikenal dan dipercaya, barulah membangun tempat permanen agar orang bisa lebih mudah menemukan Anda.

Tanpa ilmu, orang dengan modal besar juga tidak akan tahu harus apa dengan uang yang ada. Jadi, dua hal dasar dalam membangun usaha sampingan modal minim adalah membangun jalur distribusi dan konsumen setia. Anda tidak bisa membangun sebuah usaha jika supplier tersendat. Anda pun tidak bisa memiliki usaha yang lancar tanpa adanya konsumen, sebaik apapun toko Anda.

Update data kasus Covid-19/ Corona Terbaru
Global Total
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Affected Countries

Total in Indonesia
Last update on:
Cases

Deaths

Recovered

Active

Cases Today

Deaths Today

Critical

Cases Per Million

Selengkapnya

Add comment

Tinggalkan komentar Anda

Tentang Kami

Untuk informasi kerjasama bisa menghubungi usadailymomenz[at]gmail.com